Saturday, June 14, 2014

Keripik Bakso


Sudah pernah makan keripik bakso teman2..?..Enak lho..berasa makan bakso tapi kering..jadi kriuk2 banget gitu..hihi. Di Semarang sini dulu udah sering makan keripik bakso..yaitu di warung soto langganan..kadang ada keripik bakso di bungkusin kecil2 gitu. Tapi di situ keripik baksonya keras banget..walaupun tetep enak dan gurih. Nah..pas waktu di Yogya ..di salah satu toko oleh2 aku liat keripik bakso..murah pula..sebungkus besar gitu. Langsung aku beli dech. Dan ternyata enak sekali keripik baksonya...renyah..dan empuk..nggak keras kayak yang di Semarang. Yodha suka banget..jadilah habis buat di cemil di jalan...keripik baksonya. Nah..sampai di Semarang aku penasaran bikin sendiri keripik bakso ini di rumah. Dari hasil uji cobaku..ternyata yang hasilnya bisa empuk dan renyah adalah keripik bakso yang pakai bakso murah yang banyak tepungnya..hihi. Kalau pakai bakso mahal yang banyak dagingnya, malah jadi keras memang,..nggak bisa mengembang ketika di goreng. Sipp..ya okelah..kan sayang juga kalau bakso mahal di bikin keripik..hihi..kalau bakso murah kan nggak sayang ya teman2..hihi. 

Bakso murah yang ku maksud adalah bakso pasar tuch lho teman2..kan banyak ya..yang murah2..misal yang 10 biji cuma 5 ribu..itu kan banyak tepungnya di banding dagingnya ya..hihi. Tapi agar rasa keripik baksonya tetep gurih..carilah yang rasa baksonya gurih ya teman2. Kalau di pasar tempatku sich ada..bakso murah ala pasar yang lumayan gurih..jadi di buat keripik bakso gini ya jadi enak sekali.
  
Cara membuatnya mudah saja..bakso tinggal di potong tipis kecil2, lalu di goreng di minyak yang sudah di panaskan, api kecil aja hingga mengembang dan kering renyah. Mudah banget kan teman2..yukk di coba..lumayan lho..bisa buat cemilan si kecil..atau buat lauk..teman makan mie dll..enak..tetep pakai bakso tapi dalam bentuk kering..atau buat cenilan nonton bola..hihi..seru juga itu..biar nggak ngantuk begadang nonton bola kan...^^

Selamat mencoba ya teman2..^^

Note : Hasil akhir mungkin berbeda2 ya teman2..tergantung jenis bakso yang kita gunakan. Kalau punyaku di foto ini..pakai bakso yang banyak tepungnya..jadi bisa empuk dan renyah...^^


16 comments :

  1. Asslm mbak didi praktis nih resepnya. mang cocok buat ngemil nanti malam lg. boleh nanya mbak. itu ngiris baksonya pake pisau biasa ato ada pisau khusus mbak? thaks b4

    _Marni di Padang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass Mba Marni..sgt prkatis mba..tggl beli bakso di pasar..hihi. Pakai pisau biasa aja mba..yang tajam..di iris tipis2 gt..tapi ya jgn terlalu tipis banget malah biar tetep kerasa baksonya..:)

      Delete
  2. nggak dijemur dulu mb??
    -shinta di semarang-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu mba..yang penting di goreng di minyak yang sudah panas dulu, abis tuch irisan bakso masuk, kecilkan api..goreng hingga kering dan renyah..jika baksonya bagus tepungnya byk bisa mekar kok dikit..tapi kalau baksonya nggak byk tepung ya jadi keras..hihi.

      Delete
  3. mb,siang ni di rmh gak?
    Alhamdulillah,yg kmrn aku blg ada.tp dkit ikh mb.tp lmyanlah."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Elmi..mksh byk ya..aku seneng bgt bs makan mie pentil lagi..hihi. Kalau tempenya udah di habisin suamiku..hihi.

      Delete
  4. Biasanya aq bli basreng alias baso goreng ala maich*** yg pedes gitu mba, biar alot jg hayuh aja mpe gigi pegel...:)
    Mumpung bsk libur..bisa coba basreng sendiri nih..
    Oh iya mba, itu basonya ga perlu dibumbui lg ta..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..namanya basreng tho Mba Sri..kalau di Bandung..hihihi..baru tau aku. Wah..alot tapi ya Mba kalau beli..ayukk bikin sdr aja..ini punyaku renyah mba..ndak ada alotnya..soale baksone bakso murah yang byk tepungnya..hihi..jadinya kayak kerupuk bakso..:D

      Delete
  5. Mba Di, di Yk blinya di mana? In Shaa Allah saya mau k Yogya n rencana mau bli itu jg u oleh2 teman2 nanti. Makasih sebelumnya ya Mba Di. Lina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina..aku beli di Toko oleh2 Mbok Tumpuk Mba..di jalan Bantul Yogya..Kasongan masih lurus lagi..ke selatan...tempat produksi geplak juga..:)

      Delete
    2. Makasih infonya ya Mba Di. Lina

      Delete
  6. Kalau disini bilangnya basreng mba,, dikasih aneka bumbu taburan gitu,,, kaya rasa balado, keju, atau rasa pedas tok,,, aku mau coba ah mba Kapan2... lumayan doyaaan banget nih aku ma suami, apalagi yang rasanya pedas,,, duuh biar pedas tetap aja nagih xxixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya tambah enak itu ya Mba Tina..kalau di tambah aneka bumbu taburan..sekali2 besok tak buat yang extra hot..pakai cabe rawit bubuk..hihihi..enak kali yach..:D

      Delete
    2. Dijamin keringetan mba,,, Pedeeeesssssss.... tapi pasti nagih pedesnya

      Delete
  7. Mba sy prnah buat tp hasilny masih basah pdahal warna sdh trlalu matang, kira2 salahny dimana ya?
    Adonan bakso yg bnyak tepungny itu sprti apa? Kalis atau masih cenderung basah?

    ReplyDelete
  8. Mba sy prnah buat tp hasilny masih basah pdahal warna sdh trlalu matang, kira2 salahny dimana ya?
    Adonan bakso yg bnyak tepungny itu sprti apa? Kalis atau masih cenderung basah?

    ReplyDelete