Thursday, June 19, 2014

Dawet Ireng..Beda Resep


Bentar lagi puasa ya teman2...jadi waktunya eksperimen berbagai resep dawet nich. Secara..minuman dawet merupakan salah satu minuman wajib ya..kalau bulan puasa. Buatku sich..hihi. Paling nggak beberapa kali suka dech bikin dawet buat buka puasa..di samping kolak dll. Makanya di pasar2 sering muncul dawet2 bertebaran ya..kalau puasa teman2. Nah..dawet yang paling aku suka..adalah dawet yang terbuat dari tepung beras aja..dan di campur tapioka dikit. Tapi kalau beli di pasar2 itu kebanyakan pewarna dech..jadi suka kalau bikin sendiri dech dawetnya. Nah..mumpung masih ada stock abu merang lagi di rumah..bikin dawet ireng aja dech. Untuk resep dawet ireng yang tepung beras sama tapioka..udah pernah ku share resepnya di SINI..dan aku suka dech tekturenya dawetnya..enak..lembutnya pas. Nah...biar dapet ilmu baru..aku coba resep dawet ireng versi lain..kali ini aku coba dari tabloid koki..tapi ki..kok kurang abu merangnya menurutku, dengan perbandingan tepung yang sampai hampir 250 gram..jadinya kurang hitam dawetnya..malah agak hitam keabu2an..hihi. Tapi kalau rasanya sich enak juga..lembut..dan kenyal karena ada tambahan abu merang ini.

Oke..buat teman2 yang punya merang di rumah..selemat mencoba ya..jika mau lebih hitam warnanya aku sarannya jumlah abu merangnya di tambahin. Tapi memang aku pakai air saringannya saja sich tadi..dan aku saring bener2 pakai kain halus..atau sapu tangan yang baru / bersih teman..jadi hasilnya bener2 cuma air saringannya yang berwarna hitamnya saja..nggak keikut ampas2 abunya..supaya dawetnya nggak ngeres. Kalau beli dawet ireng itu emang hitam banget warnanya..cuma kadang ya itu tadi..kadang2 rada ngeres masih terasa tekture abunya..hihi. Atau coba di blender lagi sampai halus ya teman..abu merangnya..supaya tingkat kepekatan air saringannya lebih kental lagi. Jadi..kalau mau lebih hitam ya coba pakai sekitar 50 gram abu merangnya ya teman2...di resep cuma pakai 35 gram sich , sementara jumlah tepungnya banyak banget....dan itupun masih aku saring bolak balik pakai kain..jadi ya berkurang terus kandungan abu merangnya..hihi..tinggal airnya doang yang warna kehitaman. Dulu aja..aku bikin tepungnya cuma 100 gram, aku pakai abu merangnya lebih banyak..jadi bisa lebih hitam warnanya. Kayak gini nich teman2..jadi cuma air saringannya aja yang ku pakai..agar nggak ngeres dawetnya. Jadi jika mau warna dawetnya lebih hitam lagi..nyaring air abunya di banyakin..dan pakailah kain bersih untuk menyaringnya ya.


Oke..ini resep dawet ireng versi tabloid koki ya..aku coba plek..nggak ku ubah2..rasanya enak juga..tapi kalau tekture dawetnya aku lebih suka yang versi tepung beras sama tapioka aja..yang dulu udah pernah ku di SINI dulu.Dan ini hasilnya juga jadi banyak..satu panci besar..hihi..sampai ku bagi2 tadi..dawetnya..^^

Dawet Ireng.

Bahan :
125 gram tepung beras
100 gram tepung hungkwe
25 gram tepung tapioka
1000 ml air
1/2 sendok teh garam
35 gram bubuk abu merang ( kalau mau lebih hitam pakai lebih banyak lagi aja abu merangnya ) , cairkan dengan 100 ml air , lalu saring dengan kain halus.

Pelengkap :
Santan, yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan daun pandan
Kuah kinco gula merah secukupnya

Cara membuat :
Aduk semua bahan dawet, masak sambil terus di aduk2 hingga meletup2...dan mengental.
Siapkan baskom berisi air es, lalau cetak dawet dengan cetakan cendol sesuai selera. Dinginkan.
Sajikan dengan santan dan kuah kinco.




12 comments :

  1. aku pikir pakai pewarna apa hitamnya, ternyata dari merang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Mak Lydia..kalau dari air abu merang ini..selain untuk pewarna alami..juga bisa nambah kenyal Mak..:)

      Delete
  2. Mba Diah, kalo mao bikin cendol versi lembut ato kenyal ato garing pake tepung jenis apa aja? aku suka yg kenyal ato garing sih :) Oh ya mba ada resep cincau hijau yang hasilnya oke kaya abang2? Thanks. Liz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Liz..kalau lembut lumer..tepung beras..lembut kenyal pakai tepung tapioka..atau campuran keduanya juga enak..atau pakai tepung hungkwe..tepung ketan pun juga enak di buat cendol lho mba..pokoke aku suka semua cendol..:D..Tapi kalau garing..yang kek gimana ya mba..hihi ?

      Delete
  3. mb diah kober2nya bkin dawet,aku kalo pngen dawet plg2 beli,hehhe.pdhl dlu pnh ngebet beli saringan dawet,pny,tp nganggur.di jati dawet irengnya ngeres mb.kapok beli sekali.di rmahku puasa tiap hri caooo trus.blenger yg liat.cao'nya sih pake legen beli di pasar sukoharjo,di tmbh kucuran jeruk nipis.enaak,gak tau tuh,yg beli2 gtu legennya enak.bda sma buat sndri.brangkali di solo mb pnah coba."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lek bikin sendiri kan puas minum dawetnya Mba Elmi..hihi..kalau beli ideran itu suka udah di campur sama santannya ya..jadi dikit banget dawetnya..:D
      Eh iya..kalau beli dawet ireng itu suka ngeres..karena abunya ikut ke adonan Mba..kurang halus saringannnya..atau malah di campur gt aja kali abu merangnya ya..hihihi.
      Kalau aku pakai kain bersih tuch nyaringnya..jadi di jamin nggak ngeres kalau buatanku..hihi.

      Delete
  4. waa pengen nyobain dawet buatan mba diah didi >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba....kalau deket tak bagi dech..:)

      Delete
  5. Mb airnya jd 1100 cc atw 1l aja

    ReplyDelete
  6. Mbak Diah, setau saya tepung hunkwe itu kan ada yg dari tepung aren, ada yg dr kacang hijau. Kalau di resep ini Mbak Diah pakai yang mana ya? Trimakasih.

    ReplyDelete