Monday, June 30, 2014

Pastel Cireng Isi Tahu


Wah..alhamdulillah waktu kok jalan cepet banget ya teman2..hihi..jadi malah nggak berasa kayak puasa..enjoy aja gitu..banyak kerjaan di dapur..tau2 udah siang..tau2 udah sore. Dan..pengennya posting macam2 di bulan puasa ini..eh malah agak sibuk sedikit hari ini...ya oke dech..paling nggak sehari satu gitu aku usahain tetep posting ya teman2..menu2 baru di bulan puasa ini. Nah..kali ini masih..bertema aci acian..aku  masih suka bereksperimen pakai aci nich..jadilah aku buat pastel cireng isi tahu kemaren. Berawal dari ngobrol sama mba Intan dulu tentang makanan yang lagi terkenal di Majalengka Jabar gitu..namanya Jalangkotek..bukan Jalangkote..dari Makasar lho ya..tapi pakai *K* belakangnya..jadi Jalangkotek..hihi. Yaitu cireng yang di bentuk pastel dan di isi tumisan tahu pedas. Baiklah..ini dia Jalangkotek ala aku sendiri tapi ya mba Intan..dan teman2 yang suka cemilan aci goreng..enak lho. Nggak kalah enak sama aci goreng isi sayur atau Olos yang resepnya udah ku share kemaren di SINI.

Oke dech..mau coba...yukk silahkan teman2..siapa tahu bisa buat cemilan buka puasa nanti sore ya. Kan..berbuka puasa itu selain pakai hidangan yang manis2..makan gorengan dulu sebelum makan nasi      dkk..juga enak lho..hihi. Aku banget dech..buka puasa gorengan...hihi. Ya udah dech sambung lagi ya ceritanya besok..ini masih ada tanggungan kerjaan juga..selamat berpuasa ya teman2..^^
Pastel Cireng Isi Tahu

Bahan isi :
Tahu putih 3 buah, potong kecil2 ( aku pakai tahu cina
Bawang merah 4 butir, iris tipis
Bawang putih 2    siung, iris tipis
Cabai rawit secukupnya, haluskan
1 sendok teh saus tiram
Garam, gula, kecap manis sesuai selera.

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai halus, masak hingga harum dan cabai matang. Masukkan tahu, air dan bumbu2 lain. Masak hingga air habis. Koreksi rasa. Dinginkan.

Bahan kulit :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
100 ml air panas ( kurang lebih )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya. ( Kalisnya itu kalis lembut ya teman2..ketika kita pegang..bukan kalis padat kayak adonan donat..:D, yang penting nggak lengket di tangan ketika di bentuk2..)
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan tumisan tahu secukupnya. Pilin pinggirnya seperti pastel.
Goreng di minyak terendam dengan api kecil hingga matang dan kering luarnya. Sajikan hangat.

18 comments :

  1. uwaaaa..mupeng,eh :)
    mbk,nggak posting ttg menu buka puasa kyk tahun lalu kah???q tunggu2 tau dari kemarin tp kok g muncul2 ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini Mak Hanna..pgn kayak tahun kemaren..tapi kok ya mendadak banyak kerjaan datang..hihi...jadi acak aja postingannya..:)

      Delete
  2. Waduh dr penampilannya menggiurkan ini pastel cireng. Aku kok belom pernah nemu jalangkotek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jajanan khas Majalengka jabar Mba..:)..Iya enak Mba..:)
      Coba aja search Jalangkotek khas Majalengka gitu mba di google..pasti banyak ketemu..:)

      Delete
  3. Mba diah beli tahu cina dimana ? Di pasar jati ada gitu mba ? Tahu cina sama yunyi sama gak mba ?winnie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Winnie..yang ada tulisan hurf atau tulisan Cina..hihi. eh selain tahu Cina..pakai tahu sutra Suharno itu juga enak banget lho mba..tahu Bandungan itu..tau kan..lembut dan gurih tahunya.

      Delete
  4. Ertianna nugrahaniJuly 1, 2014 at 10:15 AM

    Wuih uenake....apalagi dimakan pas buka puasa sambil nyruput teh anget. Kalau dibikin pas sahur trus disimpen dulu di kulkan dan baru sorenya digoreng kira2 pengaruh/jadi keras gak ya mbak Di...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Erti..enak dan nggak mbosenin..bisa cemal cemil ini kenyang duluan Mba..hihi
      Di goreng setengah matang dulu mba..baru di simpan.

      Delete
  5. Mbak Diah....senangnyaa akhirnya bisa buka inet lg :) wuihh...sudah di coba jalangkotek nya alias j ko qiqiiqiqi:) ngilerrr...:):)rapih sekali melipat pinggir pastelnya (aku.mah masih berantakan hehee) met puasa mbak di...:)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan mksh...ya mba..wah pantesan lama ndak keliatan..hihi..iya enak lho Mba..Jalangkotek ini..hihi

      Delete
  6. Wah bs dcoba nih mba di :D buat takjilan.. secarabkeluargaq hobi gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sama mba..di rumah ki selain berbuka dengan yang manis2..yang paling laris malah berbuka dgn gorengan..:D

      Delete
  7. Bentuknya kayak empek empek pastel mbak. Kalau dipalembang isi tumisan pepaya muda, ada juga yang isi tahu tapi gak berbumbu. Bahannya juga hampir sama. Jadi pengen buat. Makasih ya mbak.

    Tika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tika..bener banget..kayak empek2 pistel..eh jadi pgn bkn jg isi pepaya..enak kali ya di cemil gini tanpa cuka. Kalau pakai kuah cuko terlalu rame rasanya...kmrn aku coba mba..hihi

      Delete
  8. Waduuuh mba gagal total deh program dietku...... :-)
    Menggiurkan. .....

    Ida-Nederland

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..godaan diet paling susah di hindari itu ya memang gorengan2 gini..aku jg..:D

      Delete
  9. Mbak Didii...
    aku salut banget lho Mbak banyak banget kreasi resepnya, dan yg gampang2 pun ada..
    aku kan pemula ya Mbak, jadi aku suka liat resep Mbak trus nyoba2..
    Sukses terus ya Mbak, banyakin lagi resep2 dan tipsnya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..makasih ya mba..seneng bs berbagi sedikit..:)

      Delete