Google Ad

Wednesday, December 4, 2013

Tips Membuat Susu Kedelai Homemade



Dulu..paling males bikin susu kedelai sendiri..karena harus ribet nyaringnya itu lho..hihi..malas banget. Soalnya kalau nggak pake saringan kain nggak bisa halus susu kedelainya. Akhirnya..setelah daku tergoda produk gadget dapur dari sebuah home shopping dan akhirnya pesan juga..hihi..kumat..belanja gadget dapur baru lagi akhirnya..hihi. Tapi menurutku memang agak lumayan ekonomis sich harga gadget dapur yang ku beli ini..satu harga..dapat 7 alat sekaligus..ada juicer..blender..soya milk maker, food processor, meat mincer, grinder, orange juicer. Eh...malah di iklan terbaru di bulan Desember ini..tambah satu bonus..mixer blender..wua...nyesel...kok nggak beli bulan Desember ini aja..hihi..*pikiran mak irit..kumat..*

Tapi memang..sejak punya alat buat bikin susu kedelai jadi super praktis dan nggak perlu ribet. Sebenernya sich..kalau mau telaten..bikin susu kedelai itu juga nggak susah2 banget sich. Cuma..kalau ada alat yang lebih praktis..ya aku pilih aja yang lebih praktis..hihi. Kalau pakai soya milk maker ini..nggak perlu nyaring2 pakai kain lagi..karena di dalam blendernya sudah ada penyaringnya yang halus banget lubangnya..kayak lubang2 kain dech. Jadi cukup sekali blender..keluar udah jadi susu kedelai siap minum. Karena memang resep yag aku dapat dari buku resep di alat ini super praktis. Tinggal rebus kedelai hingga setengah matang, lalu di blender dengan air dan gula secukupnya. Kalau mau rasa lain misal strawberry tinggal di blender sekalian buah strawberrynya. Praktis banget sich. tapi..karena aku suka susu kedelai yang nggak terlalu langu..maka aku ikuti proses membuat susu kedelai konvensional sebagian prosesnya..yaitu pertama aku rendam dulu kedelainya sampai mekar, lalu di kuliti hingga bersih kulit luarnya. Ini yang membuat susu kedelai nggak langu. Setelah itu baru akau rebus setengah matang, lalu di blender dengan air hangat secukupnya. Sudah..jadi..siap minum dech susu kedelainya..dengan di tambah gula atau madu. Kalau aku..lebih suka ku kasih sirup gula merah yang aku rebus dengan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. Jadinya susu kedelainya..enak..manis alami dan tambah gurih rasanya. 

Oh ya..jika mau buat susu kedelai secara biasa..di saring dengan saringan kain bersih ya teman2..supaya nggak berampas susu kedelainya. Jika mau buat dalam jumlah banyak..setelah di kupas kulit arinya..bisa di blender langsung kedelainya dengan air hangat secukupnya, lalu di saring. Setelah itu hasil saringan di rebus sampai mendidih. Jika mau kaya rasa, bisa di tambahkan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. jadi dech..susu kedelai homemade yang sehat. Oh ya..susu kedelai bisa juga di buat wedang tahu lho teman2..yang di makan dengan kuah jahe..rasanya..enak sekali, lembut dan hangat..cocok dech buat musim2 hujan gini..atau bisa juga di buat tahu telur.

Selamat mencoba ya teman2..semoga bermanfaat sedikit tipnya..pokoknya selalu berprinsip..homemade is the best..^^

24 comments :

  1. Mb Di, boleh nanya gak, merknya apa? Harganya brp? Fotoin food processornya dunk, hihihi....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ini produk Korea Mba Ida..harga 878 ribu mba..dapat 7 macam fungsi...dari Lejel Home Shopping...acara tivi yang khusus saluran belanja dari rumah tuch lho..jadi kita tggl telp..terus nanti barang di kirim dan di bayar di rumah. Merknya kitchen cook Mba..nanti ya..di resep yang pakai food processor..aku fotoin..hihi..*tukang kompor belanja alat dapur aku ya Mba...*

      Delete
    2. Ho'oh ni mb Di, sering banget ni kena kompor mleduknya mb Didi. Hahaha..... Kemaren beli double snack maker yg sering dipake di resepnya mb Didi. tp bener koq, bermanfaat bgt tu alat. Kalo dah ada yg kasih referensi bagus gini, aku jd mantab belinya, mb. Dasar mmg doyan belanja jg ding, hihihi....
      Tks infonya ya, mb. Bisa masuk waiting list nih krn food processorku lg rusak. Ditunggu foto FPnya ya....
      -ida-

      Delete
    3. Hihi..iya Mba Ida..aku suka koleksi gadget dapur..tapi skrg lebih selektif yang bener2 kepake terus aja..drpd cuma jadi penghuni lemari dapur hihi. Kalau yang ini...buat aku kepake semua emang..soalnya emang juicer ku juga yang lama udah pecah...food processor rusak juga..jadi sering liat iklannya..langsung masuk list yang harus di beli..eh bgt di beli..emang kepake tiap hari sich..:)..oke di tgg ya Mba..fotonya..:)

      Delete
  2. Mba bener banget, homemade is the best lah pokoknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tinanic..seneng Mba..menyemangati ibu2..supaya buat sendiri apa2 homemade..:)

      Delete
  3. ada nomer telponnya lejel home shopping ga mbak?bagi dong....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba di daerah mana..nanti aku kasih no telp cabangnya langsung..?..Atau mau pusatnya yang Jakarta?.Eh..mba coba cari saluran home shopping di tivi mba..kala mau liat detail produknya dulu. Klu di tv berbayar aora di saluran 81..kalau tivi biasa ada juga kayaknya..cuma aku lupa..channel brp..tiap hari ada iklannya live gt..:)

      Delete
  4. Mba, nanya dong, kalau dari susu kacang mo dibuat jadi wedang tahu, ditambahkan apa ya? kalau ditambahkan agar2 rasanya beda soalnya... kangen makanan itu soalnya di sini jarang yang jual. makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau asli sich pakai bubuk sekau Mba..cuma aku kok belum berhasil juga nyoba dulu..jadinya pakai agar2 aja..tapi segera di nikmati pas udah mengumpal..rasanya mirip kok sama kembang tahu..:)

      Delete
  5. Oh Itu beda ya dengan food processor, aq ada food procecor yg punya fungsi saringan sprti itu, karena bentuknya yg guede n berat, jadinya agak2 malas dipake setiap hari, dan tegangannya juga 600W, punya mbak di brpa W mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Food processor..buat menghaluskan daging..dll yang tanpa air Mba Meta..:)..kalau ini kayak blender biasa..cuma ada saringannya. Wattnya ya kayak blender biasa..:)

      Delete
  6. sama kayak pux saya blenderx... dlu sering d pake tpi skrng gak pernah d pake alx mesinx rusak... terbakar waktu giling daging ayam utk bakso... duh... kalo beli mesinx aja bisa gak ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau Mba..aku klu soal itu..coba tanya ke agennya langsung ya..:)

      Delete
  7. Mba di..minta takarannya donk klo mau buat susu kedelei..misalnya gulanya seberapa, trus airnya seberapa banyak..klo mau bikin dlm jumlah banyak, kulit arinya g diambilin bisa g mba? Soalnya kebanyakan banget ngelepasin satu2. Minta takarannya y mba..buat usaha nih.thanks ;)

    aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau enak ya tetep harus di kupas Mba Aida..hihi.
      Oke dech nanti klu aku buat lagi tak catetnya takarannya ya..:)

      Delete
  8. Mbak Di, diriku mau tanya. nasib gadget nya sekarang gimana? masih awetkah?
    #surveySebelumMembeli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..iya mba..yang lain masih awet sampai sekarang.ok ..cuma satu fp nya..hilang scrupnya atau apa di cuci sama mba art ku jadi ndak bs di tutup dan ndak bs di pake lagi..huhuhu..sedih dech..hihihi

      Delete
  9. Owww.. kalau pisaunya tajem ga, Mbak? soalnya baca beberapa review di FB Lejel kok banyak yang komplen ya? Kalau menurut mbak sendiri gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pisaunya ndak masalah sich mba..tajam2 aja..cum ay itu..klau ada bagian yang hilang udhanggak bis adi pakai lagi..komponen kecil2nya..:) pdhl y atajem lgo fp nya..nggiling daging ya cepet bgt..:)

      Delete
    2. Mbak Di, punten tanya lagi (jangan bosan ya mbak buat ngejawab)
      fp itu apa ya? :D
      mbak pernah ga nyoba hubungi costumer service atau apalah buat nanyain sparepart/perbaikannya? kan lumayan tuh kalau masih bisa diperbaiki :)

      Delete
    3. Belum sempat je mba..hrs langsung di bawa ke sana..hiks..hiks..:)

      Delete
  10. Mba Di, kalo mau bikin sari kedelai rasa coklat, pake coklat bubuk bisa mba?ditambahkannya pas kapan ya? saya nambahkan pas pemasakan, hasilnya setelah dingin justru misah >___<

    ReplyDelete
  11. Mbak Di, pengalaman saya bikin susu kedelai homemade, yang paling repot dan lama itu adalah menguliti kulit arinya sampai bersih. Apa ada tips yg mempermudah langkah tersebut? =) Thanks

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel