Monday, June 2, 2014

Es Gempol Pleret..Salah Satu Warisan Kuliner Unik Yang Wajib di Lestarikan


Cuaca di Semarang sudah lumayan panas setiap hari teman2...bagaimana dengan daerah teman2. nah..kalau panas2 gini..kadang pengen makan yang seger2 ya di siang hari. Kayak tadi juga..waktunya makan siang..tapi aku kok rada males makan..malah ingat masih punya gempol pleret yang aku beli di pasar Gang Baru kemaren. Kan aku beli gempol & pleretnya saja..mau tak buat kemaren untuk es gempol kok udah pada kekenyangan pas pulang..jadi langsung aku masukin kulkas aja..walau sambil mikir..aduch nanti jadi keras nggak ya..basi nggak ya..hihi. Soalnya cari gempolnya kan susah. tapi ternyata..tadi pas aku buat es gempolnya..nggak basi lho..dan ajaib juga..nggak jadi keras..tetep empuk dan ngeprul gempolnya..nggak basi atau kecut juga..wah dua jempol dech untuk gempol dan pleret buatan mbah2 yang di jual di pasar Gang Baru Semarang ini..bener2 super..walaupun mahal harganya..tapi sebanding dengan kualitas dan rasanya..jadi..bakalan sering ke sana nanti kalau bulan puasa..beli gempol dan pleret buat buka puasa..karena ternyata sampai keseokan harinya pun masih awet..apalagi kalau cuma buat sore kan awet banget tuch. Berbeda sekali rasanya juga dengan gempol pleret yang di jual di Semarang atas sini..yang kalau di taruh kulkas jadi keras gempolnya..dan rasanya sepo..kurang gurih dan ngeprul gitu. Kalau gempol pleret yang aku beli di pasar Gang Baru ini..hemmm..bener2 juara, mirip sama yang aku beli kalau di Yogya..enak ini malah..karena sangat bersih juga.

 
Es gempol...ini memang unik. Sajian minuman khas Jateng ini memang susah bikinnya. Aku bilang Jateng aja ya..soalnya selain di Semarang..di Jepara pun ada juga es gempol kayak gini. Aku udah beberapa kali coba buat sendiri..belum ketemu cara dan formula yang bisa sampai hasilnya empuk dan ngeprul kayak yang di jual mbah2 di Gang Baru ini. Beberapa resep2 dari tabloid atau majalah..atau internet yang beredar selama ini..aku coba2 juga..hasilnya malah keras..karena terbuat dari tepung beras yang di adonin dengan air sampai kalis dll...baru di bulat2 dan di rebus / di kukus...nggak se otentik gempol versi jadul ini rasanya. Aku hafal betul tekture dan rasa gempol..karena di Yogya pun ada..dan dari kecil ya ini jajanan favoritku. cuma kalau di Yogya nggak di buat es kuah gini..tapi di buat jenang gempol. Nah..jenang gempol ini tak kalah enak dengan es gempol. Bahan yang sama adalah gempolnya..hampir sama rasanya dengan yang aku beli di Gang Baru kemaren..empuk dan ngeprul..seperti inilah tekture dan rasa gurih gempol yang ku rindukan..hihi. Ah..besok2 beli lagi ahh..buat bikin jenang gempol..maaf ya teman2..yang suka es gempol juga..belum bisa bikin sendiri aku yang seenak ini. Nanti wis..kapan2 tak ngulik resepnya ke mbah penjualnya..semoga berhasil..hihi.

Buat teman2 di luar Jateng yang belum tau apa itu Es Gempol Pleret..itu adalah minuman khas yang bahan utamanya ya si gempol ini, yaitu bulatan2 putih sebesar bakso, yang aku ceritain tadi. terbuat dari beras..kayaknya harus tepung beras yang baru giling atau numbuk..kayak tepung beras yang buat putu bambu gitu. Aku pernah liat di tivi sich cara buatnya..sayang cuma sekilas, cepat sekali prosesnya jadi agak2 lupa. Jadi tepung beras baru di kukus dulu hingga matang dan bergumpal2. Habis itu di parut..sampai berbutir2. Setelah itu di kepal2 lagi bentuk bulat kecil2 dan di kukus lagi. Aku pernah coba bikin pakai tehnik ini..tapi hasil akhirnya jadi ambyar..nggak berbentuk bulatan setelah di kukus..hihi. Aku tambahin tepung tapioka buat perekat..jadi nya nggak otentik ngeprul dan beremah kayak aslinya..wah..bingung aku jadinya..sekarang belum buat lagi. Buat yang terakhir..terpaksa aku pakai tepung tapioka sedikit itu..ya tetep beda hasilnya. Jadi..sampai sekarang aku masih penasaran dengan resep asli si gempol ini. Jadi..masih harus uji coba terus nich teman2. Gempol ini..kalau di buat es..harus bersanding dengan pleret yang cantik warna warni..biasanya berwarna hijau atau pink. Nah..apa itu pleret ?..Pleret ini adalah adonan dari tepung ketan, santan, sedikit garam dan air panas, yang cara pembuatan di pleret,..atau di tempelkan tipis2 di daun pisang..kemudian di kukus hingga matang. Rasa pleret ini juga unik..tawar dan sedikit kenyal..enak..jadi melengkapi kenikmatan ketika menyantap semangkuk es gempol yang  segar ini. Mau coba teman2..ayukk ke Semarang ya..hihi.

Penyajian es gempol..ada dua cara..ada yang versi putih bersih kuahnya..yaitu cuma pakai santan yang di rebus sama pandan dan di beri garam sehingga jadi gurih santannya..lalu di kasih gempol dan pleret, es batu serta pakai gula pasir halus / yang di blender..jadi rasanya benar2 alami..natural rasa gurih santan dan ber aroma pandan dan manis alami dari gula halus tadi. Enak sekali yang versi ini ..aku paling suka. Ada juga yang di beri sirup frambozen warna pink kuahnya..hemm kalau ini aku kurang suka..kurang jadul gitu rasanya..hihi.

Alhamdulillah tadi akhirnya bisa mencicipi lagi es gempol pleret yang sangat unik dan enak ini. Mudah2 an masih banyak penjualnya ya..yang tetep melestarikannya..walaupun proses pembuatannya yang cukup susah. Mudah2 an juga mbah yang jual gempol di pasar Gang Baru yang enak ini..juga menurunkan keahliannya pada anak cucunya biar tetep ada penerusnya..atau mau di turuni ke aku ilmunya mbah ?..hihi..wah ya seneng sekali aku..kalau bisa..dan pasti akan aku share di sini ya teman2..hihi. Besok kalau ke Gang Baru lagi mau pede kate ahh..sama mbah penjualnya yang ramah ini..mau menimba ilmu *pergempolan*..hihi. 


Ya oke dech..aku bagi gempol nya ya buat teman2 yang belum pernah nyicip..hihi..besok kapan2 kalau udah bisa buat sendiri seenak ini..tak bagi resepnya dech..^^

  • Tekture gempol di pasar Gang Baru ini..just perfect..! Bener2 kayak gempol jadul yang sering ku makan dulu pas kecil. empuk..dan ngeprul..mudah hancur ketika kita sendok atau kita tekan pakai tangan. tekturenya yang empuk dan kayak berlubang2 inilah yang paling enak..karena ketika di taruh di kuah santan..bsia menyerap kuahnya sehingga rasanya semakin enak dan gurih. Ohh..gempol..I love you pull dech...hihi..*kumat lebay dech..*
 
 





32 comments :

  1. Mb diah... salam kenal y. Aq seneeng bgt ma blog mb di. Aq asli smrg tp skrg tinggal di bogor. Tiap jam aq bk blogx mb di,nunggu resep trbaru&liputan sputar smrg. Kangenku ma kota smrg terobati stlh lht blogx mb di. Trmksh y mb... Ita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba Ita..nanti aku ulas yang lain ya..salam kenal juga..:)

      Delete
  2. belum pernah nyoba mbk,dan penasarannn banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dan seger Mak..adanya di Semarang dan Jepara tapinya..:)

      Delete
  3. Baru dengar aku mba, gempol pleret ini. Klo di jawa timur ada sih gempol, pleret tapi nama desa. Penasaran banget nih nyobain mba, apa lagi month puasa, alternatif buka puasa tuh. Moga2 mba Didi sukses ngrayu simbah penjualnya, biar cepet dicobain dan dishare ...

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik..dan biasanya memangbyk di jual di bulan puasa Mba ari..:)

      Delete
  4. ada 1 lg es gempol yg enak d semarang bawah mba...selain d ps.gg.baru ada jg d ps.burung d daerah jl.kartini... tp jgn kaget klo yg d situ pas siang berjubel belinya...hehehhehe...top markotop wes buat es gempol...
    oya mba DD, lain kali klo k ps.gg.baru lg cb es dawet berasnya mba....enak bgt...yg jual bapak2 pake gerobak...enak wes mba...skrng dah jarang yg jual es dawet beras...yg enak cm d ps.gg.baru sm ps.dargo lantai atas...msh alami dan mantap...yg d ps.dargo d gelasnya d pukul2 pake jeruk gelas...wanginya bikin tenang sm kangen mba...dawet berasnya msh bentuk yg jadul...putih, kecil2 gt...enak wes...
    vero

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonya mba Vero..harus di coba itu..aku suka bgt gempol..hihi.
      Oh iya kmrn dawet itu aku lita mba..tapi mau beli ragu..bsk wajib di coba itu..hihi

      Delete
  5. Didemak juga ada lho mbak........ dulu ,entah klo sekarang,soalnya klo aku balik kedemak udah gak pernah lihat,tapi klo yang ditabur klapa parut makannya masih ada,namanya ndok bledek ...mba diah ppernah makan belum....
    Umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Demak..Jepara..ada juga ya Mba Umi..es gempol ini..cuma beda2 penyajiannya aja ya biasanya..:)

      Delete
  6. Mbak Di...ini gempol sewaktu kecil di Madiun cuma bisa aku temukan kalau si mbah penjualnya pas mampir lewat depan rumah. Di pasar trad.sekalipun ga ada yg jual. Mungkin itu si mbah asli Yogya kali ya...hihihi. Bener mbak itu gempol kalau dicermati rasanya & bahannya persis seperti putu. Dulu mbah putri kalau pas ada hajatan suka bikin sendiri "putu" atau "puro" dan aku suka bantuin tapi sekarang pengen mraktekin blm kesampean krn penyakit Mnya...hehehe. Apalagi kalau inget gimana ribetnya bikin itu puro...weleh jadi tambah males...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Erti..udah langka ini ya..mknya wajib di lestarikan..kalau di Yogya di jual pake jenang mba..makanya di namakan jenang gempol..:)
      Bener jajanan tradisional jadul yang asli dan ori itu buatnya ribet..tp mantap ya mba hasilnya..:)

      Delete
  7. Wah mba di mauuu dong, aku belum pernah coba sama sekali hehehe kayanya endess banget yaaa dimakan di cuaca panas kaya sekarang2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endess bener Mba Dekyang..unik dan enak bgt..hihi..kpn2 tak share dech klu udah nemu resepnya..:)

      Delete
  8. liburan ini saya pengen ke semarang... :) bisa mampir kesitu ga ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Riski..ada di pasar tiap pagi sampai jam 11 pasarnya..:)..Minggu keberapa Mak..teman2 dari IIDN..pada mau kumpul2 juga lho di Smrg..:)

      Delete
  9. jadi pingin coba, pasti seger banget....
    dimana ya cari yang jualnya...kalo mudik kan pasti lewat semarang.. mbaDD bisa bantu? hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger..pake banget mba Sri..dan enak gempolnya itu yang nggak bisa di cari..hihi. Nah itu Lebaran buka ndak..ndak tau Mba..hihi..soale aku mudik juga..:D

      Delete
  10. Wah es Gempol ya ... kebetulan aku buat dan jual nih di Jakarta :) rasa dan teksturnya persis dgn gempol jadul yg di jual di Semarang gurih dan ngeprul kalau dimakan. Lumayan laris juga disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp..salut Mba..telaten bikin gempol..moga makin laris ya usahanya..:)

      Delete
  11. Salam kenal Mbak Diah. Warisan es gempol pleret yang nikmat ya.

    ReplyDelete
  12. Hii mba dii slm knal..saya dewi di kalsel. 1thun pndah ksni ikut suami, sblumny di kranggn smaraang ..deket gang baru..duuuh saya malah blum pernah nyobain es gempol yg di critain mba dii....seringnya beli yg di pasar johar. Baca blognya mba di ini saya jadi pengen banget es gempooool..hla disini blass gg ada pnjualnya...mba diii tag tgu resep es gempolnya..;)

    ReplyDelete
  13. Kog uda ga ad y mbak sekarang mbah2 yg jual gempol? Januari kmrn pas sy pulkam sy ubek2 gang baru ga ad yg jual gempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pas nggak jualan..biasa di paling ujung gang

      Delete
  14. Mbak mana resep es gempol pleretnya mbak, jadi ngeces lihat gambar ini

    ReplyDelete
  15. Hai mba diah.. Salam kenal..
    Aku suka banget nih sama es gempol ini.. Waktu SD suka minta beliin ibu. Dulu di ps. Johar banyak yg jual, kalau pas ikut ibu ke ps.johar aku ampe ngiler2 pengen ini, tp ga berani beli.. Haha. Karena dulu kata ibuku santannya mentah, ga dimasak, jadi meski ampe ngiler aku tahan, ga berani beli. Hihihi
    Karena kan ga menjamin apakah air yang dipakai buat meres santan itu air matang apa mentah..he. Dan emang beda rasanya kalau santannya matang alias dididihkan dulu, lebih seger yang tanpa dimasak mba..

    Kalau di desaku di jepara rasa gempolnya ga bisa ngepyur..tapi padet dan agak hambar ga bisa gurih, Enakan yg di semarang (tapi dulu aku tinggalnya di smg bawah.hihi.)

    Kalau dah sukses bikin gempol ngepyur jangan lupa di share ya mba..hihi.. Kangen sama jajanan 1 ini,karena di klaten belum pernah nemu ini, masak kudu ke jogja dulu mba..? He. Oya jenang gempol itu bentuknya gimana mba? Karena jenang kalau menurut klaten ini sejenis bubur, tp kalau menurutku jenang itu semacam dodol.. Hehe. jadinya ambigu.. Xixixi. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak gempol ngeprul memang mba..kalau jenang di sini juga bubur mba..:)

      Delete
  16. Udh ktemu blm ya cara bikin yg texturenya kyk yg dijual mbah itu?
    Ini bikin sndiri jd keras trs

    ReplyDelete