Tuesday, June 17, 2014

Manisan Kolang Kaling Bunga Telang..Bukan Biru..Tapi Jadi Ungu Warnanya



Masih asyik nich bikin2 sesuatu yang pakai bunga telang teman2...soalnya seneng liat hasilnya yang cantik2..kayak ketan biru..sirup bunga telang dan nasi kerabu. Nah..mumpung masih ada sedikit bunga telangnya..aku manfaatin sekalian buat bikin manisan kolang kaling bunga telang...dari pada ku simpan malah ilang..sayang kan. Warna manisan kolang kalingnya bisa berubah cantik dari biru jadi ungu juga lho teman2..karena kolang kaling kan ada rasa asamnya juga..atau kecut ya tepatnya..hihi..karena kelamaan di rendam di air. Tapi..karena tadi kolang kalingku baru dan segar tadi..warna ungunya kurang genjreng keluarnya..akhirnya..aku kucuri jeruk nipis sekalian..wah..langsung dech..warna ungu cantiknya nongol..dan rasa manisan kolang kalingnya juga tambah enak dan seger..karena ada asam2nya dikit...asam dari jeruk nipis lho..bukan asam dari kolang kaing yang udah terendam lama dan basi..hihi. Sipp dech..uji coba tak sengaja..malah bikin kolang kalingku tambah seger rasanya.

Cara membuat manisan kolang kaling ini..sama kayak manisan kolang kaling biasa yang udah ku posting dulu..cuma untuk pewarnannya aja yang pakai bunga telang ini..jadi lebih alami dan tak kalah cantik kan teman2..warna ungunya...dengan pewarna makanan buatan. Dan yang jelas..nggak ninggalin rasa apa2 di makanan bunga telang ini..rasanya ya tetep rasa kolang kaling yang enak dan seger setelah jadi manisan. Suka dech. Wah..sebenernya masih pengen bikin puding atau lapis beras bunga telang juga..tapi ya..udah habis dech bunga telang keringnya..hihi..jadi musti sabar dech nunggu biji2nya numbuh dulu dan berbunga..^^


Oke dech..ini dia resep manisan kolang kalingnya aku posting ulang ya teman2..sapa tau ada yang mau coba...^^
Manisan Kolang Kaling Bunga Telang

Bahan-bahan :
500 gram kolang-kaling
1.000 ml air cucian beras
750 ml air
250 gram gula pasir
3 lembar daun pandan
8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh pewarna sesuai selera 
15 buah bunga telang, remas2 dengan sedikit air panas, saring . air jeruk nipis 1 sendok makan
Cara Pengolahan :
Cuci bersih kolang kaling. Rendam kolang-kaling dengan air cucian beras selama 30 menit.( untuk mengurangi aroma asam jika kolang kaling sudah terlalu lama di rendam lama di air ). Cuci bersih.
Rebus air, air bunga telang, gula pasir, daun pandan, daun jeruk, garam, air jeruk sampai mendidih.
Masukkan kolang-kaling. Masak hingga meresap  Dinginkan semalaman.

14 comments :

  1. cari bunga telangnya kalau disini agak susah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak di jual online Mak Lydia.bunga atau bibitnya..:)

      Delete
  2. Baru pertama dengar nama bunga telang, pas baca postingan mba diah yang ini. Penasarn langsung googling. wah, ternyata itu bunga telang, xixixii... pernah lihat, tapi beberapa tahun terakhir ini udah jarang lihatnya. gak tau kalo bunga itu bisa dijadikan pewarna untuk makanan, hehehe.. TFS mb diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..aku ingatnya juga setelah liat foto bunga segarnya di google mba Fardelyn..kayak bunga mainan jaman aku kecil..hihi. Iya..buat pewarna makanan dan minuman jug alho Mba..kalau di Thailand dan negara2 lain..:)..Di Malaysia..jadi nasi kerabu..warna biru..kayak nasi kuningnya Indonesia gt..:)

      Delete
  3. Terimakasih Mbak Diah, dikau membuat manisan kolang kaling dg pewarna bunga telang juga.. :) Bisa untuk menu Ramadhan nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..betul Mak Riski..mumpung byk kolang kaling seger ini di pasar..udah dkt puasa...kolang kaling organik..pewarnanya ya..hihi..dan nggak kalah lho sama pewarna buatan ya..cantiknya..^^

      Delete
  4. Mb Diah slm kenal ya...Mb belinya kembang telang sm bibitny dmn,sy mau ikutan dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Heni..di internet byk yag jual online..nich salah satunya : http://bibitbunga.com/tag/jual-bunga-telang/

      Delete
  5. ah Unguuuuuuuuuuuu.. aku tuh paling gak bs lihat warna ungu pada makanan, langsung seperti kerasukan hantu, hihihi... love it so much. keren mbakk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya memang cantik kok warna ungu itu ya Mba Amel..apalagi kalau pewarnanya alami dan aman..buat makanan..jadi tambah seneng ya Mba..:)

      Delete
  6. Bunga telaaang,,, aku gemees pengen carii juga nih mba... disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..seru lho..buat main2 di dapur..hihi..aku aja sampai bikin macam2 kmrn makanan pk bunga telang..kalau di Malaysia..baut pewarna nasi gurih kayak nasi kuning kita gt mba..namanya nasi kerabu..lauknya macam2..juga..akayak nasi kuning..ada urap dll.

      Delete
  7. CantiiiiIiiiiiiik......kl pingin wrn nya biru jgn dikucuri jeruk nipis ya mba

    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba aulia..tapi biasanya..karena kolang kaling kan suka rada asam rasanya..ya tetep berubah keungu unguan..hihi.

      Delete