Friday, May 30, 2014

Yukk Bikin Abon Cabe Super Hot..Sendiri Teman2..^^



Judulnya lebay..hihi. Tapi beneran lho..abon cabe yang ku buat ini benar2 super hot..karena hanya pakai cabai rawit merah atau rawit galak..atau rawit setan..hihihi. Buat penyuka pedas..mari merapat..! ^^
Buat teman2 yang anti pedas..don't ever try this at home..really hot...! Mba art ku yang nggak doyan pedas saja sampai batuk2..pas aku bikin abon ini. Tapi jika nggak suka pedas boleh di campur cabai merah sich..^^

Dulu jaman2 lagi buming2nya abon cabe..penasaran juga..cabe kok di abon..ku pikir di campur sama daging kayak abon biasa gitu..ternyata murni dari cabe yang di keringkan dan di bumbuin ya..jadi sama saja kayak sambel..tapi versi kering. Dan akhirnya aku jadi selalu bikin sendiri..di banding beli abon cabenya yang banyak beredar. Dari situ juga dapet pesanan temen2 kadang2..lumayan dech. Bisa tahan lama dan cocok di simpan buat persediaan ketika cabe lagi mahal..hihi. Karena abon cabe ini enak sekali lho..di tabur di nasi goreng..atau pakai nasi putih biasa aja udah enak banget. Aku tabur di uli / jadah ..enak banget juga kemaren.

Jadi kalau di rumah suka masak dobel2 kayak aku karena ada yang nggak suka pedas di rumah..abon cabe ini sungguh praktis buat diriku..hihi. Abon cabe ada yang original cabe aja..ada juga yang di tambah bahan lain misal teri medan yang seperti kemaren aku buat. Udah aku tambah teri pun hasilnya tetep..super hot..sampai bikin lidah panas..hihi..jadi kalau mau coba nggak terlalu pedas..di campur cabe merah biasa ya teman2..atau kalau takut pedas ya pakai cabe merah semua aja..^^

Oke dech buat yang suka pedas..yukk nyetok abon cabe..sapa tau nanti pas puasa cabe lagi mahal..ya kan..kalau sekarang kan masih murah nich..aku buat 1/4 kg cuma 4 ribu aja cabenya udah dapet bagus2. Selamat mencoba ya teman2..dan..awas..pedasssssssssss...!..hihi

Abon Cabe Teri Medan Super Hot

Bahan :
250 gram cabe rawit merah segar, cuci bersih, oven hingga kering 3 - 4 jam dengan suhu rendah ( di ovenku 150 C )
100 gram teri nasi Medan, goreng kering

Bumbu :
6 siung bawang merah, iris tipis, goreng kering
3 siung bawang putih, iris tipis, goreng kering
1/2 sendok makan gula pasir halus  ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh (optional )
Garam secukupnya 

Cara membuat :
Blender dengan blender kering ( tanpa air ) , cabe rawit kering hingga agak halus, tapi jangan terlalu halus ya..ntar jadi bubu cabe..hihi. Tambahkan gula, bawang merah dan putih, gula halus
Aduk semua bahan dan bumbu di wajan tebal dengan api kecil hingga bumbu2 tercampur rata, koreksi rasa sudah pas belum manis gurihnya. Biarkan dingin, lalu kemas di toples tertutup.






33 comments :

  1. jualanku nih mbaaakkk dulu! tapi karena cabe mahal dan dulu bawang putih mahal jadinya mandeg, kalo versi aku, cabe di cuci bersih trus jemur matahari semingguan. abis itu di blender, bawang putih di iris tipis di goreng kering trus di tumbuk/ blender halus, cara masaknya campur gula pasir halus dan garam di wajan, masak pake api kecil, aduk terus sampe rata, lalu masukan cabe bubuk, aduk lagi sampe rata, masukan bawang putih halus, kentang goreng ato teri medan, aduk-aduk terus, terakhir tuangi minyak goreng dikit aja, aduk rata matikan api, biarkan dingin, kemas dalam toples, bisa tahan bulanan deh mbaa..., dulu aku jual kemasan 1/4 kg 25 rb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esti..mksh sharingnya..:)
      Kalau buat usaha di jemur lebih efektif dan murah ya biayanya..cuma kalu buat sdr..wis gak nahan aku ngg seminggu mba..hihi..suka lupa2 kalau njemur sesuatu..kalau cuma dikit di oven aja praktis..:)

      Delete
  2. waaahh..gak kebayang ni pedasnya mbak, tapi sepertinya enak bgt ya buat teman makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..bikin kapok..tapi kapok lombok..karena pengen makan lagi dan lagi..:)

      Delete
  3. Ngovennya gak tahan ya mba..lamaaa bingiiiiiiitttt..xixixixi.aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak usah di tunggu Mba Aulia..ngovennya..hihi..di sambi2 aja ngurusin kerjaan lain..ntar kering sdr..oh ya mau nitip kecap lele brp mba..sms alamatnya ya..ntar Senin plg baru bs kirimnya..:)

      Delete
  4. Mbah diah...aku tak mesen aja, boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau deket tak bagi mba Bintang..ini cuma aku yang doyan nich di rmh..:)

      Delete
  5. Agustus aku mudik ke jogja mba...mau pesen pesen makanan ke mbak diah bisa? Antar awal september biar kubawa ke austria. Kreasi masakan mbak diah top abis. Maaf mbak, malah lupa balas emailnya mbak diah waktu lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ke Semarang ya Mba..ntar tak buatin abon cabenya dech..:)

      Delete
  6. Mbak diah org mana kok kenal kecap lele? Itu kan dr kotaku pati hehe...
    Tp kl sy sukanya kecap gentong, lebih kental n legit, dr juwana. Meski tinggal di jkt urusan kecap, terasi n krupuk udang di supply dr pati.
    Salam kenal mbak, saya salah satu fans mu.
    Noor kholidah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku asli Yogya Mba Noor..tp tggl di Semarang nunut suami..hihi
      Iya di sini malah rata2 orang suka kecap lele Mba..di pasar2 aja byk yang jual. Kalau gentong malah jarang ..aku pernah beli juga..suamiku yang suka..klu untukku terlalu gurih bgt..mendominasi rasa masakan..hihi..kalau lele tuch pas banget bikin tambah sedep aja..tanpa mengganggu aroma bumbu2 lain..menurutku sich mba..hihi..tapi kalau suami ya tetep sukanya gentong..:D

      Delete
  7. wah aq suka dikasih cabe rawit merah ma tetanggaku yg panen,,, dibikin abon aja awet ya,,, daripada busuk di kulkas,,,, hehehe thanks sharingnya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba...kalau mau makan pedas tinggal di taburi di atas makanannya..aku tadi padi makan mie goreng tak taburin ini kok ya enak banget..hihi

      Delete
  8. Trmksh resepnya mbak...passs bgt d rmh ada cabe kering homemade.dah lama buat tp gak th mau diapain...kini bs digunakan... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di buat cabe bubuk juga Mba..tggl di grinder aja sampai halus..di simpan buat masak masakan pedas spt biasa. Kalau abon ini enak di tabur di atas makanan yang udah matang..misal nasi goreng..dll.

      Delete
  9. ih mantap x itu keknya mba Di .. sllrrppp... #hot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Wieit..beneran hot..cuma aku yang doyan di rumah..:D

      Delete
  10. Wah ini kesukaanku Di. Wkt mudik ke Indonesia sempat beli banyak (1/4 kg per toples), kyk nya aq beli 6 toples deh. Makannya aq irit2, untungnya serumah cm aq yg doyan, jd ya tak makan sendiri, hehehe. Ini persediaan tinggal setengah sendok teh, kebetulan ada resep ini, mau bikin dewe aja, soale mudiknya msh taun dpn, hehehe. Di sini lombok segar mahal banget, sekilo sekitar 200 rb rp. Tp kalo lombok kering malah lebih murah, malah beneran aq gak perlu ngeringin lg. #inge#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah sama mba Inge..di rumah yo cuma aku yang doyan..:)
      Ayukk bikin sdr mba kalau di sana murah cabe keringnya..malah praktis. Campurin cabe biasa ya mba..kalau nggak mau terlalu pedas..:)

      Delete
  11. mbk ak komen di fp nya blm dijawab :( ditempatku teri medannya asin,so klo mau ngilangin asinnya ada g tipsnya..? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ..maaf mba..beberapa hari ini belum sempat buka fb..aku jawab di sini aja ya..:) Rasa asin teri atau ikan asin lain..bisa di kurangi dengan cara merendamnya sebentar di air hangat dan sedikit garam...lalu di bilas hingga bersih. Jadi air hangat bergaram ini akan menarik keluar rasa asin yang berlebihan dari teri tersebut. Met coba ya mba..:)

      Delete
  12. setelah dibilas bersih bs langsung digoreng ato dijemur dulu mbk ? maaf nanya terus hehehe
    -zakiyyah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya Mba ?..cabainya..di oven aja..lebih cepat..:)

      Delete
    2. terinya hehehe..yg diatas komennya lupa g aku kasih nama :)

      Delete
    3. Di goreng dulu terinya mba sampai kering..:)

      Delete
  13. mbak nampol pedesnya.. cuma icip aja kok bisa keringetan ┐(ˇ.ˇ")┌ mksh ya mba resepnya (˘⌣˘)ε˘`)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..awas ati2 makanya dikit2 aja ya Mba..:)
      Sama2 Mba..kalau mau nggak pedes banget campurin cabai biasa Mba..:)..

      Delete
  14. Ijin nyobain resep abon cabenya ya Mbak Di....lumayan bisa buat saur :) maturnuwun....

    ReplyDelete
  15. Bisa d coba itu mbak resepnya..utk bantu petani cabe yg skrg lg dlosoran krn hrg cabe yg ikt dlosor..bhkn cabe byk yg mengering msh d lahan..

    ReplyDelete
  16. Maksih byk mbk infonya...
    Q pnggemar pedas level teratas. Hehe..
    Bisa coba ne resepnya... biar gk beli abon cabe trs.

    ReplyDelete
  17. Makasi infonya'
    kebetulan saya juga punya produk abon cabe, kalo ada yang minat jadi reseller
    Bisa langsung hub kita
    http://www.facebook.com/aboncabesirawit

    ReplyDelete