Monday, June 23, 2014

Kangen makan *Thontho*



Hihi..Thontho..apa itu..mungkin banyak yang nggak tau ya teman2 makanan ini. Bentuknya sich cute ya teman..bulat2 imut kayak kroket..tapi ini terbuat dari kelapa parut aja...hihi. Makanan ini adalah lauk kendurian di tempatku di Yogya..biasanya buat lauk nasi golong atau nasi gurih..beserta lauk pauk lain untuk pelengkap nasi besekan / kendurian. Dulu jaman kecil..namanya anak2 ya suka ya..karena bentuknya yang bulat2 garing dan gurih..apalagi di makan sama nasi gurih gitu kok ya enak banget. Thontho ini mirip sama rempah kelapa..tapi lebih simpel bumbu2nya.

Nah..tadi tuch pas lagi telp ibuku. Seperti biasa setelah menanyakan keadaan beliau sepulang dari Jakarta kemaren..kami ngobrol ngalur gidul seru. Ya..memang..walaupun pulang ke rumah nggak bisa sering2..tapi kalau telp ibuku ya sering. Beruntungnya memang jaman sekarang ini ya teman2..jarak dan tempat tinggal terpisah ndak perlu membuat kita jauh dari keluarga. Dari kemaren tuch aku telp ibuku udah kayak minum obat..3 kali sehari..hihi. Soalnya ibuku habis dari Jakarta..pulang pergi naik pesawat..sama Eyang kakungnya Yodha..kan jadi kawatir gitu..mana sama Mba ku nggak di jemput di Yogya..jadinya ya agak kawatir juga..namanya orang tua. Walau naik pesawat ya udah sering..tapi kalau sendirian di Bandara dll kan kasian juga..takut nyasar salah masuk pesawat, ketinggalan pesawat dll..hihi. Tapi untungnya ibuku di usia beliau yang udah tua..tetep daya ingatnya tinggi..karena memang suka bepergian..kan kakak2 ku byk di luar kota juga. Jadi..pas aku tanya.."Kemaren salah pesawat ndak?"..dll..malah ketawa beliau.."salah yo kari takon satpam"..kata beliau...hihi. Dan cuek pula..ke Jakarta naik air asia teman2..eh..jadwal jam 7 pagi..molor sampai jam 12 siang kemaren. Kalau kita mah udah marah2 kali ya..saking bete nunggu di Bandara..kalau ibu bapak ya pada sabar aja nunggu di Bandara..geli aku. Aku bilang kok nggak pulang aja dulu. Tapi bagaimanapun aku bersyukur  sama Tuhan..karena orangtuaku masih sehat dua2nya..dan masih aktif..sibuk mengerjakan apa2 sendiri di rumah. Makanya kalau ada acara ke tempat kakakku di Jakarta mesti langsung tolak balik..ndak mau lama2..katanya.."Malah capek kalau di Jakarta..cuma di suruh makan tidur..makan tidur"..hihi. Ya..namanya juga orang tua ya teman2..seenak2 nya di tempat anak..lebih suka dech di tanah tumpah darah sendiri..di kampung..hihi. Kayak tadi aku tanya..lagi apa ibuku gitu..eh katanya lagi masakin kakung...bikin *thontho*. Walah..ya gitu dech..ibuku itu kayak aku..ndak mau diam..padahal kalau cuma makanan yang sering di kirim sama kakak2 ku yang di Yogya..eh..tetep..tiap hari masakin kakungnya Yodha sendiri juga. Oh..aku malah jadi kangen juga makanan jaman kecil itu. Akhirnya setelah telp ibuku..langsung buat dech karena kebetulan ada stock kelapa di kulkas. 

Tapi Aku belum bisa bikin *thontho* yang tanpa telur,.hihi. Kalau ibuku bikin itu tanpa telur nggak ambyar lho di goreng teman2..kalau aku kok belum canggih..hihi..jadi buat perekatnya..tetep ku tambah putih telur dikit. Tapi..rasanya tetep sama kok kayak yang di buat ibuku..hihi. Resepnya mau di share ndak ya..pada doyan nggak ya teman2..makanan ndeso & jadul gini..hihi. Tapi nggak pa2 dech..buat melestarikan makanan tradisional..tetep di tulis aja ya..^^
Thontho

Bahan :
1/2 butir kelapa setelah tua..setengah muda..nah lho..bingung nggak..pokoknya yang agak muda gitu lho teman2, parut panjang.
1 butir putih telur
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh dan garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh ( aslinya nggak pake..aku buat penyeimbang rasa gurih aja sich )

Bumbu halus :
2 siung bawah putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 lembar daun jeruk

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan. Bentuk bulat2 kecil, lalu goreng di minyak panas hingga garing bagian luarnya. Sajikan.

25 comments :

  1. wah baru tau makanan ini mba Diah. sepertinya enak dan mudah dibuatnya yaa. ky nya buat cemilan buka puasa enak juga ya mba :D

    salam,
    dodi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mas Dodi..paling enak buat makan nasi gurih Mas..atau nasi kuning tuch..tapi kalau aku ya suka tak gado juga ding..:)

      Delete
  2. aku baru denger nih mbak nama makanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Lydia..makanan ndeso ini..di kot andak ada..:D

      Delete
  3. Baru denger namanya...gmn ya rasanya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mak Kania..gurih..banget kayak rempah tuch lho..:)

      Delete
  4. kelapa semanten yah mb kalo org2 nyebutnya.bulek aku suka buat gni,tpi gak pake daun jeruk."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Elmi..di Semarang ada juga tapi namanya rempah bentuk gepeng bulat, pakai udang..kalau ibuku pake daun jeruk..tambah harum lho Mba..:)

      Delete
  5. ditempatku jg ada mba, sama.persis dari kelapa, namanya apa ya...? Lupa (ntar tak tanya ibuku ah..) tp bentuknya pipih oval gitu..memang adanya kalo dapat "berkat"/ besekan dr t4 kendurian atau selamatan...
    Sekarang udah jarang di tempatku, selamatan atau kendurian pk bingkisan masakan lengkap n kue jadul..byk yg beralih ke bahan makanan mentah aja atau kateringan...Komen nya banyak banget ya kaya curhat aja.hehehe...

    Tp, memang perlu dipertahankan n dilestarikan makanan jadul ini...(sampai selesai tulis komen, msh blm inget jg nama makanan ini hihihi...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik Mba Sri...ada temannya yang tau makanan ini..hihi....takutnya pada nggak tau semua..berasa aku sdr yang kenal makanan jadul ini..hihi..ternyata masih ada teman2 yang tau dan pernah makan..:D

      Delete
    2. Iya mba,,,tp.sekarang jarang liat lg...namanya lucu mba "cemplung".... (dapet bocoran dari adikku nih hehehe...)

      Delete
    3. Wah..beda lagi namanya ya Mba..seru....hihi..cemplung itu kalau di t4 ku di rumah sana..buah bulat2 kecil yang tumbuh di tepi suangai pohonnya..hihi.

      Delete
  6. Wahh mbak diah....enak itu,aq seneng bgt sama thontho.d jombang jg ada lho mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp mksh infonya Mba Ifa..berarti sama ya namanya dgn di t4 ku..thonto..hihi..aku browsing2 itu jarang bgt yang tau thontho..tapi cuma di web..prov Yogya sama ada satu warung di Kuonprogo yang bikin ini juga..wah..tambah di t4 mba jg ada..jadi beneran kan ya makanan jadul ini ada memang dari dulu..hihi.

      Delete
  7. Mba sorry lari dari topik.. mau tanya margarin yg rasanya tdk terlalu asin merek apa ya? Krn aq pkai blue band koq asin banget kalau buat cake. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang blue band cake & cookie tuch nggak asin Mba..:)

      Delete
  8. Mb. Udah pernah pakai tepung kentang belum? D semarang atas ada gak ya yg jual. Pengen coba bikin cemilan dr tepung kentang - nissa-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mba..dari dulu pgn coba belum kesampaian..di TBK Khabita dulu jual tepung kentang..nggak tau dech skrg..:)

      Delete
  9. Ertianna nugrahaniJune 24, 2014 at 11:36 AM

    Rempah kelapa... di tempatku namanya itu mbak Di. Enak...gurih, dulu alm.ibuku suka bikin rempah kelapa selain rempah tahu juga. Buat lauk nasi dan sayurnya bobor bayam sambel trasi,,,wuih uenak. Jadi kangeeen masakan ibu... Seneng ya mbak Di diberi ortu yang lengkap dan sehat dan tentunya masih diberi kesempatan membahagiakan beliau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sama kayak di Semarang Mab Erti..di sini juga rempah namanya..tapi bentuknya gepeng kayak perkedel..nah biasanya di tambahin udang dan cabai kalau di sini.itu enak bgt juga....*apa yang gak enak buatku ya mba..hihi

      Delete
  10. enak banget ini mb...ada di besek kendurian...tapi kecil2 biasanya...
    duh jd kangen pingin pulang kampung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba / Mas..aslinya lebih kecil2 lagi..imut2..hihi..buat makan nasi gurih..enak ya .:)

      Delete
  11. Hallo mba salam kenal .. Klo wkt aq tinggal dijkt tkg kue keliling ad yg jual tuh, ktna nama nya lentho (sm gk y) enyaaaakkkk hehehhehe tp ada campuran kacang kedelai nya

    Nah skrg pas tinggal dimajalaya bandung ada yg mirip2, namanya rarauan .. Cm ky pke terigu gt campuran nya (lbh enak lentho hehehehe)

    #ammaYana#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba amma..salam kenal juga mba..Mungkin yang di maksud mba lentho yang ini ya Mba : http://www.diahdidi.com/2013/05/lenthogorengan-unik-dari-singkong-dan.html
      Kalua tho nto ini cuma dari kelapa aja mba..tapi kalau lentho..dari singkong dan kelapa..serta kacang tholo..itu juga enak banget memang. Di coba yukk..ada resepnya di link di atas ya..:)

      Delete
  12. hoaaa

    resepnya ada banyak bangettt,, mba chef yah
    mantappp ini blog yang mantap

    keep spiritt and give more inspiration

    ReplyDelete