Tuesday, April 29, 2014

Sambal Bawang Gurih



Kemaren sore aku goreng udang kecil2..di balur tepung..jadi udang krispi. Nah..pagi tadi masih ada sisa..jadi kepikiran buat sarapan..di temani sambal bawang. Dulu banget pernah bikin juga sambal bawang ala Bu Rudy ..nyontek resep di internet gitu..tapi kurang cucok di lidah..jadilah sekarang aku bikin versi aku sendiri..alhamdulillah kok ya enak..dan jadilah sarapan pagi2 kelas berat..karena pakai sambel yang super pedas dan gurih begini..jadilah semangkuk nasi merah habis..hihi..untung maemnya nasi merah..jadi nggak meras berdosa pada tubuh..karena sarapan kok porsi maksi..hihi.


Tapi memang enak sich sambel bawang ini..buat yang suka bawang lho..citarasanya gurih banget..dan pedasnya..nampol dech..karea pakai cabe rawit merah. Apalagi di makan pakai udang goreng kering yang renyah..wah..nggak terasa sepiring dech habis..padahal niatnya tadi cuma sarapan saparo mangkuk nasi lho..itu cuma buat di foto aja nasinya utuh..eh kok ya habis juga..lol..! Kalau di Surabaya..namanya jadi nasi udang ya teman2. Dan katanya sambelnya ya pedas dan enak ya..bu Rudy itu..aku belum pernah nyicip sich aslinya..cuma dari beberapa review sich kunci agar sambelnya gurih kayak bu Rudi itu pakai minyak bekas menggoreng udang dan penyedap..kayak vetsin gitu. Kalau aku nggak pake..cuma pakai garam dan sedikit sekali kaldu bubuk.serta sejimpit gula pasir untuk naikin rasa gurihnya..dan pakai minyak bekas menggoreng udang juga....alhamdulillah..jadi sambal bawang yang enak dan gurih,..sesuai harapanku tadi. Sambelnya enak..dan nggak bau langu bawang merah..karena di masak..cocok buat yang nggak suka aroma bawang mentah. Jika mau variasi..sambal ini juga enak di beri campuran teri nasi goreng atau ebi.
Sambal Bawang Gurih

Bahan :
20 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya, aku karena di makan pagi2 tadi..nggak berani lebih banyak tadi..tapi ini juga udah pedess lho )
8 buah bawang merah, potong kasar
Minyak jelantah bekas menggoreng udang atau lauk lain
Kaldu bubuk 1/8 sendok teh ( sejimpit aja )
Garam secukupnya
Gula pasir 1/8 sendok teh ( sejimpit kecil )

Cara membuat :
Goreng cabai dan bawang asal layu aja..jangan terlalu kering, lalu ulek kasar.
Panaskan minyak jelantah bekas menggoreng udang, masukkan ulekan cabai dan bawang, tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula. Aduk rata dan masak hingga sambal matang. Dengan api kecil ya..karena  tanpa air sambal ini. Sajikan dengan udang krispi atau lauk lain sesuai selera.

19 comments :

  1. makan pakai sambel itu selalu nikmat,asal bukan sambel kecap aku kurang suka

    ReplyDelete
  2. aih ngilernyaaaa... (yang komen suka banget sama sambal hihihi..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama Mba Desni..aku juga penggemar sambal.:)

      Delete
  3. Maaaaak, cabe raeitnya 20? melek matakuuuu...btw, bukan bawang putih ya? hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..itu belum seberapa Mak Astin...:D
      Bawang merah mak..kan bayak makenya..kalau di goreng dulu nggak layu kok..malah enak..ada manis2nya dikit. Kalau bawang putih segitu..bauu bawang..hihihi

      Delete
  4. pas bgt, td pg br goreng udang minyaknya msh sisa hihihi.. Siang kedombrang bikin sambal super pedas..manthabs..:D:D
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukkk....langsung masuk dapur Mba Sri..nich udah hampir waktu maksi..:)

      Delete
  5. wah sama,,, aq jga abis bikin sambel bawang buat maksi mbak tapi lauknya ayam goreng tepung resepnya mbak diah juga,,,, hehehe udah ngabisin nasi sak cething mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...aku wis..makan siangnya sayur aja ini kayaknya Mba Dewi..kapok..ngabisin nasi soalnya..tapi kapok lombok..paling besok di ulang lagi makan sambalnya..hihihi

      Delete
  6. ini sambelnya wong ndeso hahaha....ada lagi yg kesukaanku mbksambel blelek...bawang,brambang mentah,cabe rawit digoreng...udah deh diulek,nyessssss dilidah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya...sambel jelantah yo Mak..:D
      Tambah nampol ya Mak ..rasa bawangnya klaau mentah..cuma kadang ada juga yang ndak suka aroma bawang mentah..jadi klu di goreng jadi sedep bawangnya.

      Delete
  7. Ertianna nugrahaniApril 29, 2014 at 1:36 PM

    Sebagai 'penggila' cabe...wuih bahasanya lebay ya mbak...hihihi. Pasti nih nanti pulang kerja langsung tak praktekin deh mbak. Udah berhari-hari ga mampir ke blognya mbak Diah gara2 speddy error, eh sekalinya mampir dapet resep sambel...asyeeek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..pantesan ndak keliatan mba..iya nich internet di Ind kdg error terus..ndak cuma speedy dech mba..hihi..punyaku jg..

      Delete
  8. mb DD cabe 20 belum pedes, kalau pedes lomboknya berapa ? kalau mis mb DD makan di luar waktu cabe mahal pasti sambelnya disembunyikan. di tempatku mb kalau cabe mahal, klau minta nambah sambal disuruh bayar sendiri sambalnya he...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Jenyy..kalau mau kayak sambel Bu Rudi itu katanya cabainya sampai 250 gram..bawangnya 100 gram..kebayang kan Mba..pedesnya..:D

      Delete
  9. Sambal emang enaknya kl pakai minyak jelantah,,, salah satu sambal kesukaanku selain sambal roa...

    ReplyDelete
  10. mba tips goreng cabe ada ga biar ga meletus letus? suka serem kalo lagi goreng cabe

    ReplyDelete
  11. mba tips goreng cabe ada ga biar ga meletus letus? suka serem kalo lagi goreng cabe

    ReplyDelete