Tuesday, June 24, 2014

Arseng...Kolak Kukus Khas Kraton Yogya


Alhamdulillah..bentar lagi kita ketemu bulan puasa ya buat teman2 yang menjalankannya....jadi mulai dech mengeksplor menu2 takjil..atau menu2 khas bulan Ramadan ya teman2. Nah..karena pas di kirimi pisang dari mertua beberapa waktu lalu ..jadilah aku pengen ngolah pisang ini jadi berbagai macam kudapan. Sayang je..pisang raja yang ranum dan harum masak pohon cuma di makan gitu aja. Kalau beli kan suka pisang karbitan gitu di pasar..dan mahal kalau yang ranum2 begitu..hihi..*mak irit banget*. Jadilah..kalau dapat kiriman pisang suka aku simpan separo di dapur ( *baca : di umpetin...hihihi )..buat praktek bikin kue2 atau jajanan baru,..soalnya..kalau di taruh di meja makan..wis..di jamin langsung habis di makan suami..hihi..yang memang pecinta pisang..apalagi pisang raja..bisa2 rencana bikin jajanan dari pisang gagal maning..hihi.

Nah..kali ini aku coba bikin kolak kukus..khas Kraton Yogyakarta..yang kalau di buku Warisan Kuliner Keraton Yogya yang di tulis oleh kerabat kraton Yogya..Ibu Nuarida Joyokusumo..di sebut Arseng. Aku tertarik untuk nyoba..karena kolak ini di kukus teman2..jadi kayak pipis kopyor atau carang gesing gitu ya..cuma ini pakai telur..dan pakainya gula pasir..bukan pakai gula merah kayak kolak2 biasanya. Rasanya enak sekali ternyata je..jadi lebih legit dan gurih..mirip2 puding kukus pisang gitu. Suka dech. Makanya menu ini jadi salah satu menu favorit Sri Sultan HB IX lho di Kraton.

Untuk mengukusnya..aku pakai mangkuk2 kecil tahan panas..jika tidak ada..pakai saja loyang biasa ya teman2..atau di bungkus daun pisang..hemm tambah enak juga kayaknya..tambahin nangka..kelapa muda..hihi..malah jadinya jajanan lain ntar..pipis kopyor khas Temanggung...hihi. Pisang yang di pakai bisa pisang kapok juga selain pisang raja..tapi kalau aku..paling suka jajanan dari pisang itu kalau pakai pisang raja..karena sangat harum dan jadi manis lebih alami.

Oke dech ini dia resepnya ya teman2..siapa tau mau coba ntar buat menu buka puasa..aku kutip dari buku Warisan Kuliner Keraton Yogya..tapi seperti biasa..aku kuragi manisnya dikit..hihi. Aku tulis resep aslinya ya teman2..jika suka.. manisnya boleh di sesuaikan selera saja..^^

Arseng  ( Resep Ibu Nuraida Joyokusumo )

Bahan :
1 sisir pisang kepok matang ( aku pakai pisang raja )
1 1/2  santan dari 1 butir kelapa
2 butir telur, kocok asal rata
2 lembar daun pandan
250 gram gula pasir ( aku kurangi dikit )
Garam sesuai selera ( aku 1/2 sendok teh )

Cara membuat :
Kupas pisang, potong serong tebal ( aku potong bulat2 )
Campur pisang dengan semua bahan lain, aduk rata
Tempatkan dalam pinggan tahan panas, lalu kukus hingga matang ( 30 menit )


17 comments :

  1. mb' Di,... aq silent rider setiamu lho mb',.....
    itu mw tanya,... santan'nya itu 1 1/2 apa mb',.??

    -atik-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Atik..salam kenal..itu 1 1/2 liter mba..lupa nulis ya..:)

      Delete
  2. Mbak DD, salam kenal..
    Saya suka cb2 resep mb DD, membantu bngt utk pemula spt ku..
    Oya, kolaknya itu nanti gk da kuahnya gtu ya mba?
    Mksh
    -diana-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Diana..salam kenal juga. Nggak berkuah Mba..tapi jadi kayak puding gitu. Kalau mau berkuah nggak pake telur aja..tapi ya jadinya kolak biasa ya..hihi..kurang legit..:)

      Delete
  3. mb,coba buka handicraftkediri.com ,ada mangkok,gelas,cangkir dll dri btok kelapa.murah2.brgkali pngen buat plating2 gt.qiqi."elmi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh infonya ya Mba Elmi..nanti tak intipnya..murahan mana sama yang di Yk..di Yk byk juga mba..kalau mau blusukan sampai ke pengrajin..:)..murah bgt jg..:)

      Delete
  4. mbk, itu pake telor ada aroma amis gt g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Arsita..kayak puding roti gt kan nggak amis ya..pake telur..jadi legit dan tambah gurih mba..:)

      Delete
  5. Sama-sama dari jawa...jd masakan n jajanannya mirip2 ya mba.. Di t4ku jg ada, namanya bothok jg(bukan bothok dage lho..). Dulu isiannya dijadika satu, kopyor, roti, pisang... Sekarang malah jadi sendiri2 isiannya perbungkusnya..nama bothoknya ya tergantung isiannya tadi...Ini dibungkus pk daun pisang mba jd tambah sedap.

    Oh iya,kalo ngga salah santannya di kasih agar-agar lho mba di tempatku... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mba Sri..jajanannya mungkin sama ya,...beda2 nama aja..*lain ladang lain belalang..lain kebon lain tanaman..halah..malah ngarang pantunnya iki,...hihi.

      Delete
  6. Ini kalo jaman aku kecil dulu dirumah dibikinin ama Mama, tapi nyebutnya srikaya pisang.. sama gak ya Mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mungkin sama ya Mba Uthe..jika bahan2nya sama..beda2 nama aja kali yach..:)

      Delete
  7. Mbak didi, ini kalau dibungkus tum, pake daun pisang, aku bilangnya carang gesing :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nunik..mirip ya..aku suka pakai roti tawar kalua carang gesing Mba..:)

      Delete
    2. Hehehe... mau komen ini mirip carang gesing eh udah keduluan Teh Nunim Achmad... hehehe...
      Idem teteh... ^_^

      Delete
    3. Iya Mba Lina..memang kalau makanan Kraton biasanya punya nama2 khusus..pdhl ya mirip2 sm jajan pasar lain..hihi

      Delete
  8. Mbak Diiii
    Mau nyontek buat cemilan batitaku :D

    ReplyDelete