Saturday, June 21, 2014

Sayur Empis Empis Khas Temanggung



Teman2 ada yang tau Sayur Empis Empis khas Temanggung...? Aku juga baru pertama nyoba memasak dan makan ini. Walau sebenernya kalau masak sayur cabe hijau bersantan gini ya sudah sering..tapi kalau versi Temanggung yang super pedas ini yang baru ini nyoba. Wah..ternyata enak sekali..pedesnya menggugah selera..bumbu2nya yang di iris semua juga bikin sayur ini jadi seger. tapi buat yang suka pedes lho..^^

Berawal dari chatingan dengan mba Rina di fb..tentang sayur khas Temanggung ini..aku jadi penasaran..tapi karena belum ada kesempatan ke Temanggung buat nyicip aslinya..ya udah masak sendiri aja di rumah. Tadi malem udah browsing2 di internet tentang sayur ini..dan ternyata sayur ini adalah sayur santan cabe hijau yang super pedas. Dari  bebagai sumber yang aku baca..kalau bumbu2nya sich sama aja kayak sayur santan biasa..bawang merah, putih , salam lengkuas, dll...yang semuanya di iris2..nggak di ulek. Bumbu utama yang harus ada yaitu cabai hijau yang jumlahnya bisa lebih banyak dari bahan yang di sayur katanya. Jadi bisa sekilo cabe..isi bahannya cuma dikit..hihi. Wah..jadi ingat oseng2 mercon Yogya dech kalau perbandingan cabenya segitu...bedanya pakai cabe rawit merah kalau oseng2 mercon. 


Sayur empis2 isinya bisa bermacam2..aslinya di Temanggung banyak yang pakai tempe khusus..tapi banyak juga yang pakai tahu..atau tempe biasa dan juga tetelan..atau bahan lain. Nah..aku pengen yang versi tahu aja..tapi katanya juga enak jika di campur tempe semangit..ya udah dech tahu plus tempe semangit sekalian biar komplet.. Tapi tempe semangitnya ya nggak banget2 sich..baru umur 3 hari tempenya..jadi masih keras juga. Untuk cabe aku pakai 200 gram saja..udah pedes banget teman2.karena biarpun cabe hijau..tapi yang kecil2 dan keriting...jadi nggak langu dan pedesnya nendang abis...hihi.

Oke dech.buat teman2 yang mau coba..ini dia ya..resep Sayur Empis Empis versi aku..tapi bumbu utamanya udah sesuai sich sama kayak di Temanggung..sekarang masak sendiri dulu..ntar kalau lewat Temanggung tak cobanya versi aslinya..hihi. Oh ya tapi ada yang lupa tadi..tomat ijonya..padahal ya udah beli lho..tapi lupa masukin..hihi. Tapi tetep enak dan sedep sich menurutku...aku suka dech..jadi bisa sering2 masak sayur ini dech di rumah..rasanya itu lho..asli ndeso..seger dan pedes..^^

Sayur Empis Empis

Bahan :
5 buah tahu putih, kukus, potong kecil2
100 gram tempe semangit, potong kecil2
100 gram daging tetelan sapi, potong kecil2
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Garam secukupnya
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ja ya )
700 ml santan sedang
Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu :
200 gram cabai hijau keriting, potong serong tipis2
8 buah bawang merah, iris tipis2
4 siung bawang putih, iris tipis2

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum, masukkan daging tetelan dan cabai hijau, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu2 lain. Didihkan. Masukkan tahu dan tempe, lalu masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.

Tips : Dari yang aku baca cara membuat  sayur empis empis dari salah satu warung terkenal di Temanggung...sayur ini harus di masak agak lama..agak bumbu2 meresap dan keluar minyaknya...jadi bumbu2nya bisa meresap ke tahu dan tempenya..biar sedep gitu. Jika perlu bisa di tutup pancinya. Jika khawatir santannya pecah..nanti ketika sudah matang, bisa di tambah santan kental beberapa sendok..di masak lagi bentar..nanti bisa nyatu lagi kok santannya. Tapi kalau aku suka kuah yang nggak kental sich..jadi nggak ku tambah santan kental. Jika suka santannya kental..tambah saja sesuai selera ya teman2..^^





29 comments :

  1. mingini lagi ni mba di, jadi pengen pulang. Klo ibuku bikin pake tempe bongkrek dan tahunya yg kopong jadi kuahnya meresap ke tahu. terus dikasih telur rebus. Memang dimasaknya agak lama, jadi kuah santannya berminyak dan berwarna hijau. Aku besok jga mo masak empis-empis ah, tp dijakarta ga ada tempe bongkreknya :(

    Mey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...aku suka suka tahu pong di sayur Mba..kapan2 musti ganti itu Mba Mey..soale aku suka kuahnya yang geger dan puedess..:)..Iya di sini yo nggak ada tempe bongkrek..:)

      Delete
  2. Ini mba dee yg aku maksud jangan lombok waktu mba posting tiwul itu mba cuma ga pake tetelan tapi pake ati ampela....haha enak maemnya pake lalap....ngileer lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp Mba Nur..masih nich sayurnya..nanti tak masak nasi tiwulnya..hihihi. Kan filosofi sayur Jowo..makin di nget makin enak..hihihi

      Delete
  3. Ni mah makana kota kalo pake tetelan hihihi...makannya pk nasi ngebul ngebul gitu wiihh bs nambah 2piring nih, gak inget diet...:(
    Btw, lucu ya namanya empis empis,,, ada cerita apa di balik empis empis?? hehehe..lebay:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tambah seppp Mba Sri..hihi..hooh...nama makanan di Temanggung lucu2 Mba..ada kue pipis kopyor juga..hihihi. eh kmrn lum bls emailnya..tau seharian gak mau di buka g mail ku..huhu..udah mateng blm kolang kalingnya mba..hihi

      Delete
  4. Ya ampuuunnn seketika bikin ngiler. Ini sayur, dulu favorit ibuku mbak. Alm ibu selalu cerita kelezatan empis-empis tempe gembus ini waktu kami tinggal di sana dulu. Jan suedep tenan. Cuma aku belum merasa pas ngolahnya. Apa mungkin harus ke Temanggung dulu buat nostalgia ya, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.kapan2 nek lewat tak cobain ke Temanggung ya..hihi..tapi masak sdr asal masaknya rada lama yo sedep kok Mba Rina. Jadi beneran kayak sayur ndeso yang di masak sampai lama & medok gt lho mba. Nggak pake teori chef2..yang kalau masak masakan santan..mendidih di angkat..wah itu belum merasuk bumbunya..hihi.

      Delete
  5. waaah.... mengingatkan ibu juga nih... pertama kali diajari masak sama ibu ya ini... bikin ah buat suami biar bisa ngerasain masakan ibuku dulu... makasih mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asli Temanggung ya Mba Ragil..sippp ayukkk buat Mba..suami pasti suka..seger..aku uska pedesnya..mantep,..:)

      Delete
  6. Replies
    1. Bentar lagi Lebaran..mudik kan Mba Priska..:)

      Delete
  7. Mau coba masak ini mbak.. Pasti enak.. Yg ndeso2 aq malah demen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..ndeso tapi uenakkk kok..hihi

      Delete
  8. Mbak tomat ijonya brp banyak..?? & d'masukinnya kapan ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir mba..ketika hampir matang ya..biar nggak lembek tomatnya..sesuai selera aja byknya..3 biji cukup kalau aku kecil2..:)

      Delete
  9. waahhh ini biasa ibu mertua bilang (klaten) sayur Lombok ijo
    selalu bikin tapi ga pernah pake daging... :-)

    thx mba diah ... resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2 met cob aya..ayukk masak sdr..iya ndak pake daging jg enak..:)

      Delete
  10. pake tahu pong mbak..trus maemnya besok kalo dah meresap banget...waaah tambah enak.... #fitri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba fitri..hemm pasti sedep bgt ya..kuah dan bumbu meresap ke pori2 tahu pong..wua..jd pengen masak lagi..hihi

      Delete
  11. Mb diah, suamiku tuh org temanggung dan makna dr kata empis2 itu ya pedes...pedesnya pake bangets lho ya, soalnya cabe ijonya tuh biasanya cabe rawit ijo khas temanggung yg bentuknya kecil banget tapi pedesnya selangit. Dan emang biasanya pake tempe bongkrek, tahu pong dan telor puyuh. Di Melbourne sini aku juga sering masak empis2 tp biasanya cabe ijonya aku campur dg cabe kering yg hrgnya murah tp puedess...soalnya hrg cabe rawit ijo sering nyampe 50 dolar..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gt..sippp Makasih mba Eko..infonya..iya ktnya sama bahan yang dimasak..lebih byk cabenya ya..tapi aku pake 200 gram aja ya udah pedes itu mba..hihi.
      Hihi..malah murah cabe kerig ya mba..di sana..sippp..yang ptg puedess ya mba..:D

      Delete
  12. Selain tahu tempe tetelan bisa pake apa ya mba? Aku bingung cari penggantinya di sini. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mak Isti..sebenernya empis2 itu intinya sayur cabe hijo..kalau ada cabe hijo di sana..isinya bebas kok Mak..pake apa aja..misal telur rebus..ikan di goreg dulu..dll..tetep enak tak kira ya..aku pernah ding bikin sayur pedes gini pakai ikan panggang..enak pake bgt juga..hihi.

      Delete
  13. Terima kasih mbak DD, mau coba ini komplit pake tempe dan tahu, pasti mantep dimakan dengan nasi panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Ida..iya mba..sedep dan pedes ini..enak sekali..:)

      Delete
  14. Wahhh sayur ini favouritku banget mbak. Sayur ini sama dengan sayur lombok khas Gunung Kidul juga. Rasanya memang nendang banget pedesnya. Bisa juga ditambahin terong lho kalo suka.:))

    ReplyDelete
  15. Bisa juga pake jeroan ayam mbak

    ReplyDelete
  16. kalo di klangan teman teman saya sayur itu namanya sayur kerinduan, bikin nagih soale...tanduk maning tanduk maning.. tapi klo di wonosobo pake nya cabe ijo jawa...lebih sedaaappp dan mantafff pedasnya...

    ReplyDelete