Monday, June 23, 2014

Nasi Tiwul Goreng


Pagi teman2..udah sarapan..?..Sarapan nasi goreng ?..Udah biasa ya..kalau nasi tiwul goreng udah pernah makan belum teman2 ?

Aku..baru coba ini juga sich yang namanya Nasi Tiwul Goreng. Kebetulan masih punya stock tepung gaplek..jadi penasaran untuk mengeksplorasi lebih banyak olahan gaplek ini..mencicipi berbagai olahan gaplek atau tiwul dari berbagai daerah...biar bisa lebih variasi gitu..dan juga memperkaya khasanah kuliner tradisional berbahan gaplek. Bangga gitu sama bahan pangan lokal..yang sekarang semakin naik aja kelasnya..hihi. Dulu..yang namanya tiwul..atau makanan dari gaplek kan di pandang sebelah mata..dan di anggap makanan kelas rendahan..berbeda dengan sekarang..malah di buru untuk di nikmati oleh warga perkotaan..bahkan pejabat dll..kalau ke daerah2..suguhannya ya malah nasi tiwul..dll. 

Nasi tiwul goreng ini adalah hidangan khas Kediri atau Trenggalek gitu ya..jadi kayak nasi goreng biasa..tapi terbuat dari tiwul..atau campuran dari nasi dan tiwul. Konon katanya..ini adalah kuliner favorit Presiden kita yang sekarang..Bapak SBY..nasi tiwul goreng ini. Jadilah aku penasaran pengen tau juga rasanya. Biar lebih aman..aku coba yang versi campuran tiwul dan nasi dulu..hihi..nanti kalau suka baru yang beneran tiwul goreng. Dan ternyata setelah aku coba  tadi..enak lho teman2..hihi. Beneran..nggak kalah enak sama nasi goreng biasa..rasanya unik..ndeso..dan ada sedikit tekture kenyil2 tiwulnya..itu yang bikin unik. Bumbu yang di pakai untuk nasi goreng tiwul ini..sama aja kayak bumbu nasi goreng biasa. Tapi dari hasil uji cobaku..aku pakai kecap dan tidak..lebih enak yang versi ndeso tanpa kecap..jadi cuma bumbu nasi goreng..dan garam aja. Biar citarasanya beneran ndeso juga aku buat nasi gorengnya *tante*..tanpa telur..hihi. Tapi jika suka..boleh kok di tambah telur teman2. Kalau di tambah kecap enak juga..tapi kurang ndeso rasanya..hihi. Jadi aku ebih suka yang original tanpa kecap..enak..jadi terasa pedes dan bumbu2nya.

Oke..mau coba teman2..jika punya tiwul di rumah..silahkan,.ini resepnya ya..untuk resep nasi tiwulnya silahkan di liat di SINI . Nasi tiwul ini aku campur dengan nasi putih biasa sedikit, dan siap dech di masak jadi nasi tiwul goreng..yummy..! ^^
Nasi Tiwul Goreng

Bahan :
1 piring campuran nasi putih dan nasi tiwul
Garam secukupnya
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
1/8 sendok teh gula pasir ( untuk penyeimbang rasa gurih..optional juga )

Bumbu halus :
2 cabai merah
3 cabai rawit
3 butir bawang merah
1 siung bawang putih

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan nasi dan bumbu2 lain. masak hingga bumbu meresap.
Sajikan dengan lalapan dan ikan teri goreng jika suka...atau telur goreng dll.



4 comments :

  1. Aku blm pernah coba nih nasi tiwul ini, kalo nasi jagung sama nasi karak udah pernah, itu jg makannya setahun sekali kalo mudik k t4 suami hihihihi. Kalo mudik nanti request deh ns tiwul, sambelnya sambel petis mba, tambah gereh, pasti eenaaakk bengeets...;]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..enak bingits...hihi..kita jadi ikut2 an abg yach bhs nya..
      Kpn2 perlu ku coba itu pakai sambel petis..:)

      Delete
  2. Emang ya mbak lidah jawa kita kayaknya hampir sama. Nasgor enak itu ya ga pake kecap. Hihihi. Dibanding pizza, spageti, dll ya aku lahap-an pake oseng2 cabe. Hampir semua resep mbak aku suka pake bgt !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidahku ndeso ya Mba Riska hihihi..tapi yo memang enak2 kok ya masakan kampung tuch..:)

      Delete