Monday, August 26, 2013

Urap Megono Khas Yogya..Bukan Urap Biasa..^^


Penampakannya sich..kayak urap sayur biasa ya teman-teman..tapi percayalah..rasanya..bukan urap sayur biasa.hihi..tapi istimewa. Kenapa istimewa..? Karena ini adalah *Urap Megono..khas Yogya, bukan urap megono Pekalongan lho..beda lagi juga kalau itu..hihi. Urap megono ini bumbunya lebih komplet dari urap sayur biasa..dan cara buat bumbunya juga di masak terlebih dahulu. Di *gongseng..istilah Jawanya..atau di masak di atas wajan sampai setengah kering.

Nah..apa bedanya bumbu urap megono sama urap biasa?..Kalau urap biasa kan bumbunya simple ya..dan nggak awet..tapi kalau urap megono ini awet..bisa di simpan berhari-hari di kulkas..di simpan di wadah tertutup gitu. Sewaktu-waktu kita membutuhkan bumbu urap megono ini..nggak perlu bikin lagi dech, tinggal di gongseng aja sebentar untuk memanaskannya. Lalu..tinggal rebus sayuran lagi..beres dech. Jadi bisa di buat sekalian banyak gitu bumbu urapnya. Nah..cocok kan buat diet..hihi..bosan ya teman-teman..diet melulu..!! Yapp..my diet start from today..hihi...diet tapi tetep menunya enak-enak..daripada mupeng ntar liat masakan buat suami dan anak yang enak terus..jadi mending bikin menu diet juga yang enak dong. Jadi aku makan ini cuma sama sayuran aja..enak..atau kalaupun pakai nasi..nasi merah aja..lebih sehat. Buat teman-teman..nggak usah ikutan diet ya..di makan aja..sama nasi putih kemebul hangat..sama tempe goreng..dan ayam goreng...wah..enak banget dech urap megono ini. Kalau males merebus sayuran..ini di buat makan nasi putih aja juga enak kok..buat lauk..kayak serundeng basah gitu rasanya. 

Urap Megono ini..di Yogya..biasanya di sajikan dalam  bentuk tumpeng berlapis-lapis gitu. Jadi nasi..sayur mayur, bumbu urap..nasi..dst di bentuk berlapis-lapis membentuk tumpeng kerucut. Biasa di sajikan di acara khusus gitu. Misal, seingatku dulu waktu ada yang membangun rumah, dll. Kalau sekarang sich udah jarang ada kayaknya..cuma kalau ibuku..dulu di rumah sering buat urap model gini..ya untuk keluargaku. Jadi ini Urap Megono khas Yogya..ala ibuku ya teman-teman.

Mau coba..yukk simak step by stepnya ya..mudah dan enak. Kalau udah matang gunakan seperlunya. Sisanya, kemas di wadah tertutup..terus simpan di kulkas..buat stock lauk matang..awet sampai semingguan..bahkan lebih..jika di simpan di freezer.

Urap Megono Khas Yogya
  • Bumbu halus : 8 butir bawang merah, 5 bawang putih, 5 buah cabe merah, 5 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar.
  • Bahan lain : 
1 butir kelapa setengah tua, parut panjang, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk purut, 2 batang sereh, 3 cm lengkuas, 50 gram gula merah. Garam Secukupnya. Oh ya..ada yang lupa kefoto : Daging tetelan 150 gram, rebus sampai matang dan empuk, sisihkan kaldunya. Rebon 1 sendok makan dan sepotong tempe semangit ( kira-kira 50 gram ), potong kecil.
  •  Rebon itu..kayak gini ya..ada yang nyebut juga dengan nama rese...bukan reseh lho..hihi..

  •  Ulek bumbu2nya hingga halus ya..
  • Tumis bumbu halus, beri 200 ml air kaldu sapi, masukkan daging tetelan, tempe semangit, rebon dan bumbu-bumbu lain, serta garam secukupnya dan 1 sendok teh kaldu bubuk.
  •  Tambahkan kelapa parut, lalu aduk rata.
  • Aduk dan gongseng semua bumbu hingga matang dan setengah kering
  •   Kalau udah matang seperti ini..seperti serundeng yang setengah kering.
  • Siapkan sayur rebus sesuai selera. Sayuran bisa, bayam, kol, kecipir, sawi putih, wortel, taoge, kacang panjang, dll..sesuai selera aja ya. Sayuran di rebus biasa sebentar di air yang di beri sedikit garam, lalu tiriskan.
  •  Tambahkan bumbu urap megono secukupnya
  •  Carup2 hingga tercampur rata.
  • Sajikan dengan ayam goreng, tempe goreng dll..serta nasi putih hangat..yummy..! ( Kecuali jadi menu diet..kayak aku..ya cukup dengan sayuran rebus saja..huhu..)

18 comments :

  1. mbak, saya ga bosan kalau menu2nya menu diet. Pengin diet juga niiih. Ditunggu menu2 diet selanjutnya ya mbak. Yang ini juga bikin ngiler ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..diet diet an kita ini ya Mba Yanti..maunya diet kok tetep enak makannya..^^ Tapi..klau bisa begitu..kenapa tidak ya Mba..kita coba saja..diet ..tapi dengan menu2 yang tetep enak..berhasil tidak ya sebulan aja dech..hihi

      Delete
  2. aku pernah dikasih tau cara membuat bumbu urap seperti ini tapi waktu itu nggak ngeh. Habis belum kebayang rasanya sih. Baru kali ini paham dengan cara membuat bumbu urap yang diberi kaldu. Kapan kapan tak jiplak resepnya yo mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..silahkan..ini enak sekali lho..rasanya lebih gurih dan kaya rasa Mba..di banding urap biasanya...dan yang enak lagi..sekalian capeknya..hihi...karena awet..bisa di simpan buat stock gitu...^^

      Delete
    2. mbak kalo kaldu daging diganti kaldu ayam boleh nggak ? Soalnya hubbyku ada kolesterol jadi pantang daging sapi.

      Delete
    3. Belum pernah coba aku Mba Rina, tapi menurut pendapatku sich bisa saja ya..kan ada juga itu..serundeng ayam ya..hihi. Mungkin ayamnya ayam kampung kali ya Mba..lebih enak..^^

      Delete
  3. waahhh...mantap Mbak Diah besok tak bikin ah....soalnya biasanya aku bikin urap yang sederhana tp bumbu urapnya aku kukus dulu mbak hehehe.....thank's resepnya ya mbak ....pokok'e resep e mbak Diah selalu pas dengan lidahku dech .....(^__^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Luis..ini versi lain bumbu urap..khas Yogya..yang lebih kaya rasa..ya Mba..cobain dech..biar tahu rasanya ya..kayak serundeng gitu..tapi setengah basah..enak dech buat lauk atau urapan sayuran..^^

      Delete
  4. Replies
    1. Rebon...itu udang kecil2..yang bias abuat terasi itu lho mba..tapi dalam bentuk kering..aku upload fotonya ya..di postingan ini..biar bs liat..:)

      Delete
    2. Kalau di sidoarjo orang sebut germut, kalau di daerah Kediri di sebut urang dawu

      Delete
  5. Mbah Diah...aku ijin copy resepnya yah...kebetulan suamiku wong Jowo sudah lama minta urap megono....minggu depan insyaAllah aku mau coba resepnya,

    Thanks banget info rsepnya Mba,,,,,,
    Halimah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Halimah..silahkan di coba ya..semoga bisa mengobati kangen suaminya terhadap masakan urap Megono khas Jawa..:)

      Delete
  6. inget waktu kecil..sering dapet nasi megono dari saudara dari sawah...lezatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..memang enak ini Mba / Mas..:)

      Delete
  7. mba kalau gak pake tempe tetep enak ga ya rasanya?

    ReplyDelete
  8. Ndak pa2 mba..kayak urap atau serundeng gt jadinya..tetep enak kok..:)

    ReplyDelete