Tuesday, June 17, 2014

Uji Coba Bikin Sirup Bunga Telang W' Yodha


Masih..karena takjub dan benar2 terpesona dengan bunga telang kiriman mba Rina kemaren..hari ini  sekalian aku uji coba makanan dan minuman dengan pewarna alami bunga telang ini. Tapi karena bunga telangnya tinggal dikit..jadi uji cobanya dikit2 aja..hihi..biar nggak penasaran. Hari ini aku buat nasi kerabu biru..sirup bunga telang dan manisan kolang kaling bunga telang. Masyaallah..benar2 cantik semua warna2nya. Memang bener teman2..warna alami ciptaan Tuhan ini sungguh2 cantik..dan hebatnya lagi nggak merubah rasa makanan atau minumannya lho teman2..ya cuma warnanya aja yang berubah jadi cantik. Moga2 bunga telangku numbuh dech..hihi..biar aku punya stock pewarna alami ini banyak2 di rumah. ayukk..yang mau nanem bunga telang..jangan ragu lagi teman2..banyak sekali manfaat buga ini..selain buat pewarna makanan,..kata teman2 lain bisa buat obat mata..atau bisa buat merawat mata biar cling gitu ya..wah..sayangnya ndak bisa coba..lha udah habis bunga telang keringku..hihi.

Oke,..uji coba kedua setelah kemaren berhasil bikin ketan biru bunga telang yang udah ku posting di SINI..sekarang giliran uji coba bikin minumannya ya teman2. Cuma karena stock bunga telangnya dikit..cuma bikin segelas aja..hihi..itupun sambail main2 seru di dapur sama jagoanku yang masih libur panjang tuch. aku bilang ke Yodha..yuk main masak sambil belajar sience..langsung semangat dech dia tuch. "Gimana caranya Mi..katanya ?" Akhirnya aku rebus air segelas sama kira2 10 buah bunga telang tadi, aku kasih gula pasir secukupnya..dan sebatang sereh, habis itu aku saring dan tuang di gelas. Nah..ada caranya biar warnanya bisa berubah dari biru ke ungu teman2..dari yang aku baca2 ini adalah minuman dari Thailand..yang juga terbuat dari bunga telang ini. Minuman yang aslinya biru ini..ketika di kucuri jeruk nipis..warnanya akan berubah..jadi ungu cantik. Walaupun biru juga cantik sich..cuma rasanya kan jadi cuma air gula biasa nanti ya..nah..kalau di kasih jeruk nipis kan jadi seger sirupnya. Nah..inilah yang membuat sirup bunga telangnya yang tadinya berwarna biru..karena tercampur dengan air jeruk nipis...jadi berubah warna ungu. Mudah kan buatnya teman2..seger pula rasanya..dan yang jelas warnanya jadi cantik menarik. 

Pas tak suruh ngucuri jeruk nipis..nich sempat emosi nich Yodhanya.."Kok nggak berubah warnanya Mi"..katanya..hihi.."Mana sience nya ? " katanya. "Sabar kak..tuch liat mulai berubah ungu"..aku bilang gitu. Dan akhirnya ketika di aduk2 dan air biru berubah jadi keunguan..baru dech Yodha senyum2..wah iya..keren..bisa berubah jadi ungu katanya. Wah..hebat ya..jeruk nipisnya bisa mengubah warna biru jadi ungu..hihi..itu kesimpulan Yodha..tapi setelah itu aku jelaskan..kalau itu terjadi karena air biru dari bunga telang tercampur asam dari jeruk nipis..jadi warnannya jadi berubah ungu. Dia langsung manggut2 ngerti.."Oh..gitu Mi"..katanya sambil masih terpesona dengan hasil uji coba sederhananya..hihi.
 

  •  "Wah..magic..dari warna biru bisa jadi ungu"..kata Yodha..kegirangan..^^


Eh..tadi kita masak nasi kerabu juga lho..masih pakai pewarna bunga telang ini teman2..warnanya jadi biru cantik dech. Nasi kerabu ini adalah..nasi khas Malaysia..kayak nasi kuning gitu kalau di Indonesia..dengan pewarna alami bunga telang juga..dan pakai lauk pauk komplet. Yang ini takaran bunga telangnya aku lebih sedikit pemakaiannya dan bener..jadi biru agak muda cantik..hihi..berarti yang ketan kemaren memang rada kebanyakan aku kasih bunga telangnya..^^

"Lha..ini kok cuma nasi doang..lauk pauk..daging..ikan..telur asin, sambel dan ulamnya mana Mak ? "..Wah..ya belum mateng..hihi..nasinya aja dulu ya teman2..mau?..*lol..! ^^




16 comments :

  1. mbak, kok idem dengan diriku dulu waktu pertama kali takjub dengan bunga telang ini. Tiap hari aku mainan bunga telang dan air tak remes-remes. Ketika berubah warna rasanya juga heran. Waktu ujicoba aku kasih air jeruk nipis dan berubah ungu, aku juga takjub. Ajaib gitu. Sampai diledek suamiku kayak anak kecil hahahaaaa.....habis tiap hari mainan bunga telang mulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Rina..aku bener2 gumun je..sama pewarna alami ini...ajaib..dan rasanya itu lho ya nggak pengaruh ke makanan atau minumannya..yang bikin aku suka..soalnya kayak pandan aja..jika kebanyakan bukannya harum malah neg gt ya aromanya..kalau ini bener2 cuma buat pewarna aja..:)..Seru..:)

      Delete
  2. Aihhh aku jatuh cinta sama bunga telang nih.. warna favoritku biru muda:):) dimana ya bisa budidaya bunga telang? atau di Jakarta adakah yang jual bunga telang ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba Intan..di google aku liat byk yang jual online..bibit atau bunga nya..:)

      Delete
  3. kalau semisal dicampur jahe, pengaruh ga Mbak Diah? Atau ga papa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget Mak Riski..itu birunya kan cuma buat pewarnannya aja..kalau rasa boleh di tambah macam2 bahan kok..^^

      Delete
  4. Pengen bikin ice cream warna biru dari bunga talang.... *caridimana yaaa... kalau dikampung saya dulu sering liat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Tina..aku juga ingat ini malah bunga mainan ya pas kecil..stlh liat foto bunga segarnya di google. Eh..byk yang jual online kok Mba..bibit atau bunga keringnya..murah juga lho..:)

      Delete
  5. Mbaaa..cakeeeeuuuppppp bingiiiiit nasi kerabunyaaaa...mau dong resepnyaa...pakai santan juga mba....tp aku blm pny bunga telangnya..tp nanti coba cari2...ala bolang hahahaa..
    Minumannya semacam tehsereh ya mba..tp diganti bunga telang..cantiiiiiiikkkkkk.....

    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aulia..ayook cari di kebun tetangga..sapa tau ad ayang nanem..aku klu jalan2 pagi dulu itu ya pernah iat gt di jalan..kpn2 yo mau tak cari..hihi.
      Itu nasi kerabu cuma nasi biasa..tapi di kasih pewarna bunga ini kala di Malaysia..di kasih sereh sama pandan aja..masaknay di rice cooker biasa. Lauk pauknya kayak nasi kuning gt lho mba..:)
      Kalau minumannya iya..minuman jeruk nipis sama sereh rasanya..:)

      Delete
    2. Ooh jd gaperlu pakai santan ya mba..cuma pandan,sereh..kl
      dicampur santan mgk birunya malah jd pucet yaa...
      Aulia

      Delete
    3. Betul Mba..kayak ketan biruku itu pakai santan..jadi agak biru tua ya..:)

      Delete
  6. Halo Mbak Diahdidi, kagum bgt waktu baca ulasan ttg bung telang ini. Hbs baca langsung aku minta adik yg hobby berkebun utk mencari bijinya & menanamnya di halaman. Berhasil tumbuh dgn subur mbak....berbunga banyak.
    Percobaan pertama aku pakai utk bikin pudding. Waaah....cantiknya pudingku....warna birunya benar2 cantik mbak. Makasih ya mbak utk inspirasinya....jd semangat explore bunga telang....hehehe...
    -Desy-

    ReplyDelete
  7. Jelang Ramadhan dan dibulan Ramadhan ini
    Kami KC Nurseries Bogor, memberikan tambahan bagi anda yang memerlukan berbagai macam kebutuhan mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda, akan kami tambahkan sampai 25% dari kebutuhan biji yang anda pesan
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda. Dan akan kami tambahkan 15% bunga dari yang anda pesan.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda. Serta kami tambahkan 15% bunga kerig dari yang anda pesan.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm ( maaf saat ini stock terbatas.....)
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.
    June 3, 2015 at 10:30 AM

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas panduan resepi.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas panduan resepi.

    ReplyDelete