Friday, June 13, 2014

Petis Kangkung..atau Kangkung Petis ?..^^



Yang bener yang mana hayo nama masakan ini teman2..? hihi..aku suka bingung..kadang ada yang nyebut petis kangkung..ada juga yang nyebut..kangkung petis..sama aja kali ya. Aku sendiri kenal masakan petis kangkung ya sejak tinggal di Semarang..maklum kalau di Yogya..jarang masak2 yang pakai bumbu petis. Dan anehnya..karena jarang makan dari kecil..dulu awal2 pindah Semarang..nggak doyan lho aku petis teman2..kalau sekarang ?..Doyan banget..hihi. Berbagai merek petis dari yang murah sampai yang mahal sering ku coba. Dari petis pasar sampai petis yang bermerk yang di jual di supermarket..dan akhirnya..aku sekarang ini lebih suka petis pasar yang produksi lokal Semarang sini..yang di kemas kecil2..kemasan cup plastik kecil..enak petisnya..sudah ada rasa gurih dan manisnya.

Selain di buat bumbu tahu gimbal atau di buat isian tahu petis...petis Semarangan ini enak juga di buat masak kangkung. Kalau di sini di sebut petis kangkug..atau kangkung petis itu tadi..hihi. Boleh juga di sebut tumis kangkung bumbu petis kali ya..daripada bingung. Yang jelas..bumbu utama dan aroma khas dari masakan ini..ya petis itu tadi..karena pemakaian petisnya rada banyak. Rasanya..enak sekali..buat makan pakai nasi putih anget aja udah enak banget..tapi buat yang suka petis lho..hihi. Apalagi kalau di buat pedes gitu..wah..tambah yummy dech.

Ya oke dech..ini dia resep kangkung petis ala aku ya..buat teman2 yang udah nunggu resep menu2 sehari2..maaf ya dari kemaren2 kue2 jadul terus resepnya..hihi. Oke..mulai dari resep simple dulu ya teman2..kangkung petis ini..selamat mencoba jika suka.


Petis Kangkung
Bahan :
1 ikat kangkung
5 buah bakso , potong tipis ( optional..tambahanku aja sich buat variasi )
2 sendok makan petis udang
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya jika perlu
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
 Air 100 ml
Bumbu iris :
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
Cabai merah 6 buah, iris tipis serong
Cabai rawit 5 buah, iris tipis serong
Bawang bombay setengah buah, iris tipis panjang
Cara Membuat :
Tumis bawang merah, bawang bombay dan  bawang putih sampai harum dan matang, masukkan cabai ,aduk sebentar hingga layu, lalu masukan bakso dan air , dan bumbu2 lain, aduk rata , terakhir masukkan kangkung, aduk sebentar hingga kangkung matang, tapi jangan over cook ya biar masih kres kres gitu rasanya. Koreksi rasa. Angkat kangkung, letakkan ke piring saji.


10 comments :

  1. Menggugah selera dan menggoda mbak Fotonya,,, rasanya duuuuhh (tegung liur). Aku salah satu penggemar tumis kangkung mbak, Syuuukaa banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain pakai petis Mba Tina jika suka..tambah endang gulindang..hihi..*lebayyyy...*

      Delete
  2. Aku sering masak oseng kangkung(d t4ku) ini, tp ga pk petis mba, padahal py banyak stok petis made in ibu mertua.. Jd cuma di bikin sambal petis aja. Nanti bs dicoba pk petis nih... Tp, katanya kalo makan kangkung, kaki bs cenut cenut(asmurat)...bener ngga mba...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..enak itu petis homamade ya Mba..petis udang atau ikan mba ?..
      Wah..kalau aku yakin aja sayuran itu sehat mba..hihi..jadi makan secukupnya..ya ndak pa2..aku sering mkn kangkung nggak pa2 kok..pdhl byk yang blg bikin ngantuk..dll...ya..aku makan kangkung kok ya nggak ngantuk..atau lemes..dll..hihihi

      Delete
    2. Aduh mba diah... ini kesukaanku bgt sebelum punya asamurat tinggi... hmm.. pokoke pedes manis dan terasinya harus kerasa... hehehe...

      Sekarang mah kallo kadang nyicip dikit ajah selang beberapa jam betis berasa kaku....
      Hiks.... :(

      Delete
    3. Oh bisa bikin asam urat beneran ya Mba Lina..hihi..malah baru tau aku..mksh infonya. Aku mba..kalau makan kangkung..kadang tak gado..sepiring..hihi..

      Delete
    4. bukan kangkungnya yang bikin asam urat mbak di, tapi kalau punya sakit asam urat pantang makan kangkung, nanti kambuh :)

      Delete
    5. Oh..gt ..hihi..aku ndak tau Mba Nouru..mksh infonya..makanya aku itu sering bgt mkn kangkung..kadang2 seikat kecil gt tak gado aja sdr tanpa nasi..alhamdulillah ya ndak pa2...:)

      Delete
    6. Dua versi mba, petis udang n ikan, malah terasinya jg 2versi, pokoke banyak deh oleh2 pulang mudik... Ikan segar, panggangan, olahan ikan,udang, teri..hihihihi ngiming-ngimingi mba... Kalo mau ngadang ntar mbaD tak bagi wes..
      :D

      Delete
    7. Lewato Banyumanik Mba..tak adang dan tak rampok bawaan mudiknya..wua...hihihi

      Delete