Thursday, June 12, 2014

Cara Membuat Adonan Tiwul Dari Tepung Gaplek


Masih..edisi *per gaplek an* ya teman2..masaknya..hihi. Ini memenuhi request mba Ifa juga yang pengen tau cara buat tiwul..aku posting sekalian ya..mumpung kemaren aku juga buat. Enak banget dech tiwul buatan sendiri ini..karena bisa sesuai selera manis dan tingkat kematangannya. Di makan pagi2 sambil nge teh atau ngopi..kok ya enak banget ngalahin sandwich..hihihi..*lebay lagi..lol..! *

Nah..tiwul ini juga terbuat dari tepung gaplek. Kalau mau praktis..sekarang sich sudah banyak ya tepung gaplek instan yang tinggal kukus ya teman2. Tapi aku pernah coba kok kurang suka ya..hihi. Aku lebih suka tiwul asli yang fresh dari tepung tiwul..bukan instan yang sudah di kukus terus di keringkan kayak yang banyak di jual2 gitu..karena aku suka aroma alami gaplek..hihi. Jadi..ada beberapa cara membuat tiwul ya teman2..ada yang rasanya plain, tanpa rasa, itu biasa di sebut sego tiwul..atau nasi tiwul..yang di makan bersama lauk pauk. Ada juga yang di buat manis..adonannya di campur gula sekalian, bisa gula jawa atau gula pasir yang di aduk rata dengan tepung gaplek, lalu di kukus. Tapi tiwul yang di aduk rata dengan gula gini kadang2 menghasilkan tiwul yang terlalu kenyal rasanya..karena adonan homogen banget alias nyatu banget..hihi. Nah..ada lagi satu cara buat tiwul yang aku paling suka..yaitu tiwul yang mawur dan manisnya sedikit saja..lamat2 gitu kalau pakai gula pasir..atau jika pakai gula Jawa..nggak di aduk rata..tapi cukup di taburkan saja..jadi..ada bagian yang manis..ada juga yang tidak. 

Dari jaman kecil..ibuku kalau bikin tiwul ya versi yang ketiga..dan jika beli tiwul di pasar2 atau di tukang jajan sekitar tempat tinggal ku yang begitu tiwulnya. Mungkin karena dulu tujuannya irit juga kali ya..biar nggak pakai gula banyak2..tapi hasilnya ya malah enak sich..hihi. Jadi..ada bagian yang plain, gurih aja rasa alami tiwul..dan ada juga yang sedikit manis karena adanya gula jawa yang di tabur acak tadi. Jadi anggap aja lidah kita beruntung jika kita pas ngunyah dapat tiwul yang terasa manis karena menggigit lelehan gula jawanya..hihi. Dengan cara seperti ini..rasa alami gaplek atau tiwulnya ini masih terasa asli..aromanya juga. Pokoke ini tiwul versi ndeso begini dech..hihi. Nah tiwul seperti ini di kukus juga nggak terlalu sampai empuk banget atau kenyal2..tapi masih agak masir atau berbutir2 gitu. Jadi rasa alami gapleknya itu masih terasa enak sekali...walau agak seret2 dikit ketika di makan..hihi..tapi ya memang begitulah tekturenya yang aku suka. Tapi jika tidak suka versi tiwul seperti ini..bisa juga tiwul di aduk rata sama gula dan di kukus hingga benar2 empuk hingga jadi ketika matang adoannya jadi kayak lengket dan kenyal gitu. Tapi kalau aku malah kurang suka tiwul model menyatu adonannya gini..hihi.

Begini nich penampakan adonan tiwul sebelum di kukus teman2..jadi bukan bentuk adonan yang kalis ya..tetapi adonan yang bergerindil2 dan lembab aja.


Oh ya..tiwul ini juga bisa ita buat menarik lho penyajiannya teman2..misal kayak aku kemaren aku iseng cetak kecil2 gitu bentuk kerucut dan udah ku kasih kelapa parut sekalian...kemudian di bungkus palstik bening. Jadi lebih menarik kan penyajiannya. Jadi nggak usah malu jika menyajikan tiwul di acara2 di rumah teman2..misal buat arisan dll..bisa kita kemas lebih menarik dan praktis cara memakannya kok..seperti ini. Menarik kan ?...


Nah..ini bentuk tiwul buatanku setelah di kukus teman2..mirip kan..sama tiwul yang di jual mbah2 di pasar deket rumahku..yang pernah aku beli dulu dan ku foto dulu..hihi. Bedanya punyaku pakai gula merah..punya mbahnya manisnya pakai gula pasir. Oke..selamat menikmati tiwul ya teman2..jika suka..^^



Oke..buat mba Ifa yang nanyain bikin adonan tiwul ini ya..juga buat teman2 lain ya suka tiwul..hihi...ini dia resepnya.
Tiwul

Bahan :
150 tepung gaplek
Air kurang lebih 150 ml
Garam 1/4 sendok teh
Gula merah secukupnya, sisir untuk taburan ( atau bisa pakai gula pasir )
Kelapa parut kukus  yang sudah di beri sedikit garam secukupya untuk penyajian.

Cara membuat :
Ambil tampah atau wadah lain yang besar. Tuang tepung gaplek, tambahkan garam, aduk hingga rata. Perciki tepung gaplek sedikit demi sedikit hingga jadi adonan yang bergerindil atau berbutir2 kasar. Jangan langsung di tuang ya airnya..nanti adonan akan terlalu rata dan homogen..jadi hasil tiwul kurang cantik dan terlalu kenyal rasanya. Jika sudah jadi adonannya..panaskan kukusan, alasi dengan daun pisang , tuang tiwul, taburi gula merah di beberapa bagian, lalu kukus tiwul hingga tingkat kematangan sesuai selera. Boleh sesekali di buka kukusannya dan di aduk agar matang sempurna tiwulnya...dan di cicipi sampai mau matang empuk atau cukup matang seperti hasil tiwul yag ku buat ini . Kalau kayak punyaku ini aku kukus sekitar 20 menit aja. Sajikan dengan kelapa parut kukus..untuk tiwul manis..atau bisa juga di makan dengan lauk pauk jika tiwulnya tawar.

42 comments :

  1. enak"e tiwulnya...., mb.Diah memang ada yang jual tepung tiwulnya ya..pingin buat sendiri hehehe...mbok ya dikirim ke aku mba...kangen jajanan ndeso..xixi..

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba..aku impor dari Yogya..hihi. Email aja aku mba di bundadidi@gmail.com

      Delete
  2. Wahh makasih mbak diah.jd pengen buat nih....enak tu buat teman ngeteh pagi ato sore hari...tp koq ya aq tok ya yg seneng....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo sama Mba Ifa..di rumah ya cuma aku yang doyan..hihi.

      Delete
  3. plg sadapp nasi tiwul lauknya bothok petai cina ama teri yg pdes.bisa nambah2 mkannya."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...perlu di coba itu mba..nanti tak buat hihi..mksh infonya ya..:)

      Delete
  4. Kalo ibu ku, abis di uleni sama air, dikeringin mbak, dijemur sampai kering bgt. Di simpen buat stock. Terus kalo mau ambil dikit tapi disiram air panas dulu sampai tiris. Terus dicampur nasi di bikin nasi tiwul goreng yg puedees pake tempe goreng. Maknyuuus. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mksh infonay Mba..aku belum pernah makan nasi goreng tiwul..kpn2 tak coba..berarti di kukus dulu atau nggak Mba ?.atau langsung di campur nasi habis di siram air panas ?

      Delete
    2. Kalo ibu ku sih senengnya yg masih agak keras mbak. Tapi kalo dikukus juga gpp kok mbak di. Selamat mencoba yaa...

      Delete
    3. Sippp Mba..mksh infonya..:)

      Delete
  5. jadi kangen tiwul dan gatot nih, kalo makan ini bisa lupa jajanan modern..hahahaha..
    ibuku kalo buat tiwul ya gini ini, mawur dan gula merahnya gak rata..
    thanks diingetkan jajanan ini mbak diah
    luv u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..toss dulu Mba Luvi..ibu kita kompakan..hihi..cara buat tiwulnya. Aku juga suka yang gini Mba..jadi rasanya bervariasi..kadang ada yang gurih ada..kadang pas untung gigit yang manis..hihi..seru. Tapi nek jaman kecil dulu ya pada suka pada berebut,...milih2 yang ada gulanya ..sama saudara2..hahaha..kan anak2 suka manis ya..:D

      Delete
  6. Mba dee bikin ngiler mulu nich.mba sego tiwul campur putih tambah jangan lombok,ikan cue goreng plus lalap daun pepaya......hoa enak....e .mertua lewat bisa ngga tau nie....lupa utang.....lupa segalanya ...haha hiperbola bnget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..wis tenang..stock tepung tiwulku masih banyak Mba Nur..nanti aku buatin ya..tak kirm sepeket dech sego tiwul dan ubo rampenya..via email..hihi. Itu tiwulnya di campurin ke nasi putih gt kah Mba ?

      Delete
    2. Iya mba dee.......sekalian nanya mba dee....klo oseng kangkung kaya yang di warung seafood gitu resepnya ap yo mba kok bisa ijo trus kres2. Sama kuahnya bisa kentel gitu....5 f ya mba dee....mak satu ini banyak maunya.....

      Delete
    3. Hihi..iya Mba..no problem..itu di kentalkan pake larutan Maizena mba..kangkungnya.Kalau mau kres2 itu tinggal masaknya cepet di api besar gt.. Dan biasanya..di beri saus tiram Mba..aku pernah posting resepnya di sini.http://www.diahdidi.com/2013/07/menu-sahur-praktis-ca-kangkung-udang.html

      Delete
  7. Waaa..jd inget pas makan2 dirumah temen di gunung kidul.. disuguhin nasi tiwul... aromanya enak bgt... mau donk mbak tepung2annya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Diana..rasa ndeso yang khas ya..:) Mau pesan boleh mba..berapa kilo..hihi..email aja aku ya di bundadidi@gmail.com..:)

      Delete
  8. mb diah,tau tempe teol/benguk gak?
    Inshaa Allah,ntar kalo di warung ada kripik teol'nya tak ungsi ke smg.ni msh di sukoharjo.syange aku gak bsa ke pasar,pngen beli mie pentil ama mie tiwul,khas wonogiri.buat jeprat jepret di blog mb DD,hehhe.kalo ada y,gak jnji.soale pnya bayi kecil."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Elmi...mauuu..jika ada dan pas ke Smrg..bawain aja aku yang aneh2 mba..hihi..buat di pamerin di sini..dan melestarikan makanan tradisional ya udah langka..jadi udah pindah nich ceritanya ya Mba..:)

      Delete
  9. tepungnya bikin sendiri atau beli mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli di toko apa & daerah mana ya mbak ?
      pengen banget bisa punya tepungnya mbak...

      Delete
    2. Di Yogya Mba..di pasar2 tradisional banyak..:)

      Delete
    3. Sayange punyaku dah habis Mba..tggl dikit..kmrn udah ku kirim ke teman2 lain..Mba Dwee telat dtg..hihi

      Delete
    4. belinya di pasar tradisional ya mbak ? waaah.... temen gak bakalan mau dititipi niiih...
      kalo pas mudik boleh nitip dong mbak, hehehee....
      maaf seperti biasa ngrepoti...

      Delete
    5. Iya Mba..ntar Lebaran kalau mudik tak beliin ya...:)

      Delete
  10. baik mbak, makasih sebelumnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK mba..ingatkan aku ya..kalau habis lbrn jk lupa ngabari..:)

      Delete
  11. mbak diah mau dunk tepung tiwulnya....klo ada sekalian gatotnya hehe...kangen jajanan pasar.mbak diah asli jogja y?aq dr jogja mbak,tp lg di batam.oya nuwun resep yg ngolah opor kekentalan kmrn,aq suwir2 ditumis langsung habis hehe...#erna#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba erna..daku dr Yogya...sipp mba..jadi nggak kebuang ya opornya..:)
      Email aja di bundadidi@gmail.com..atau tinggalin no hape di sini mba..ntar aku hapus jk udah ku catet jk males email..:)

      Delete
  12. Mbak,saya sdh bikin tiwulnya dari tepung gaplek impor dari mbak Diah he...he.... Ini lagi buat cemilan di kantor. Enak, kenyil2, tanpa rasa dan bau apek sama sekali. Fresh!. Sayangnya saya kurang lama ngaduknya, ber-bongkah2 bukan butiran2. Jadi ngukusnya lama banget, lebih dari 40'. Wkt saya aduk, masih banyak yg putih, trus saya aduk lagi, masih ada, dan akhirnya matang.
    Berikutnya saya akan tambah proses pengadukannya. O ya, ngaduknya pakai tangan (diuleni) atau cukup dg sendok? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Sisca..iya mba..lebih enak kalau dr tepung gaplek ini drpd tiwul instan yang di pasaran itu mba....hihi. Kasih airnya di awur2 kayak bikin awug2 itu lho mba..jadi nanti bisa berbutir2. Dan ngukusnya iya bener sesekali di aduk..:)

      Delete
  13. Pelit , moso tulisannya nggak bisa di copy, kalau harus nulis kan cape, tak perlu takut di copy orang ke blognya, kalau nggak bisa di copy ngapain nulis?

    ReplyDelete
  14. Hallo Yth *Anoymous yang terhormat ..mbok kalau komen itu yang sopan ya..kalau tanya baik2 pasti aku jawab...! Itu di bawah postingan ada tanda gambar print ya..di klik aja...nanti keluar tulisan resepnya..bisa di print langsung atau di save..!

    ReplyDelete
  15. Hi mbak diah, salam kenal
    aq dari madiun mbak pgn dibantuin cara ngolah tiwul instan..
    kmrn dpt kiriman dari desa tp ndak tau cara ngolahnya, sayang klo dianggurin hehehe..
    Matur nuwun sebelumnya..

    ReplyDelete
  16. tiwul gunungkidul...
    bikin kangen maskan khas daerah, :D

    ReplyDelete
  17. Ass. Mba Diah....sudah dapat ini resepnya....
    tepung gaplek dr mba Diah sdh smp dgn selamat di pangkuan sy...hehehe...tinggal eksekusi pas weekend besok...
    smp ngeces nich liat gambarnya... tks ya mba Diah... :) (Emi Bundanya Raya)

    ReplyDelete
  18. Kita harus bisa melesatrikan makanan tradisional =>http://tiwulinstanwonosari.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  19. Mantab artikelnya.. Jd pengen pulang k jawa.... Sarapan tiwul + kopi pahit...

    ReplyDelete