Saturday, October 19, 2013

Es Sari Kacang Hijau


Hemm...kayaknya bakalan sering posting aneka minuman nich teman2..bener2 udara panas banget ya..pengennya minum aja..terus..yang seger2..males makan. Kayak hari ini nich..tadi pagi pada males sarapan..cuma minum milo..terus jam 11 an abis nganter Yodha les tambahan beli pecel..terus..udah males makan siang lagi dech..hihi. Akhirnya belum masak..cuma bikin minuman aja. 

Aku bikin es sari kacang hijau..tadi pas kebetulan liat kacang hijau bagus2 di tukang sayur..mau bikin bubur..rugi masaknya..soalnya paling di makan cuma sedikit...tapi kalau di buat minuman kan semua suka..Yodha juga suka. Biasanya aku beli sari kacang hijau ultra kotak tuch..pas enak seger manisnya nggak terlalu. Cuma beli terus kan boros ya..jadi lebih baik bikin sendiri..mudah kok sebenernya bikin sari kacang hijau itu. Mau coba teman2..yukk simak resepnya ya..bagus  lho..kacang hijau buat kesehatan..apalagi buat anak2..dan yang jelas lebih mudah di konsumsi..daripada di buat bubur kacang hijau..anak2 biasanya pada males kan..karena agak kasar..tapi kalau di buat minuman gini kan tinggal di minum..seger banget.
Es Sari Kacang Hijau

Bahan :
250 gram kacang hijau, cuci bersih, lalu rebus hingga empuk
100 gram gula merah
5 sendok makan gula pasir
2 lembar daun pandan
2 cm jahe, memarkan
Garam 1/2 sendok teh

Cara membuat:
Blender kacang hijau dengan di tambah 1500 ml air, saring
Rebus air saringan kacang hijau dengan semua gula, garam, daun pandan dan jahe, dengan api kecil hingga mendidih. Koreksi manisnya..udah pas atau belum.
Dinginkan. Sajikan dengan es batu..atau simpan di botol tertutup dan taruh kulkas..sari kacang hijau bisa bertahan hingga beberapa hari.


38 comments :

  1. wah,lama nggak mampir.....segerrrr bangettttt ^^,passs bgt lag panas2nya hehe

    ReplyDelete
  2. Wah iya Mak Hanna..seger banget,...pa kabar..*sodorin segelas es kacang hijau..*..:D

    ReplyDelete
  3. Biasanya klo bubur kacang ijo di rumah nggak habis, langsung saya blender aja mbak, trus masuk kulkas, abis itu jadi es kacang ijo juga (kayaknya sih) hihihi *episode emak-emak ngirit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rini..emang klu bubur kan ngenyangin ya..karena kental bgt...jadi paling di mkn dikit2..klu jadi es..lebih enak dan seger..pada di sukai ..kmrn aja nggak nyampe sehari habis dech aku bikin.

      Delete
  4. Ini bikin gemuk nggak, Mbak? hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kayaknya sich nggak ya Mba..kan byk proteinnya ya kacang hijau..:)

      Delete
  5. makasih infonya mbak, caranya bikin es sari kacang hijau begini toh ?
    saya mau bikin bingung gimana caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dwee..sama2..kalaumau warnanya cerah kayak di jual2 gitu..pakai gula pasir semua Mba...:)

      Delete
  6. wah jadi pingin coba nih mbak diah ^^
    oh ya mbak, kalau buat susu kacang kedelei yang rasa2 itu gimana ya mbak?ajarin n posting donk mbak resep sari kedelei nya hihihi
    makasih banyak mbak diahh udah banyak membantu kasih ide2 masakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Mei..ntar aku coba dulu yach bikin sari kedelai..biasanya aku beli aja klu sari kedelai byk yang anter pagi2 ke rumah2..anget2..coba ntar tak tanya2 dulu ya..hihi..cara bikin susu kedelai yang ad arasanya gt..:)

      Delete
  7. waw ide bagus nih bwat aku, sari kacang hijau yang enak dan sehat ^^

    ReplyDelete
  8. ampas kacang ijox bisa di buat isian onde2 ya? sayang kalau dibuang hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma di saring pakai saringan sich, terus di ambil airnya aja masih enak ya Mba..tapi kalau udah di blender kan semua sarinya udah keluar..jadi ya tinggal ampasnya saja sich..hihi.

      Delete
  9. thx infox mba....

    ReplyDelete
  10. Mbak,ini kacangnya diblender tanpa direbus dulu atau direbus dulu? Terima kasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rebus dulu Mba..biar mateng dan mudah memblendernya..:)

      Delete
  11. sdh dicoba mba..rasanya seger salah satu terapi buat cpt hamil hehehe...dah bosan bolak balik dokter g hamil2 -(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya Mba..bisa juga kah..oke..besok tak makin rajin minum sari kacang hijau..skrg udah berhasil belum mba Andriany programnya ?..Yukk barenagn usaha..hihi

      Delete
  12. biasax sy bikin toge sendiri dr kacang ijo agar didpt toge yg ekorx pendek krn disini agak susah dpt toge yg bgt mba jd hrs bikin sendiri.. kadang togex d bikin jus dicampur sm tomat dan rasax rada langu krn toge mentahx terasa skali.. diminum tiap pagi.. usaha terus mba insyaallah doa kita diijabah amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..taoge ndak enak kalau di jus..hihi..bau langu aneh..enakan kacang hijaunya ya..:) Aku jarang minum taoge Mba..sukanya kalau di masak...eh tapi aku pernah baca di milis ibu hamil gt..taoge nggak boleh sembarangan di konsumsi..perlu cek dulu kadar hormon kita gt katanya Mba..klu udah kelebihan hormon apa gt ya..lupa..malah nggak boleh konsumsi taoge..:)..klu mau cepet hamil..:)

      Delete
  13. Makasih resepnya kak, bisa jadi tugas memasak di sekolah..

    ReplyDelete
  14. mbak,,,besok mo tak coba,,,,kayaknya segeeerrr n sehat ....mtr nwn resepnya ya mbak Diah

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah....uenaaakk tenan mbak,yang ga mau nyoba nyesel lho

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah....uenaaakk tenan mbak,yang ga mau nyoba nyesel lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..iya..daku juga suka banget Mba..sari kacang hijau ini..:)

      Delete
  17. Kl untuk usaha (jualan maksudnya:-) )... ada formula tambahan ga mba diah? Supaya layak jual gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Formula apa ya Mba..mau awet maksudnya ?..Pakai penagwet dunk...:)..Tapi tidak di sarankan..lebih baik kalau mau jualan ya..di jual harian saja..biar nggak mudah basi..:)

      Delete
  18. pagi mbak Diah, mohon info untuk kacang hijaunya apakah perlu direndam terlebih dahulu sebelum direbus? terima kasih

    ReplyDelete
  19. oh ya mbak, satu lagi pertanyaan, air rebusan kacang hijau apakah bisa jg dipergunakan saat blender kacang hijaunya? terima kasih

    ReplyDelete
  20. Iya Mba..klu mau cepat di rendam dulu..bisa dong mba..biar sari2nya nggak kebuang ya..:)

    ReplyDelete
  21. Mba diah.. Aku suka liat resep2 masakan di blognya mba..
    Oya mba, mau nanya.. Setelah kacang ijonya d blender dan d saring, ampasnya emg jdi byk bgt y mba? Eman mau d buang.. Heheheheh

    -Hilda-

    ReplyDelete
  22. Salam kenal Mbak..
    Mau nyoba bikin ah, kayaknya seger panas2 gini.

    ReplyDelete
  23. Salam kenal Mbak..
    Mau nyoba bikin ah, kayaknya seger panas2 gini.

    ReplyDelete
  24. Salam kenal, Diah. Saya tini.
    Tolong nanya: kalo bikin sari K'ijo itu apa harus bersih air k'ijo aja ATAU emang masih ada serbuk (dari k'ijo yg di blender)?
    Terima kasih.

    ReplyDelete