Monday, March 17, 2014

Manisan Kedondong



Pagi2...posting manisan..hihi. Nggak apa2 dong..kan udah kemaren bikinnya nich teman2..nah karena resepnya super mudah dan simple..segera di posting aja..biar nggak lupa. Udah mulai masuk musim panas nich di kita ya..jadi paling enak adalah mulai bikin menu2 makanan yang seger2 kayak gini. Nah..salah satunya adalah manisan kedondong ini. Kedondong..kalau di Jateng..biasa di sebuit juga..dondong. Aku sebenernya kurang suka manisan yang terlalu manis kayak kalau beli gitu, karena malah akan menghilangkan rasa buahnya sendiri..tapi kalau bikin sendiri ..suka sich...karena gula yang di pakai bisa dikit..cuma membantu menambah sedikit manis untuk buah2 han yang rasanya asam..kayak kedondong ini. 

Aku memang suka kedondong..buah yang nggak banyak di lirik orang ini..karena rasanya cenderung asam ya..dan buahnya juga kecil2..keras..dan makannya susah..orang bilang..hihi. Tapi sebenernya buah ini sangat enak sich menurutku..kalau di olah..misal jadi rujak buah..rujak serut dan manisan kedondong seperti yang aku buat kemaren. Kemaren aku buatnya cuma pakai sedikit gula aja..tapi rasanya enak dan seger banget..apa aku dapat dondong yang nggak terlalu asem kali ya kemaren..murah sich..cuma beli 4 ribu aja dapet banyak..gara2 liat dondong di pasar bagus2 dan tua2..ternyata bener..dondongnya nggak terlalu asem karena sudah tua..jadi di buat manisan dengan sedikit gula aja udah nggak terasa asamnya..jadinya enak dan seger dech. Kalau aku suka makan manisan dondong..kayak jaman kecil dulu..di makan sama garam dan cabe yang di ulek..enak. Tapi cuma sedikit aja di tutul2 gitu ke sambal garamnya..kalau kebanyakan ..ya asin..hihi. Jadi unik aja rasanya..manis asem kedondong berpadu dengan asin garam dan pedas cabai..sudah pernah coba kah teman2 makan manisan seperti itu ?..

Oh ya..selain di potong2 kecil biasa..kalau telaten..manisan dondong juga bisa di bentuk bunga cantik,..kayak foto di bawah ini. Aku ingat jaman kecil dulu banyak yang jual manisan dondong seperti ini di sekolah. Tapi kalau dulu ya pada pakai pemanis buatan kayaknya..jadinya manis banget,..hihi..tapi pas masih kecil ya belum tau..ya di makan aja..enak aja dulu..hihi. Nah..sekarang bisa di buat sendiri dech manisan dondongnya di rumah..biar lebih sehat tentu saja. Mau coba   juga teman2..yukk bikin ya..buah murah meriah ini jadi enak lho..jika di buat manisan. Selamat mencoba..^^
Manisan Kedondong

Bahan :
10 buah kedondong, kupas, potong2 sesuai selera
1 sendok teh air kapur sirih, larutkan dengan air secukupnya untuk mereendam kedondongnya hingga terendam.
100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
Sejimpit garam ( dikit aja )
Air 300 ml.

Cara membuat :
Rendam kedondong di air kapur sirih sampai terendam selama 1/2 jam. cuci bersih kembali dengan air.
Rebus air, gula dan garam hingga gula larut dan mendidih. Tuang ke mangkuk. Masukkan kedondong, usahakan agar semua bagian kedondong terendam air gulanya. Diamkan hingga semalaman. Manisan kedondong siap di sajikan.

7 comments :

  1. Dondong digawe jus jg enak, mb Di. Aku biasanya minum jus kedondong di salah satu warung iga.
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku belum pernah coba mba Ida..kapan2 coba ahh...pasti asem2 seger ya :)

      Delete
    2. He em mb Di, enak deh...
      -ida-

      Delete
  2. Ak jg lagi nyoba manisan belimbing wuluh soalnya lagi dapat belimbing wuluhnya banyak, kemarin udah manisan kedondong. pakai resepnya mb ini. jgn. marah ya... ak coba ganti ama belimbing. Cuman ak keringkan, biar g terlalu asem. Berhubung mendung disini aku oven. airnya yg buat rendam akhir, bsa diminum. Kalau suka rasa agak asam mb bisa coba

    ReplyDelete
  3. Hai Mba Jenny..iya mba..silahakn di ganti buahnya sesuai selera. Eh tapi kalau untuk manisan belimbing wuluh..gulanya di tambah kali ya Mba..kan asem banget..hihi. Aku pengen coba..tapi ndak telaten musti di jemur2 ya..:)..Kalu di oven enak juga kah Mba?

    ReplyDelete
  4. air kapur sirih fungsinya untuk apa mbak di? karena ibuku biasanya bikin manisan langsung direbus sama ai gulanya, jadi buahnya layu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu mba Nouru..biar buah2nya tetep kres dan agak keras ..nggak layu..:)

      Delete