Saturday, June 14, 2014

Mie Pentil & Mie Gaplek..Enake Rek..^_^



Alhamdulillah..tadi siang pulang dari kondangan ke Ungaran..ada mba Elmi datang ke rumah..ngoleh2 hi aku mie pentil, mie gaplek dan tempe benguk..wah..senengnya..jadi terharu aku mba..di bawain beneran jauh2 dari Sukoharjo..hihi. Yang paling pengen cepet2 aku makan ini mie pentilnya mba Elmi...hihi. Jadi..tadi mie pentilnya langsung aku masak..hihi..sudah lama sekali ndak makan mie ini..dan akhirnya kerinduanku terobati..hihi..enak sekali mie pentil ini je..apalagi kalau masak sendiri di makan anget2..wah..langsung habis tadi..hihi. Padahal ya habis kondangan lho..tapi tetep pengen langsung maem mie pentilnya..gara2 di kondangan bosan menunya itu2 aja jadi cuma makan dikit. Enakan mie pentilnya dech dari pada menu2 di kondangan tadi..hihi.

Mie Pentil..ada yang tau nggak teman2 ? Namanya lucu ya teman2..tapi hati2 ya..jangan salah mengucapkan vokal *e* pada mie pentil..bisa2 berkonotasi beda lagi..hihihi. Mie pentil ini pengucapan huruf *e* nya seperti pada kata *pensil* ya...bukan kayak ngucapin vokal *e* *pentul*..hihi. Mudeng nggak teman2..? Kalau nggak sich malah beneran..berarti ndak tau maksudku *kata*  itu ya..lol...! Kalau aku sih udah nggak nggak asing sama mie ini..jaman kecil dulu..di Yogya banyak di jual di pasar2 tradisional. Tapi kalau mau cari sekarang ini ya masih ada kok di Yogya..kayak di Beringharjo dan pasar2 lain ada yang jual mie pentil ini. Di daerah Yogya bagian selatan yaitu di sekitar Pundong Bantul ada juga sentra penghasil mie pentil. Dan ternyata di tempat mba Elmi di Sukoharjo ada juga..atau mungkin di daerah teman2 juga ada mie kayak gini ?

Mie Pentil adalah mie yang terbuat dari pati singkong atau tapioka atau pati kanji..nah dari dulu aku sangat penasaran bagaimana cara membuatnya. Ingin sekali bisa bikin sendiri di rumah..soalnya di sini nggak ada yang jual mie begini..jadi suka kangen. Kapan2 musti aku liput dech kalau pas lagi mudik lagi. Tapi alhamdulillah tadi dapat rejeki bisa makan mie pentil lagi..hihi. Mungkin kalau boleh di bandingkan..rasa mie pentil ini sedikit mirip sama dengan rasa mie kwetiau basah tuch ya..agak kenyil2 gitu tapi enak banget..karena rasa mie pentil ini lebih ndeso di banding kwetiau..hihi. Cara masak mie pentil kalau di jual di pasar2 tradisional juga sangat sederhana..ndak perlu tambahan apa2..seperti sayuran, ayam , telur atau yang lain2..cukup di buat mi goreng aja polosan..dan di taburi bawang goreng dan sledri. Tadi aku pas nggak punya sledri..jadi cuma pakai bawang goreng. Udah..sesimple itu teman2..cara masaknya..dan di makan pakai cabe rawit atau ada juga yang di kasih sedikit sambal cabai rebus yang khas ndeso..hihi..enak banget tuch..di makan gitu aja. Kalau di Yogya mie pentil ada dua warna..warna putih dan kuning. Ada yang agak kecil2 kayak yang di bawa mba Elmi tadi..ada juga yang agak lebih besar mie pentilnya. Di pasar2 kadang di jual juga bungkusan pakai daun jati..hemm..jadi tambah harum unik rasanya kalau di bungkus daun jati ini..hihi. Asal muasal nama pentil ini..mungkin karena mie nya memang mirip karet pentil kali ya..hihi..sama2 kenyil2..hihi.


Ya oke dech..sekian dulu ceritaku tentang mie unik dan jadul ini teman2..kapan2 kalau main ke Yogya..cobain ya mie pentil ini ya..enak lho teman2.
Oh ya..selain mie pentil tadi aku di bawain tempe benguk dan mie tiwul juga dari mba Elmi..kayak gini nich kalau mie tiwul..apa mie ini di buat dari tepung gapek ya..adakah yang tau teman2 ?..Ah..jadi pengen coba besok bikin mie dari tepung gaplek ini..hihi..iseng2 aja mumpung punya tepung gaplek..buat uji coba..sapa tau berhasil.

Oke..happy weekend ya teman..^^

Ini..kata mba Elmi mie tiwul..atau mie gaplek ya ?..Unik rasanya..kalau mie gaplek ini baru pertama kali ini coba aku..^^


Kalau ini tempe benguk ya ?..Unik juga rasanya..di buat keripik..tapi kalau seingatku tempe benguk di tampatku dulu itu di bacem atau di bumbu terik..wuiih..enaknya..^^

15 comments :

  1. mba Diaaahh..ngga bosen tiap baca blog nya mba Diah nh. walau udah dibaca pengen baca lg..hahaha

    oiya mba Diah, bahan tempe benguknya dari kedele atau kacang koro ya mba?

    salam,
    dodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mas Dodi..kayak baca cerpen ya Mas..harap maklum..tulisan gaya emak2..haha. Mksh ya udah sering mampir sini..:)

      Itu aku yo ndak terlalu yakin tempe benguk atau bukan Mas..soale udah di goreng tepung..kalau masih mentah baru aku tau..dr apa..hihi. Kalau tempe benguk dan koro itu beda..tempe benguk warnanya kehitaman dan agak keras kalau di buat tempe..sedang tempe koro warna putih tekturenya empuk jika udah jadi tempe..enak semua sich..hihi.

      Delete
  2. hihi,bru jg tdi yg bwa dah di'blog,,td ada yg blm aku smpein mb,aku mau nawarin adonan leker kring..yah,kalo mb mau..aku ada usaha leker,tp lg mgok sih(yg ngejualin keluar)..a la leker bla3,di tmblang,gak brni nyebut di sini..
    Buat ms apa mb dodi,tempe benguk'ny dri koro,aku tnya ibu krg tau,ktane sih yg kulitnya bkin gatel.kacang koro kan bnyak.ngmong2in koro,di kmpung aku ada koro buat urap yg kcil2,trus koro gajih yg buat tumis.kpn2 kalo pulkam,kalo ada tak ungsi ke smg.syange koro gajih di rmh bulek dah raib tak trsisa,hehhe.isi koro yg kcil buat urap jg bsa buat tumis,bongko,sayur.tp yg dah tua,kring.hehhehe,jd ngelantur jalur krta api bndung-srbya nih."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Elmi...udah habis tadi je..tempenya di makan suamiku semua..aku yang makan mienya..:D
      Adonannya kayak gmn mba.maksudnya udah mix gt..ada merknya nggak ?..Kalau bagus di tawarin aja di blog ini..sapa tau pada mau ibu2..asal enak lho ya produknya..hihi. Kalau aku suka bikin2 gt buat uji coba aja..di rmh wis pada mblenger mba..tiap hari tak buatin kue2..hihi. Kayak suamiku ki nek tak buatin kue manis gt wis ndak mau blas..tapi nek sing gurih dan unik kayak tempe benguk tadi..wis..langsung habis itu sekali makan tadi mba..hihi

      Delete
    2. Oh ya..diskusi masalah pertempean..hihi..setauku kalau nggak salah....biji benguk sama koro beda ya Mba..kalau benguk tuch warnanya kehitaman..agak keras kalau di jadiin tempe..sementara kalau kacang koro itu putih warnanya..dan kalau di buat tempe jadi empuk dan mempur..gt lho Mba..klu di Yogya.
      Biasanya tempe benguk yang hitam di bacem..kalau di pasar2..kalau tempe koro yang putih iku di terik mba..kayak bacem tapi warna putih pakai santan, di makan sama gudangan kalau di pasar2 trad di Yogya...kpn2 kalau ke Yogya tak hunting tempe koro sama benguk wis. Lha karena tadi tempenya udah dalam bentuk keripik dari mba.aku jadi nggak bisa mbedain..hihi.

      Delete
  3. Hihihi...lucu ya namanya, mie pentil.. Jd inget jaman smp..waktu tinggal d darmaraja-sumedang...yg jual baso pk mie nya mirip mie pentil ini, kuning n mengkilat gitu, trus agak gede2..kan jd inget cac**** makanya kalo bli baso ga pk mie hihihi...jd curhat..^_^

    Enak ya mba mie ini...sampe sekarang kalo yg jual baso pk mie kuning, aq pilih basonya aja ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....enak lho Mba Sri...ya memang tapi ada yang agak gede2 juga mi jenis ini..bentuknya bulat2 panjang gede2..wua...tambah ngingetin Mba Sri dech kenangan masa smp...tak kirim sepiring ya Mba..hihi..mesti lari ki...huahaha

      Delete
  4. hihihi...ada mi tayel yaaa... kalo di tempatku namanya mi tayel (ngeja ta nya yang jelas/tha/ ) enak banget di masak pedes nih mbak, aku seringnya mi tayel tak gado pake mendoan ato tempe goreng.
    kalo benguk setauku pohonnya menjalar daunnya lebar bentuknya seperti buncis tapi lebih gede, bijinya item, dulu tetanagga sebelah rumah punya pohon benguk, dan memang bijinya selalu di buat tempe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..wah..tambah lagi satu nama nya ya Mba Esti..sama2 unik tapi..tayel ya..hihi. Mksh infonya. Oh di masak pedes enak ya Mba..kpn2 kalau nemu mie ini lg di Yogy atak cobanya..:) IYa..benguk item ya mba..kalau udah jadi tempe agak keras2 gt ya..beda sama koro yang empuk..:)

      Delete
  5. "elmi" ,,
    ibu krg ngeh jg sih mb soal tmpe benguk,aku sndri jg tggal lebb aja,hehhe..jd keinget tempe melanding,enak jg.tp gak tau skrg yg ada di mana.
    Ya mb,udah mix,namanya GoBer Leker.bgus kok mb,bsok tak buatin adonan kring'ny mb.tp ya,bda rasa sma pny mb DD,,yg dlu mb buat kan pake santan.pnyaku bda..coba mb buat pake telur/selai/tuna/sarden.bhan yg ada aja di rmh..lbh yummy sih,kalo ada mozarella,tp kok y mhal,hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya boleh Mba..nanti tak cobanya dulu ya..eh tapi hari ini aku mau turun gunung..jalan ke bawah..besok aja kali ya..:)

      Delete
  6. Malemmm temen2 semua,ky nya ada yang bahas per kedelapan nih,hohoho^^,kepo dikit ya emak2,tempe benguk itu,brasal dri kedele2an juga,kedelenya wrnanya item,gede2,caranya masak tempenya,kedelenya itu direndem 2-3 hari,baru diangkat,dan diiris tipis2,trs dicuci lagi endddd di kasih ragi deh#ribet ngolahnya,pda dasarnya kan tempe kalo ga bersih tenananga bakal jadi deh,kebetulan,mami aku,emang usahanya di import kedelai,tapi kedelai dri amerika,yg buat tahu n tempe, yang jenis kedelai buat benguk ini,jarang diminati,soalnya susah prosesnya.. Ulli _ngawi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ulli..mskh udah gabung ke diskusi pertempean dan perkedelean..hihi..*halah..*
      Waduch lama sekali ya ternyata merendamnya..agar supaya bisa jadi tempe benguk yang enak itu..hemm..jadi patut di hargai tempe jadul nan unik ini..hihi. Kapan2 tak hunting mba di Yogya..:)..Udah 3 hari di rendam gt ya masih keras ya mba.kalau udah jadi tempe..:)..tapi justru itulah tekturenya jadi unik ya..:)

      Delete
  7. Owh iya, jenis kedele ini agak mahal dari kedele lainnya mbak D,trs ngolahnya juga ribet,tapi di kampungku,tempe ini murah kalo udah jadi, 500 perak udah dapet tempe bengoK yang udah di goreng tepung,hihi,maaf ya ketikannya belepotan,ol pake hp soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..murah sekali matengnya..padahal buatnya susah ya Mba Ulli..hihi..wah sayange jauh ke Ngawi..kalau deket tak samperin itu tempe benguk goreng tepung dari tempat Mba..hihi.

      Delete