Tuesday, June 17, 2014

Sayur Asem Sunda


Sayur asem..sudah pasti jadi sayur favorit banyak orang ya teman2..termasuk aku..dan suami. Sayur sederhana dengan isian aneka sayuran dan bercitarasa asam segar ini memang tak pernah bosan ya kita santap teman2. Sayur dengan bumbu utama asam Jawa atau belimbing wuluh ini juga sehat..tanpa minyak2 sama sekali ya teman..jadi cucok juga dech buat diet..apalagi kalau makan tanpa nasi..wis di jamin cepet langsing dech..hihi. Tapi jangan sama ayam goreng..tempe goreng..bebek goreng dll..wah lha itu sama aja menu nikmat namanya..bukan menu diet lagi..hihi. Eh ternyata..sayur asem ini ada macam2 versi ya teman2..kayak sayur asem Betawi..sayur asem Jawa Tengah..Sayur Asem Sunda..dll. Biasanya aku kalau bikin sayur asem tuch yag kuahnya buthek..karena bumbunya pakai kemiri..versi mana tuch..versi ibuku..hihi. 

Nah kali ini aku lagi pengen sayur asem yang versi bening..yaitu versi Sunda ya teman2..bumbunya aja sich..maksudnya bumbunya tanpa kemiri..jadi kuahnya bening. Kalau isian sayur asemnya sich..tetep gado2..suka2 aku..hihi. Soalnya aku memang suka sayur asem yang isinya komplet..campur campur gini..jadi rame dech sayur asemnya. Enak kadang2 cuma di gado aja tanpa nasi udah mengenyangkan karena isinya komplet. Tapi untuk bumbu2nya kali ini aku ikut aliran sayur asem Sunda..yang biasa di jual..kayak di resto2 ayam goreng itu lho teman2..berkuah bening dan bercitara segar ringan. Dan ternyata..enak juga ya sayur asem bumbu ala Sunda gini ternyata..seger banget juga..walau aku tetep suka juga yang pakai bumbu kemiri..hihi. Suka sema dech. Suami juga dech..buktinya..kemaren sore tuch sampai makan dua piring lho..walaupun cuma pakai sayur asem..tempe goreng dan teri goreng sama sambel terasi..hihi. Menu murah meriah..tapi memang uenakk..setuju teman2..?

Ya oke dech..buat yang suka sayur asem..yukk mari masak hari ini..seger lho di nikmati hangat2 buat makan siang nanti. Lauknya bebas aja ya..sesuai selera..mau ayam goreng..bebek goreng..ikan goreng..atau cukup yang murah meriah aja..favoritku..ikan asin. Menurutku..sayur asem ini paling enak sama ikan asin makannya. Apalagi ikan asin layur yang panjang2 tuch..di goreng agak kering di bedaki tepung beras tipis2..jadinya renyah kriuk2..wah kok ya enak banget dan klop sama sayur asem. Karena citarasa sayur asem kan segar dan ringan asam manis gitu ya..jadi..ikan asin yang rasanya sedikit asin ini..ketika di makan sama sayur asem..akan jadi kombinasi rasa yang indah ketika kita satukan di lidah..hihi..* halah..lebay..* Tapi karena aku lagi nggak punya ikan asin..wis kemaren pakai teri aja..wah ya cocok juga ternyata. Karena kebetulan teri nya agak2 asin dikit..dan hasilnya..suami makan dengan lahap. Wo alah..kalau menu sederhana gini makan dengan lahap..wis ndak usah masak yang mahal2 aja kali ya..hihi..biar mak Irit bisa penuh tabungannya..hahaha. Irit atau pelit Mak..?..Tapi memang kok teman2..jika udah keseringan makan daging2..ayam2..dll..kadang2, makan sederhana gini malah bisa jadi menu selingan yang nikmat ya teman2..^^

Oke dech..kalau cerita terus kapan nulis resepnya ya..hihi..ini resepnya aku tulis ya..maafken jika ndak otentik Sunda banget kali isian sayur asemnya teman2..tapi aku niru bumbunya aja yang versi Sunda..tapi takaran bumbu2nya ala aku ya ..dan aku kalau bikin sayur asem..versi mana pun..suka ku kasih tetelan sama air kaldu sapi..jadi lebih nendang gitu rasanya..kalau nggak suka..pakai air biasa aja ya..^^
Sayur Asem Sunda

Bahan :
Sayuran secukupnya ya..sesuai selera, aku sich beli satu paket tuch sayur asem di pasar..hihi..2 ribu, isinya : terong sepotong, labu siam sepotong, kol 2 lembar, kacang panjang beberapa lonjor, jagung manis 4 potong, daun melinjo sedikit, kulit melinjo sedikit, ada tomat kecil satu biji. 
Kacang tanah mentah 1 sendok makan
Air kaldu sapi 1500 ml ( bisa pakai air biasa )
Tetelan sapi yang udah di rebus 100 gram ( optional )
Gula merah 1 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
Gula pasir 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air asam Jawa agak kental 3 sendok makan ( sesuai selera )
Daun salam 2 lembar
lengkuas 2 cm, memarkan

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar
3 buah cabai merah keriting

Cara membuat :
Cuci semua sayuran..dan potong2 sesuai selera.
Didihkan air kaldu sapi, tetelan dan bumbu halus, dan semua bumbu2 lain. Masukkan kacang tanah dan jagung manis dulu, jika udah agak matang, baru masukkan sayuran lain. Masak hingga sayuran  layu. Koreksi rasa. Sajikan sayur asem dengan lauk pauk sesuai selera dan sambal terasi..yummy..! ^^
  • Lauk cuma teri goreng aja kok ya di pamerin ya teman2..hihi..biarin dech..enak kok..dan walaupun cuma teri..kali2 aja temen2 yang tinggalnya di luar jarang makan ya..jadi bisa buat obat kangen teri ya teman2...atau banyak juga kali ya teri di luar..hihi..ndak tau juga dech.
  • Oh ya tips cara goreng teri agak nggak remuk ya teman..jika teri yang di pake teri agak basah yang ndut2 gini. Kadang2 kalau habis di cuci kan jadi basah tuch dan kalau di goreng jadi suka remuk dll. coba taburi tipis2 dengan tepung tapioka..hasilnya teri nggak remuk lagi dech pas di goreng..dan hasilnya bisa renyah juga. dan transparan kan..kayak ndak pake lapisan tepung kan teri gorengnya ini..^^

19 comments :

  1. PAgiiii Mbak Diah..:) Longg.. longg time no see your comment waduhh aku ketinggalan banyak nih:) pagi2 baca blog mbak di tentang sayur asem sunda wuidihh bikin kabita (ngiler) :) jadi inget masakan mama..:) tapi kalau mamaku di iris bumbunya dan gak diulek.. emang pas paduannya sama ikan asin hmmmm nyunny:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..habis liburan ya..:)
      Hihi..ayukk masak lagi mba..wah..mskh infonya..bisa juga ya bumbunya di iris..oke dech kpn2 di coba juga..:)

      Delete
    2. Baru mulai libur pekan depan mbak di.. ribet urusan sekolah kemarin hehehe.. semoga pekan depan free jadi bisa back to dapur yuhuu masak2 lagi.. semangat masak Mbak di...:):)

      Delete
  2. Berhari-hari gak bisa jalan2 ke blognya mbak Di...biasa mbak internet suka error, lemooot. Eh, begitu bisa ngintip lha kok... pagi2 postingannya udh bikin lapeeeerrrrr. Sueger emang yg namanya sayur asem yo mbak. Kalau yg pake kemiri itu versi Jakarta mbak... selain "jangan asem" tu jg yg dulu sering dimasak sama alm.ibuku. Huadeuh ikan asin, sambel trasi & tempe goreng...klop deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh versi Jakarta ya Mba..hihi..aku suka juga itu..tambah gurih kuahya..:) Kalau jangan asem2 versi Jateng bumbu2nya di iris terus pakai gula merah banyak dan kecap mba..di sini biasanya isinya daging doang sama buncis..enak juga itu..:)

      Delete
  3. Jadi inget dulu sering maksi di rmh makan sunda di batam...tiap maksi pasti rameeeer bgt..andalannya sayur asem sama ikas asin kecil2 yg kriuk mbk... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan asin sama sayur asem..memang jodo bgt ya Mba..paduan istimewa..hihi..lebay dah..:D

      Delete
  4. wah jadi pengin masak sayur asem nih,,,,,,,,,,,,,,,,, udah lama sekali gk makan sayur asem,,,,suamiku gk doyan soalnya jdi gk pernah masak sayur asem,,, cari daun melinjo jga susah disini,,,,,klo tetelannya diganti daging sapi biasa bisa kah mbak??? soalnya disini gk ada yg jual daging tetelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk masak Mba..iya..kalau nggak ada tetelan..daging biasa juga bisa..tapi di rebus dulu ya sampai empuk..air kaldunya buat kuah sayur asemnya.

      Delete
  5. sayur asem versi aku jg nih mb,tpi aku klo buat kcang tnahnya berlimpah(pecinta kcang,hiks2).pkai daun ketela rambat jg enak."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,..iya Mba Elmi..enak..klethis2 ya kacangnya..:)..Wah daun ketla enak tho buat sayur asem Mba..kpn2 tak cobanya..daun glandir itu kan ya..:)

      Delete
  6. Waaah mbak didi, itu tempe gorengnya pake tempe yg bungkus daun ya...bikin aku kangen kampung halaman...(maaf salah fokus, malah komen tempenya..he..he)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Nunik..tempa bungkus daun yang satuan..memang lebih enak dan gurih ya Mba...:)

      Delete
  7. Ada lagi versi org Kalimantan mbak, isiannya lbh aneh lagi.. Ada kangkung, sama ikan sungainya.. Malahan ada yg pake jantung pisang.. Klo rasa asamnya biasa dari terong asam, hehe.. Tapi versi apapun aq suka nambah klo menu sayur asem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..unik itu Mba Johanna..aku belum pernah coba..iya memang sayur asem versi apapun..tetep..seger ya..:)

      Delete
  8. Mbak...kalo sayur asem versi pemalang, pakainya kedelai lho....terus pakai asemnya yang mentah gitu(asem cempaluk) dicemplungin ke kuahnya yang mendidih,trus dipenyet sampai lumat, dimasukkan lagi ke kuahnya....daun so bisa diganti daun ubi rambat/glandir....bahkan sering juga orang2 masak daun glandir (di sini namanya lengguk mbak...hihihi lucu ya) ini dibumbu jangan asem,jadi gak pake sayuran lain.kalo bumbunya seringkali yang buthek gitu....^emma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..jadi penasaran sayur asem daun glandir itu aku Mba Emma..belum pernah...hihi. Kalau di sini daun glandir itu sukanya pada di rebus..terus di makan pakai sambal brambang asem..seger..:)

      Delete
  9. love your blog mbak didi, inspired me bangged ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HaI Mba Astri..mksh Mba....seneng bisa berbagi..:)

      Delete