Tuesday, June 3, 2014

Bothok Telur Asin


Akhirnya bisa bikin bothok telur asin favorit suami..setelah kemaren beli telur asin mentah di pasar Gang Baru..dan teryata enak ya..kalau di bothok..telur asin mentah gini..hihi. Ndak terlalu asin. Aku yang biasanya ogah makan telur asin..karena asin banget..pas nyicip tadi kok doyan. Rencana padahal cuma buatin suamiku aja..makanya cuma bikin dua bungkus..hihi. Ya..paling tidak udah nggak penasaran dech bikin bothok telur asin sendiri..karena bahannya memang jarang ada ya telur asin mentah. Suami biasa beli bothok telur asin ini jika makan di warung asem2 Rahayu khas Demak. Bothok telur asin ini terkenalnya memang dari Demak ya teman2. Masih ada stock telur asin mentah ku..besok mau bereksperimen resep lain...masih awet kan ya..telur asin menath yang masih di lumuri garam begini teman2..?..^^



Mau coba.yukk catet ya resepnya..ini cuma jadi dua bungkus tapi ya..jika mau bikin banyak di kalikan sendiri takaran resepnya ya. Jika suka lebih lembut adonan tahunya..di banyakin saja jumlah santannya. kalau suami ku tadi request agar nggak pakai santan banyak2..dan hasilnya tetep enak lho..bothoknya.
Bothok Telur Asin

Bahan :
2 buah tahu putih ukuran kecil atau satu ukuran sedang
2 butir telur asin
1 sendok makan santan instan
1 lembar daun salam, potong jadi dua bagian
1 buah cabe merah, potong serong tipis
1 buah cabai hijau, potong serong tipis 
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera
1 sendok teh gula merah
Kemangi secukupnya
Cabai rawit jika suka pedas, biarkan utuh
Daun pisang secukupnya
Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 cm lengkuas

Cara membuat : 
Campur tahu putih halus, santan, bumbu halus dan bumbu2 lain, cabe merah dan hijau. aduk rata. Koreksi ras ahingga pas gurih dan manisnya.
Siapkan dua lembar daun pisang, tekuk ujungnya, pecahkan satu butir telur asin mentah, beri dua sendok makan adonan tahu. Beri 1 potong daun salam dan kemangi seccukupnya.
Bungkus bentuk tum, semat dengan lidi , lalu kukus selama 20 menit / hingga matang.
Sajikan dengan nasi hangat dan asem2 daging..makin nikmat.


18 comments :

  1. Hmmm....kelihatannya nyamleng mbak Di. Patut dicoba nih, telur asin mentah kalau di Jakarta gampang carinya, tinggal cari di supermarket. Makannya ditemeni sambel trasi enak kali yo mbak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak banget Mba..kalau suka telur asin..suamiku suka bgt..katanya paling cocok sama asem2 daging makannya..tapi sambel terasi..wah enak juga itu jodoh juga kayaknya..hihi

      Delete
  2. Mba Didi, bumbunya bisa juga dipakai kalo dibikin bothok tempe/teri juga ?

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..bisa mba Ari..sama saja kok..kalau mau pedes tggl tambahin cabe merah aja atau rawit galak aja utuh2..:)

      Delete
  3. mba jadi mau bikin,klo aku suka tak tambahin pete..... Tapi blum ada telur asin mentahnya ,jarang ada....

    Umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah sippp itu kalau suka ya mba..:)

      Delete
  4. di kulkas adanya telur bebek mentah mbk,,, belum diasinin,,,, hehehe
    kliatan enk bgt tu bothoknya,,,, apalagi daku penggemar bothok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mba..:) Kayaknya yang bikin gurih ini karena telurnya udah asin mba Dewi..hihi

      Delete
  5. Mb di smua resepnya sip bgt, oya mb di rmh nya di daerahan banyumanik ya ? Klo saya di ungaran, biasa nya keTBK mana mb? Yg deket ma semarang atas yg lengkap ada gk mb? Hehehe biar gk jauh2 ke smrang bwh heee
    By. Yuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..aku di Banyumanik..ada mba..TBK Kabhita di kanfer Banyumanik..:)

      Delete
    2. Ada alamat TBK nya gk mb? Heeee

      Delete
  6. Haii mbaDD..
    Aku pernah bikin bothok telur asin ini tp ga pake tahu, dibanyakin dauh kemanginya aja biar sedap.. Trus hati2 pas proses nge tum nya, kalo ga sabar bisa2 berceceran tuMpah..:D Iya ngga mbaD...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..makanya di kasih tahu ini Mba Sri..lebih aman..jadi ada penahannya..hihi..adonan tahunya bikin telurnya set ndak lari2..punyaku masih utuh tuh itu di bothoknnya satu telur utuh,:)

      Delete
  7. mbak diah kmana ? sehat kan mbak ? kok seharian gak muncul....maaf ya mbak klo kepo....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kemaren habis ada acara keluarga Mba..ke Magelang..:)

      Delete
  8. Mba Diah kalo pake telur asin yg mateng kayaknya lebih gampang mbungkusnya ya? Kebetulan ada telur asin mateng nih, cuma daun pisangnya yg gak ada, harus pesen dulu ke tukang sayur...
    Resepnya oke2 loh mba, berguna banget buat pemula spt saya ini.
    Thanks.
    -Desy-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mungkin ya Mba Desy..tapi bentuknya udah bulat ya..ndak bisa cantik kayak kalau telur asin di tuang mentah di daun..hihi

      Delete
  9. Mbak, bisa minta resep utk buat kulit lumpia yang kering kaya kertas yaa,.. mksh mba diah. yang cara membuatnya dipegang tangan adonannya trus di tempel di wajan. klo ud kering tinggal di klentek... mksh ya mbak

    ReplyDelete