Friday, June 13, 2014

ACIKU...Tepung Aci Asli Tegal..Sudah Berbumbu..Praktis..! ..Membuat Tahu Aci Tegal Sendiri Di Rumah..Jadi Lebih Mudah & Enak


Tahu Aci khas Tegal...adalah salah satu cemilan favoritku dan suami. Tak pernah bosan dech makan yang gurih2 gini. Makanya aku sering banget bikin tahu aci Tegal atau tahu plethoknya...dan udah sering aku share, resep dan foto2nya di blog ini. Nah..pas terakhir aku posting tahu aci Tegal pakai tepung aci khusus buat tahu aci yang di kirim sama teman beberapa waktu lalu..aku di inbox mba Dewi, temen fb ku yang asli Tegal..dia cerita kalau Mamanya yang punya rumah makan di Tegal. Mamanya mba Dewi ini memproduksi tepung aci asli Tegal khusus untuk membuat tahu aci..yang sudah praktis..sudah berbumbu..dalam bentuk tepung racikan kering yang di kemas. Nah Mba Dewi nawarin aku untuk mencobanya..wah..ya dengan senang hati Mba..hihi..secara makanan favorit ku gitu lho. Pakai tepung tapioka biasa aja aku suka tahu aci ini..apalagi kalau asli pakai tepung aci Tegal..ya tambah seneng banget..hihi.

Nah..kemaren siang..datang dech paket tepung aci dari mba Dewi nich..langsung nggak sabar aku buka. masih mentah aja baunya harum gurih banget..hihi..jadi nggak sabar pengen coba..sayangnya stock tahu habis..jadi baru bisa buat pagi ini. Dan..ini dia hasilnya..pagi2..puas sarapan tahu aci dan tahu plethok asli dari Tegal. Rasanya enak..gurih dan kenyalnya pas..nggak alot kayak kalau pakai tepung tapioka biasa walaupun udah dingin..nanti aku ulas lebih lanjut di bawah ya teman2..tentang tepung aci Tegal merk ACIKU ini. Makasih banyak mba Dewi atas paket tepung acinya.

Tahu Aci..pasti sudah banyak yang tahu dong teman2..adalah jajanan khas dari Tegal..Jawa Tengah. Jajanan ini sudah jadi salah satu oleh2 wajib ya..jika berkunjung atau lewat kota Tegal. Tegal memang di kenal sebagai penghasil tahu yang enak..aku sendiri biarpun tinggal di Semarang..sudah sering makan tahu Tegal soalnya..jadi tau rasanya..karena ada yang jual juga di sini, yaitu di toko daging langgananku. Nah..tahu Tegal..jika di padukan dengan aci..atau tepung dari sari pati singkong khas Tegal..kemudain di beri bumbu2 dan di goreng..rasanya ya klop banget...jadilah jajanan khas Tegal yang namanya Tahu Aci ini teman2. Gurih dan enak sekali rasanya. Sayangnya..tahu aci khas Tegal ini paling enak di nikmati kalau dalam keadaan panas2...setelah di goreng. Jadi...jika di jadikan oleh2 ke luar kota dalam bentuk tahu  aci sering ada kendala..jika di kemas masih mentah..mudah basi..tapi jika di goreng sudah matang..jadi alot ketika sudah dingin. Nah..untuk mengatasi masalah tersebut..tercetuslah ide dari keluarga mba Dewi di Tegal untuk memproduksi tepung aci siap bumbu yang praktis dan berbumbu ini, dalam bentuk kemasan rapi..dengan bahan2 asli dari Tegal.

Bahan2 asli tersebut berupa..tepung aci khusus yang hanya di produksi di Tegal..yang memang di gunakan khusus untuk membuat tahu aci Tegal..dengan tambahan aneka bumbu dan rempah2 sehingga sudah gurih rasanya. Jadi jika kita mau membuat tahu aci..cukup mengadoni tepung ini dengan air panas secukupnya sehingga bisa di bentuk, lalu adonan di masukkan ke tahu segitiga, lalu di goreng. Jadi sangat praktis dech teman2..nggak perlu nimbang2 tepung atau ngulek bumbu..hihi. Nah..yang unik dan bikin tepung aci merk ACIKU racikan keluarga mba Dewi ini..adalah penambahan kucai kering. jadi tambah harum dan gurih dech tahu acinya. Kucai ini memang salah satu bahan untuk menambah aroma dalam pembuatan tahu aci khas Tegal. Sayangnya di tempat lain selain di Tegal..kadang2 susah ya cari kucai ini teman2..jadi..dengan di tambah kucai kering ini..makin sipp dech rasa tahu acinya..dan yang jelas..sangat otentik..asli Tegal.

Tahu Aci bentuknya gini teman2 buat yang belum pernah coba ..^^


Selain di buat Tahu aci..tepung ACIKU ini juga pas banget untuk membuat tahu plethok..temennya tahu aci..hihi. Konon katanya sejarah tahu plethok ini adalah cara ekonomis untuk memanfaatkan sisa tahu aci goreng yang nggak laku...agar bisa di jual kembali. Sisa tahu aci yang nggak laku..di belah dua memanjang, kemudian atasnya di oles adonan aci baru...dan di goreng lagi hingga kering dan renyah. Tapi karena kerenyahan aci di tahu plethok ini..membuat tahu plethok ini justru di sukai pelanggan..sehingga sekarang ..bukan memanfaatan sisa tahu aci lagi..tapi memang sengaja di buat baru. Caranya kalau di Tegal..tahu aci di goreng setengah matang..kemudian langsung di belah dua..di olesi adonan aci lagi..lalu di goreng lagi hingga kering. Tapi kalau aku..ya langsung saja..tahu di belah memanjang dan di oles adonan aci, lalu di goreng hingga kering, jadi nggak dua kali kerja..hihi. Hemm..memang enak banget sich tahu plethok ini..aku juga suka..ketika masih panas..adonan acinya jadi garing dan renyah..enak di makan sambil nyeplus cabe rawit atau di cocol pakai sambal kecap. Yodha yang nggak suka tahu aci..tapi kalau di buat tahu plethok ini jadi suka..hihi..karena memang jadi lebih garing adonan acinya.

Tahu Plethok..kayak gini nich  teman2 penampakannya..^^


Ini dia hasil tahu aci dan tahu plethok ku memakai tepung ACIKU ini. Tapi karena keluargaku suka buat di cemil aja..tahu aci dan tahu plethoknya..jadi aku tambahin tepung terigu dikit agar tidak terlalu gurih. Untuk tahu acinya..sisa kerukan tahunya juga aku campurin sekalian..jadi tekture  tahu aciku bisa agak2 kasar bergelombang gitu..hihi. Aku suka tekturenya nggak rata gitu..jadi unik aja..nggak rata.

Oke..aku sertakan aja cara membuat Tahu Aci Tegal memakai tepung ACIKU ini versi aku ya teman2..hasilnya..enak..gurihnya pas buat dijadiin cemilan...pas udah dingin juga masih empuk..nggak alot..karena aku tambahin sedikit terigu. Kalau aslinya tepung ACIKU ini..cara pembuatannya tinggal di adonin pakai air aja..nggak perlu di tambah2 bahan lain. Jadi..ini yang versi aku ya..^^

Cara Membuat Tahu Aci Khas Tegal


Bahan :
1 bungkus tepung ACIKU
10 buah tahu ukuran sedang yang padat, bisa tahu Cina..atau tahu Surabaya jika tidak ada tahu Tegal asli, atau tahu putih biasa, tapi di goreng dulu setengah matanga gar lebih kokoh tekturenya. Tahu di bagi dua jadi bentuk segitiga, lubangin tengahnya..sisihkan sisa tahu hasil kerukannya.
2 sendok makan tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh gula pasir ( optional ya..kalau aku suka aku tambah untuk menyeimbangkan rasa gurihnya..)
Air panas kurang lebih 100 ml ( Aku kurang dari 100 ml, karena sisa kerukan tahu aku campur sekalian di adonan, tahu kan cukup kadar airnya..jadi jumlah air yang ku pakai kurang dari 100 ml untuk adonan tahu aci ini..)


Cara membuat :
Campur tepung aci ACIKU, tepung terigu, sisa tahu hasil kerukan tahunya, lalu tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa di bentuk. Jangan terlalu encer ya..nanti bisa lari2 adonannya kalau keenceran..hihi. Liat foto di atas ya...supaya lebih jelas...tekture adonan mentahnya.
Ambil satu buah tahu, isi dengan adonan aci, lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga terendam dan goreng hingga matang dan garing luarnya. Sajikan dengan cabe rawit atau sambal kecap. Tahu aci siap di nikmati hangat2.

NOTE : Maaf teman2..info tambahan / ralat...kalau aslinya di Tegal..tahunya nggak di lubangi..tapi adonan acinya cukup di oleskan di atas tahunya. 
Kalau aku biasa aku lubangi karena suka acinya banyak..hihi..dan biar nggak lepas2. tapi kalau di lubangi kayak punyaku..gorengnya musti di minyak banyak dan terendam ya teman2..supaya matang sampai dalam2nya. 

Cara Membuat Tahu Plethok Khas Tegal


Bahan :
1 bungkus tepung aci ACIKU
2 sendok makan tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh gula pasir ( optional )
100 ml air panas

Cara membuat :
Campur tepung ACIKU dengan tepung terigu, gula pasir, tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa di bentuk Karena nggak pakai tahu adonannya..jumlah air untuk tahu plethok ini..sekitar 100 ml..lebih sedikit malah. Tekture adonan sama kayak adonan tahu aci.
Ambil tahu, bagi jadi dua bagian bentuk segitiga, belah lagi bentuk segitiga memanjang. Lalu olesi bagian atasnya dengan adonan tahu plethok..agak tebal. Olesi nggak beraturan aja..agar hasil tahu plethoknya tekturenya unik dan bergelombang...kalau aku sich..hihi..lebih suka bentuknya nggak beraturan gini.
Goreng tahu plethok di minyak yang sudah di panaskan hingga kering. Sajikan dengan cabe rawit atau sambal kecap. Yummy..! ^^

Oke..buat teman2 yag kemaren cari2 dan pengen nyicip aci asli dari Tegal..sekarang sudah ada lho tepung aci sipa pakai merk ACIKU ini. Semoga bermanfaat ya teman2 infonya. Sekarang..bisa kok menikmati tahu aci asli Tegal..tanpa harus ke sana..caranya..ya pakai tepung ACIKU ini..terus buat sendiri tahu aci di rumah..mudah kok. Jika tidak ada tahu Tegal..pakai tahu biasa yang padat..misal tahu cina..Tahu Surabaya..dll. Aku tadi ke toko daging langganan..eh tahu Tegalnya juga sedang kosong..akhirnya..aku ganti aja..pakai tahu khas Bandungan..daerah Semarang sini..yang tahunya juga padat..tetep enak lho. Jika terpaksa pakai tahu pasar biasa yang kurang kokoh tekturenya..bisa di goreng dulu setengah matang tahunya ya teman2. Oke dech..buat yag mau coba tepung aci asli Tegal ini..bisa di pesan via online kok dan di kirim ke seluruh Indonesia. Apalagi bentar lagi mau puasa nich ya teman2..enak di buat stock tepung aci kering nich..soalnya buatnya praktis banget. Jika berminat hubungi temanku ya..mba Dewi namanya..ini no nya ya jika mau pesan tepung ACIKU, sms atau hubungi saja beliau..: 087751812848 atau pin BB nya : 73ebee96 atau fb nya juga ada klik di SINI
Atau mungkin  ada yang mau jadi reseller..murah lho tepung aci ini..dan unik kan..belum banyak yang jual teman2..jadi..bisa jadi peluang bisnis nich..hihi. Oh ya..kata mba Dewi..tepung ACIKU ini juga enak di buat cireng teman2..wah..aku masih ada nich tepung ACIKU nya..besok tak cobanya. Hari ini..sudah puas makan tahu aci dan plethok dulu..hihi.







39 comments :

  1. Replies
    1. Bisa Mak Dey..itu tggl sms temenku Mba Dewi..no nya udah ada ya di atas..beliau bisa kirim pesanan kok..ke seluruh Indonesia..pakai kurir..:)

      Delete
  2. Mba diah, aku pengen pesen juga caranya gimana ? Winny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba Winny..itu tggl sms temenku Mba Dewi..no nya udah ada ya di atas..beliau bisa kirim pesanan kok..ke seluruh Indonesia..pakai kurir..:)

      Delete
  3. baru mau aku tanya pesen tepungnya dimana mbak, udah ada kontaknya :) pengen jadinya

    ReplyDelete
  4. Maksih infonya mba, keluargaku suka bgt sama tahu tegal, bisa pesen nih.. Atau langsung disamperin aja mba Dewinya ya, kan deket dr crb hihihihi..
    Makasih jg resepnya mba..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..sms aja itu mba No nya Mba Dewi..punya rumah makan juga lho keluarganya di Tegal katanya..:)

      Delete
    2. Bisa juga mba Sri..
      Nama rmh mkn kami adalah Rm. Mandiri Jaya aka Manja di jl raya dampyak kilometer 4. Ini jalur pantura mba. Bisa search di google maps juga.
      Kami siap melayani...
      Kami juga menyediakan Tahu Aci matang. Enak nya Tahu Aci panas fresh baru matang di cocol kecap rawit serta disandingkan dengan Teh Poci.… "Medang Poci"
      Monggo jika ada kesempatan mampir saja di tempat kami :)

      Delete
    3. Mksh infonya Mas..itu Mba Sri...besok mudik mampir Tegal ya..borong tahu aci yang byk..terus tak cegat di Simpang Lima Semarang...hihihi..* emang lewat apa ya..:D *

      Delete
  5. Tks infonya, mb Di. Td lgs kutindaklanjuti dg sms mb Dewi. Skrg tinggal nunggu kiriman dr mb Dewi, hihihi....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..gerak cepat ya Mba Ida..hihi..sipppp..:) Met coba ya..:)
      Kalau mau gurihnya sedang saja..di tambahin terigu kayak aku ya mba..sama tahu sisa kerukannya. Tapi jika suka gurih bgt ya sesuai cara buat di kemasan aja..cara bikinnya..sesuaikan selera aja ya..:)

      Delete
    2. Salam kenal mba Diah, aku Lina dr Bdg... Seneng bgt liat resep2nya mba di blog ini, bbrp udh aku praktek in mba... Enaaaakkk... Kbetulan aku lg hobi masak n blog nya mba salah 1 inspirasi untuk cari resep, makasih byk mbaaa :) oiya tq jd info tepung ACIKU nya, lsg aku sms untuk pesan ke mba Dewi :D

      Delete
    3. Hai Mba Lina..sama2...seneng bisa berbagi..:)
      Sippp mba...met coba ya...:)

      Delete
    4. Sip, mb Di, ntar kucampur dg terigu spt di resep mb Diah.
      Oya, mb, ajarin step by stepnya tahu pletok dong, maksudnya foto step by step ngiris tahunya. Blm kebayang nih. Tks before, mb.
      -ida-

      Delete
    5. Oh.tahu ku dah habis Mba Ida..hihi..besok kalau pas punya tahunya lagi ya tak fotoin. Jadi begini ya caranya..: Tahu kan bentuknya kotak..di potong serong dulu jadi dua bagian..jadi bentuk segitiga kan. nah..tahu bentuk segitiga ini di belah lagi jadi dua..jadi memanjang dech nanti bentuknya. Jika bisa sich ndak putus..tapi jika putus pun ndak pa2..nanti bisa di satukan dengan di tempelin aci atasnya mba..jadi tertutup gt...udah jelas belum mba..hihi

      Delete
    6. Jd lebar banget gt ya, mb, tahunya? 1 tahu Jadi 4 x lipat lebarnya ya? Hihihi....ntar nungguin mb Diah bikin lg ah. Gak buru2 koq, mb, kan tepungnya jg blm datang.
      -ida-

      Delete
    7. Nggak Mba..jadinya tetep segitiga tapi memanjang..ki tadi aku ada tahu tapi tahu goreng..tak fotoin ya...mg jelas..:)

      Delete
  6. Pengen bgttt mbk...kyknya kog rasanya lebih enak drpd yg biasa aku beli. Mbk dd minta resep cake tiwul dong... soalnya dulu tetanggaku jual enak ada gula jawanya gt trs makannya ditutul sm klp. Oya mbk kalau cake tiwul itu dr tpg apa ya terigu biasa atw tepung gaplek??? Please mbk ditunggu sgr ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..coba aja pesan..kalau suka di mba Dewi itu..:)
      Kalau aku suka pakai tepung gaplek teru sdi campur sdkt terigu mba..kalau bikin bolu tiwul...aku suka kasih kelapa parut juga kdg...jadi kayak putu ayu tiwul..hihi...bsk ya..tak bikin abis weekend..:)

      Delete
  7. Mba Diah, kalau pake tahu pong (tahu gembos ) enak nggak ya ? Thank info tepung nya, mau pesen jg ahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak aja Mba Irma ku pikir..hihi..malah acinya bisa byk tho isinya..cuma pilih tahu pong yang enak ya..jgn yang asem..:)

      Delete
  8. :) wah baru sempet kasi komen.

    Makasi sebelumnya buat mba Diah Didi yg udah ulas aciku ini.

    Untuk teman2 yg mau coba, atau mo nanya2 dulu juga boleh. Reseller dan dropshiper juga monggoh :)

    Kalo utk pengiriman, nanti pasti sy bantu cari ongkir yg paling bersahabat, dg cek bbrp ekspedisi, dan pengiriman dilakukan dr stockist terdekat (bandung, tegal, ponorogo). Ga pelu kuatir stok nya lama, krn barang nya fast moving sekali.

    Terima kasih.

    Semoga yg udah nyobain jadi suka ya...

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Dewi..semoga semakin sukses ya usaha tepung aci nya..:)
      Eh jadi ingat mau buat cirengnya pakai tepug aciku hari ini..hemm..atau di buat cimol aja ya Mba..cireng kan udah sering aku posting..hihi..sapa tau bisa juga di buat cimol..coba ahh..nanti..:)

      Delete
  9. Mba, beli tepung ACIKU ini di mana ya? Duuuh padahal kemarin mamaku abis dari Tegal, tapi aku gak tau kalo ada ini. -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Tegal di sini Mak..: Rm. Mandiri Jaya aka Manja di jl raya dampyak kilometer 4. Ini jalur pantura . Tapi kalau mau beli online itu lewat Mba Dewi..ada kontaknya di komen atas..:)

      Delete
    2. Oke udah hubungi Mbak Dewinya barusan. Untuuung ada temen suami yang mau mudik minggu depan, jd bisa nitip deh. hihihi

      Makasih ya mbak :)

      Delete
  10. aku udah beli tepung ini mbak didi, via mbak dewi.. ngilerr saya lihat tahu aci tuh.. kayaknyan kok enak...
    pesananku udah sampai dan siap buat diberdayakan, hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..met coba..jika ndak suka gurih banget..di campurin tapioka lagi atau terigu ya mba..atau campur tahu halus di adonannya juga enak..:)

      Delete
  11. Salam kenal mba diah. Misal pesen tepung aci ini sekalian tepung kentang bisakah mba ? Biar ongkirnya sekalian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..email aja di bundadidi@gmail.com ya..:)

      Delete
  12. Ok mba diah. Makasih
    Yustina

    ReplyDelete
  13. ordernya dari kemarinan siih, baru coba aku bikin kemarin, waah anak-anak suka, enaaaak..walaupun pas bikin ketinggalan terigunya haha....thank u ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Tri..byk variasi olahan lainnya lho..di search aja ya..yang berbahan aciku ini..:)

      Delete
  14. Males bikin tahu pletok di rumah ? Cukup datang saja ke resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung . Dikasih gratis tahu pletok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak nih tahu pletoknya. Saya sudah coba kemarin. Enaknya itu ya dikasih gratis hehe.
      Kawan-kawan disini wajib banget datang ke Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung

      Delete
  15. Mba diah... minta CP nya mba dewi donk.. aku pgn order tepung aciku.. aku cari2 cp nya diatas tp ko ga ada ya hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bantu reply yah mba Diah :)

      CP nya mak Dewi:
      Wa: 087751812848
      Line Official: @acine
      IG: @mamibatik
      FP Fb: www.facebook.com/mamibatik123

      Oya, nama Aciku sekarang berubah jadi Acine® :)

      Delete