Monday, June 16, 2014

Legitnya Madu Mongso


Madu mongso...jajanan jadul yang enak dan legit.....buat yang suka sich..hihi. Kalau aku suka banget. Dulu jaman kecil..ada salah satu tetangga yang kalau lebaran pasti suguhannya madu mongso ini...beliau biasa buat sendiri madu mongsonya. Karena anak kecil dulu seneng kan kalau lebaran keliling rumah tetangga dapat makanan baru2 yang belum pernah di makan..nah..kalau ke rumah tetangga yang bisa buat madu mongso itu..pasti kue lebaran inceranku ya madu mongso ini. Ternyata teman2 lain juga sama..jadilah  pada berebut dech madu mongso kalau berkunjung ke rumah tetanggaku itu. Hemmm..kenangan masa kecil yang indah..sekarang sich udah nggak usum atau nggak musim lagi kunjung mengunjung pas Lebaran..yang ada cuma acara salam salaman di masjid doang..udah..habis itu ya cuma pada ke saudara2 dekat aja. Kalau jaman aku kecil sampai remaja dulu ya keliling ramai2 dengan teman2 kalau Lebaran..ke rumah tetangga2..sampai antar rt..rw..bahkan lain kampung pun..saling kenal..hihi.

Lha memang sudah tradisi dari kecil saling kunjung mengunjung itu. Itu nggak hanya sehari dua hari pas lebaran lho teman2..kadang sampai semingguan gitu masih rame dech suasana saling kunjung mengunjung pas Lebaran ini. Dan di setiap rumah pasti di sediakan aneka makanan istimewa dan unik2..jadi pasti ya pada suka anak2. Tapi sekarang nggak ada lagi dech suasana gitu. Kalau pulang Lebaran..hari kedua aja udah terasa sepi di lingkungan rumah..karena malah pada pergi piknik atau ke rumah saudara2 yang jauh..hihi. Sekarang makanya ibuku kalau tak buatin kue lebaran..mesti bilang..ndak usah banyak2..sudah tidak ada lagi tradisi *ujung* katanya..yaitu tradisi saling berkunjung ke rumah tetangga. Sayang sekali ya teman2..tradisi silaturahmi dan saling memaafkan yang bagus itu hilang tergerus jaman..tergantikan oleh sms..bbm an dll..kalau lebaran..hihi.

Kembali ke madu mongso ya....jajanan jadul ini rasanya unik dan khas sekali..manis sedikit asam. Aku suka sekali..dari kenangan masa kecil itu lah madu mongso ini jadi salah satu jajanan favoritku sampai sekarang. Dulu sering beli dan coba macam2, tapi kalau buat sendiri baru dua kali. Pertama dulu bikin sedikit..jadi kurang maksimal jadinya masih agak lengket2. Nah..kemaren buat agak banyak..jadi bagus dech hasilnya..nggak lengket2 lagi karena aku masak sampai tanak dan kering. Buat yang belum pernah makan mungkin madu mongso ini sedikit aneh rasanya..hihi..agak2 asam dan aromanya unik..tapi ya memang begitulah rasanya..karena madu mongso ini di buat dari tape ketan hitam. Tape ketan hitam sendiri memang kalau di makan begitu saja kurang enak..karena rasanya asam dan sedikit ada rasa getir2nya gitu..dan juga keras ada bagian ketan2 nya yang nggak bisa masak kayak tape ketan hijau. tapi justru itulah uniknya..akan jadi enak jika di buat jadi jajanan madu mongso ini.


Cara membuat madu mongso ini mudah saja teman2..cuma harus telaten memasaknya hingga benar2 kalis dan kering ya..selamat mencoba teman2..jika suka. tape ketan hitam ini bisa di buat sendiri atau di beli udah jadi. Kalau aku sich belinya pas mau pulang ke Semarang kemaren dari Yogya..di toko oleh2 di sekitar Secang..banyak yang jual tape ketan yang enak khas Muntilan..ada tape ketan hijau dan tape ketan hitam ini. Pas aku beli tape ketan hitam..mba penjualnya komen.."Kok beli yang hitam Bu..nggak enak lho..lebih enak yang tape ketan hijau"..hihi.."Jujur amat sich mba"..kataku. tapi dengan santai tetep ambil beberapa toples tape ketan hitam dan aku bilang ke mba nya.."Memang yang hitam aja..soale mau ku buat madu mongso Mba"..kataku. Mba nya langsung manggut2.."Oh iya..kalau di buat madu mongso memang enak ini Bu"..katanya sambil tersenyum. Jadi kayak gini nich tape ketan hitam teman2..nggak bisa seempuk dan sehalus tape ketan hijau tekturenya..karena da bagian2 ketannya yang masih mengeras..walaupun udah terkena ragi.


Nah..tape ketan hitam ini ya paling enak di buat madu mongso ini menurutku..rasanya jadi legit dan unik, karena di tambah santan..gula dan di masak hingga mengering. Oke mau coba teman2..jika punya tape ketan hitam..catet resepnya ya..kali ini aku buat pakai gula merah madu mongsonya..jika kurang suka..boleh di ganti gula pasir sesuai selera ya teman2..^^

Madu Mongso

Bahan :
500 gram tape ketan hitam.
200 ml santan kental
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera manisnya )
Jika suka manis, boleh juga di tambah beberapa sendok makan gula pasir ( sesuai selera )

Cara membuat :
Masak santan, pandan dan gula hingga gula mencair, saring. Masak kembali, masukkan garam dan tape ketan hitam. Masak terus dengan api kecil hingga santan terserap, sambil sesekali di aduk. Koreksi rasa..udah pas sesuai selera belum manisnya. Jika masih kurang manis..boleh ditambahkan saja beberapa sendok gula pasir. Nah..setelah santan terserap di ketan barulah harus di aduk2 terus hingga jadi adonan yang kering dan kesat.
Kemas sesuai selera, bisa dengan plastik atau kertas roti warna warni atau pakai klobot jagung. Sajikan.
Tips : Jika membuat madu mongso..pakailah panci atau wajan anti lengket yang agak tebal ya teman2..jika belum terbiasa..agar tidak mudah gosong dan lengket2. Selain itu gunakan api kecil ya agak benar2 kesat dan kering hasilnya. Tapi memang haru sabar ya membuatnya..agak lama dikit..^^




23 comments :

  1. Wuihh ini kan jajan pas dlu msh ada mbah yut ku dlu...setiap lebaran dlu mbah yut ku selalu buat....mbah diah selalu g kehabisan ide deh bt jajanan jadul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama Mba Ifa..jaman aku kecil juga aku udah suka ini..madu mongso..enak manis2 asam..gt ya..:) Sayangnya tape ketan hitam ini agak langka ya Mba..mknya kalau pas nemu aja baru bs buat..:)

      Delete
  2. Kalau ibuku selalu membuat sendiri tape ketan hitamnya mbak,setiap lebaran dari aku kecil selalu buat madu mongso karena aku suka banget sampai sekarang anakku udah dua hehe..

    Ibuku beli ketan hitamnya yang udah "disosoh" jadi hasil akhirnya madu mongsonya nggak ada yang "nglethis"/keras..hasilnya manis,legit,enak deh..

    Bagiku gak ada duanya madu mongso buatan ibuku ini, apalagi yang beli di pasaran belum nemuin yang manisnya pas..

    Salam kenal mb, aku silent reader dari Ngawi baru ini koment karna madu mongso ini hihi..

    *Erni*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Erni..slm kenal juga ya..wah..mksh udah ninggalin jejak ya..hihi..gara2 madu mongso favorit ini. Iya Mba..buatku jajanan ini juga penuh kenangan masa kecil..jadi senang sekali ketika sekarang kita bisa membuat sendiri di rumah. Sayangnya aku belum pernah coba bikin sendiri tape ketannya Mba..wah kapan2 musti aku coba nich..biar semakin mantep madu mangsonya ya..kalau tape nya juga buatan sendiri.

      Delete
  3. dalam bentuk ketannya aku suka mbak, tapi kalau mau wongso paling cuma 1 aku bisa makan saking manisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli memang manis banget Mak Lidya..tapi kalau bikin sendiri bisa di atur lho..tingkat kemanisannnya..sesuai selera..:)

      Delete
  4. Wah mbak diah ini ngga pernah kehabisan ide menulis ya selalu ada saja resep2 baru setiap harinya :-) kl boleh usul mbak kita diberikan juga resep2 modifikasi Barat dengan Indonesia mbak kayak spaghetti bumbu balado misalnya hehe soalnya kadang kita pengen makan menu2 Barat tapi tetep aja lidahnya Indonesia. Makan steak aja tetep pake nasi hehe maturnuwun mbak - andry-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andry..iya..apa aja yang di buat pokoknya langsung di tulis..hihi..mksh ya idenya..iya..kapan2 di coba ya buat variasi..bukan masakan Jawa terus ya..hihi

      Delete
  5. Aku kalo makan madu mongso ini ya kalo pulkam.ke t4 suami.di tuban mba...awalnya tak kirain madu, ternyata sejenis dodol. Mbah uyut' suka bikin sendiri kue-kue lebaran, kan madu mongso ini bikinnya pas lebaran aja..pokoke mbah uyut' sama ibu mertua paling oke deh kalo bikin jajanan...
    Sayang mbah uyut udah tiada...hiks...:( jadi kangen sama 'uyut nih

    Ntar deh kalo mudik, giliran aku yg coba bikin... modif resep uyut sama resep dari mbaD....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..dodol tape katan Mba Sri..memang madu mongso ini biasa di buat Eyang2 jaman dulu ya..da hasilnya itu enak banget..kalau aku suka makan di tetanggaku itu kalau lebaran..hihi.

      Ayukk mba..coba buat sdr sekali2...biar bisa lestari resepnya..:)

      Delete
  6. Setiap lebaran selalu dan selalu ditempat mbah ku (tetangga yang sudah seperti mbah sendiri) selalu bikin ini lho mba, aku sukaaa bangetttt, tapi g tau nih lebaran tahun ini soalnya mbah ku sudah sakit2an,,, (duuh jadi kangen)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..beneran berarti ..memang si madu mongso ini banyak membawa kenangan pas Lebaran buat kita2 ..emak2 ya Mba dan juga teman2 lain di atas..ternyata..hihi. Dan memang yang telaten buat biasanya Mbah2 jaman dulu..eh tapi aku termasuk *mbah2* jaman sekarang ini..juga bisa lho buat ini Mba..hihihi..jadi ayukk coba buat sdr..kalau kangen makan madu mongso Mba..:)

      Delete
  7. jajanan favorit. Waktu kecil dulu d tempatku kalo ada yang punya hajat pasti ada jajanan ini.d bungkus kertas krep warna warni. kalo ikut ibu menghadiri undangan pasti akan d beri sama tuan rumah sebab cuman itu yg menarik buat anak kecil.. lama2 kita temui saat lebaran aja. dan akhirnya pelan2 mulai jarang hiks.. hiks... tapi biasanya d swalayan bisa kita temukan jajanan ini.. jadi ga gratis lagi deh...hihihi...
    ..choiriyah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Choiriyah..memang penuh kenangan masa kecil ya madu mongso ini..menarik buat anak2 karena memang di bungkus warna warni..:)..Iya di toko oleh2 msh ada kok mba yang jual..cuma kadang2 rada terlalu manis ya..mknya enak buat sendiri lho..:)

      Delete
  8. Budhe ku di Ngawi jg selalu bikin mba madu mongso ini..buat dijual..tp cm pas lebaran aja bikinnya. Madu mongsonya enak banget mba, gurih, legit, manisnya pas jg ga nglethis ketannya.. Makanya kalo pas mudik ke Ngawi aq pasti request sekardus jajanan ini buat oleh2 tetangga di Tangerang, teman kantorku jg kantornya suami. Bisa sampe 30 pack aq pesannya mba hehee.. Pesannya jg harus jauh2 hari lho mba sebelum mudik soalnya kalo mepet2 pasti ga kebagian hehee..laris manis deh pokoknya...ga ketinggalan jg tempe kripik khas Ngawi buat oleh2nya jg...hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Harsini..homamade madu mongso is the best..kalau rasanya bisa sesuai selera..kalau aku suka yang agak nglethis2 sedikit memang ..hihi..aneh yo Mba..:)..soale dapet tape ketanya mesti nglethis gt Mba..jadi udah biasa..hihi

      Delete
  9. Mbak kalo ketannya di ganti ketan putih bs ga?

    ReplyDelete
  10. cara agar madu mongsonya enggak nglethis gmna ya mbk?

    ReplyDelete
  11. ijin copy link ya mbak, buat bikin trit.
    dulu tiap mau lebaran, ane sekeluarga dikerahkan ortu buat bikin ni jajanan

    ReplyDelete
  12. Ini kesukaan keluarga ku, yg bisa bikin cuma alm. embah ku...rasanya beda banget sama yg d jual mba, manis legit....kebetulan embahku juga bikin sendiri tapenya jd ndak ada yg ngeletis mba.
    Mba izin catet ya...mau coba bikin tapi tadi liat2 di mbah google katanya ada madu mongso durian, jd aku mau coba dicampur durian xixixi krn aku pecinta durian...
    Terimakasih mba.

    ReplyDelete
  13. Sampe sekarang, tiap lebaran pasti deh niteni madumongso di rumah salah satu pakpuh. Madumongsonya bupuh wendeesss bangeettt...
    Kudu ngebungkus bawa pulang dah pokoke. Bupuh sampe hapal, nda pake acara minta bungkus, ud di bungkusin duluan. Ihihi..
    Ntr mau coba bikin sndri ah.
    Trimakasih ya mba Didi :)

    ReplyDelete
  14. Sampe sekarang, tiap lebaran pasti deh niteni madumongso di rumah salah satu pakpuh. Madumongsonya bupuh wendeesss bangeettt...
    Kudu ngebungkus bawa pulang dah pokoke. Bupuh sampe hapal, nda pake acara minta bungkus, ud di bungkusin duluan. Ihihi..
    Ntr mau coba bikin sndri ah.
    Trimakasih ya mba Didi :)

    ReplyDelete
  15. Mb. Didi klo pake tape ketan ijo gmn?tapeny udh byk airny jg sich.bs ngga yo?

    ReplyDelete