Friday, June 6, 2014

Serabi Labu Kuning



Pagi2 udah posting..soalnya mau pergi lagi teman2..hihi..kangen posting resep..beberapa hari absen kemaren ya. Semoga bermanfaat ya buat teman2 yang nunggu resep2 baru. Tapi ini buatan udah kemaren2 udah agak lama..baru sempat di posting sekarang.

Serabi ini cantik sekali...karena memakai campuran labu kuning di dalamnya..jadinya juga tambah enak dan legit. Lebih enak lagi kalau di makan pakai kuah kocor..atau kuah santan dan gula merah..cuma nggak kefoto dulu kuahnya..hihi. Atau di makan pakai toping atau saus lain ya silahkan..sesuaikan selera aja ya teman2. Misal teman2 bisa berkreasi dengan di kasih toping coklat..keju dll...tak kira kok ya enak juga.

Oh ya..kalau mau asli bentuknya sich lebih baik pakai cetakan serabi tanah liat ya..atau wajan kecil cekung yang dari besi..tapi aku cari praktisnya saja kalau bikin ini..pakai snack maker double pan...jadi hasil serabinya tipis2..hihi..nggak kayak kalau pakai wajan cekung. Wis ndak pa2 lah..yang penting cepat matang dan nggak lengket2..kapan2 tak buat yang pakai cetakan yang bener serabinya dari tanah liat kalau pas selo..aku punya juga sich sebenernya..cuma kadang males aja kalau harus nyangrai2 kelapa parut dulu biar nggak lengket di cetakannya..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Serabi Labu Kuning

Bahan2 :
200 gram tepung terigu protein sedang
100 gram labu kuning kukus,
1/2 sendok teh garam
1 butir telur
450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 1/2 sendok teh baking powder

Cara membuat :
Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ukur 425 ml santan. Biarkan hangat.
Campur tepung terigu, labu kuning, garam, dan telur. Aduk rata. Tuang santan sedikit-sedikit sambil dikeplok-keplok dengan tangan selama 20 menit. Diamkan 30 menit.
Tambahkan baking powder. Aduk rata.
Panaskan cetakan serabi..kalau aku sich pakai snack maker double pan..hihi. Olesi sedikit minyak tipis2 pakai kuas.Tuang adonan di cetakan yang sudah panas. Biarkan mengembang. Kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang.

Tips : Sajikan serabi dengan saus santan dan gula merah / kuah kocor jika suka.



19 comments :

  1. labu kuningnya bisa diganti apa Mbak, semisal sedang tidak ada labu kuning?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubi ungu dan umbi lain bisa Mak Riski..:)

      Delete
  2. Adonan serabi ga pake fermipan (maaf sebut product) atau ragi ya mb. Diah, cakep juga hasilnya...hehehe, kami tunggu resep serabi lainnya ya...., suwun..

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ara..the power of..di keplok2 pakai tangan itu..hihihi..jd nggak pakai ragi tetep bisa ngembang..tapi kalau males ngeplok2 adonan..ya tambahin sdkt ragi aja Mba..:)

      Delete
  3. asli kalo bikin snack pake labu kuning bikin ngiri hihi... Di ciledug labu kuning cuma muncul di bulan puasa doang. Padahal kalo puasa malah jarang bikin snack.
    Mb diah buka fb dong, aku kirim inbox lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..di sini all season mba Rina..hihi....soalnya deket daerah yang byk labu itu..di jambu2..:)
      Mksh ya mba..aku tgg bunga telangnya..hihihi

      Delete
  4. Mbak diah emang okee banget, saluut deh, ditunggu yah mbak postingan2 nya, baik resep atau ulasan wisata kuliner nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..siap..nanti edisi Yogya wiskul nya..:)

      Delete
  5. Akhir2 ini postingan mba Didi bikin penasaran aja, jd pingin kalap jg nih... Klo serabi murni apa 300 gr tepung terigu semua mba ? Ada komposisi yg berubah gak ?

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda lagi komposisinya Mba Ari..nanti tak buatin dech kpn2. takutnya malah keras kalau pake komposisi di atas terus di ganti tepung semua..soalnya labu kan membantu bikin empuknya..:)

      Delete
  6. mbak di, dikeplok-keplok pake tangan itu seperti apa ya??. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adonannya di pukul2 mba Lina..pakai telapak tangan dari bawah ke atas..agar serabinya bisa ngembang dan berserat..tapi kalau ndak tau caranya ya di kasih ragi instan aja dikit..praktis..hihi. tehnik keplok2 sich memang di Jawa aja kayaknya ya..biasa kalau buat adonan apem..serabi dll..:)

      Delete
    2. mbak di lebih detailin dong itu keplokkeplok
      aku hampa imajinasi ._.

      Delete
  7. Mbak, 1 resep ini kira2 jd brapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Byk Mba..tapi tergantung cetakannya juga ya..10 lebih dech..:)

      Delete
  8. Penasaran dg tekhnik dikeplok2nya, kaya apa sih hihi..kl ndak pake itu berarti langsung didiemin 30 mnt y mb ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bs nyarang mab..musti di keplok pakai tangan..hihi

      Delete
  9. thank mbak resep serabinya sangat inpiratif...

    kunjungi balik ya
    http://jawaresep.blogspot.com/

    ReplyDelete