Monday, June 9, 2014

Clorot..Kue Tradisional Langka Yang Eksotis..^_^


Hore..akhirnya bisa masuk dapur lagi..hihi..masak2 lagi di Semarang..walau nanti dalam beberapa postingan ke depan..tema masakannya masih Yogya dan Yogya lagi ya teman2..hihi..soalnya ..biasa..kalau dari Yogya kan bawaannya banyak..beli macam2 yang nggak ada di Semarang..aku beli tepung garut..beli tepung gaplek..beli manggar buat di guded..dll..pokoke temanya masakan Yogya gitu dech. 

Nah..kemaren pas mau siap2 mau pulang ke Semarag aku ingat mau bikin clorot..akhirnya buru2 minta tolong ibuku untuk bikinin kerucut / cone clorotnya..akhirnya masih sempat dech..tapi cuma jadi 5 biji..hihi. Jadi inget mba Rina Audie..yang pengen bikin clorot juga..wah seandainya bawa banyak tak kirimi mba..cone clorotnya..hihi. Ntar dech kalau nemu janur di sini tak coba buat sendiri step by stepnya ya mba..mudah kok ternyata..kemaren aku liat ibuku buat..Yodha juga ikut2 an buat..seru..hihi. Ini loh..bentuk cone clorot kalau ala ibuku..meruncing dari bawah kecil dan melebar ke atas,..kata Yodha..kayak cone ice cream..hihi. 


Bergaya dulu ya Kak..pas bikin cone clorot di rumah Eyang di Yogya..hihi..lha janurnya ambilnya dikit malah di buat mainan pedang2 an juga.hihi.



Nah..kalau kue clorotnya yang udah mateng..aku bikin di Semarang..kayak gini nich teman2..sapa tau ada ayang belum pernah coba ya..atau malah baru pertama liat..hihi. Kue ini adalah salah satu kue khas Jateng ya..tapi dari kecil di pasar2 tradisional tempatku di Yogya ya banyak yang jual..jadi clorot ini salah satu jajan pasar yang sering aku pesan ke ibu jika pergi ke pasar. Tapi sekerang udah langka juga kali ya..masih banyak mungkin di daerah Purworejo dan sekitarnya. Kue clorot ini unik sekali..karena di bungkus pakai daun janur..yang di lilit2 menyerupai contong atau cone ice cream. Kuenya sendiri terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka atau tepung sagu..tapi pas aku buat ini lagi ndak punya tepung tapioka..aku ganti tepung ketan campurannya..wah..enak juga ternyata..tetep lembut dan menul2 enak.


Ada dua cara makan clorot ini..ada yang suka membuka daun janur lilitannya satu persatu...ada juga yang langsung di pencet sehingga keluar isi clorotnya ke atas...seru kan teman2..hihi. Rasa legit dan manis kue ini berasal dari campuran tepung beras, dan tapioka / sagu dan di tambah gula merah, santan, dan sedikit garam..kemudian di tuang di cetakan , lalu di kukus hingga matang. Membuat clorot ini rada2 tricky dan ribet..mungkin itulah mengapa sekarang jarang yang jual ya..maka di bilang jajanan pasar ini sudah langka..dan eksotis..karena cara pembuatannya yang njlimet..hihi..serta unik sekali pembungkusnya yaitu dari janur yang di lilit2.

Kalau nggak pinter bikin kerucutnya..bisa mleber2 keluar lho adonanya teman2..aku dulu pernah coba. Terus jika bikin cone lilitan janurnya kurang kuat lilitannya..pas di kukus bisa lepas2 juga. Akhirnya untuk antisipasi masalah tersebut..aku staples aja dech conenya..hihi..lha daripada *udar* atau lepas2 lilitan janurnya pas di kukus lagi. Setelah aku staples akhirnya aman dech selama  proses pengukusan. Ngukus clorot ini juga unik..musti dalam posisi berdiri kuenya..supaya nggak tumpah2. Karena aku nggak punya kukusan yang lubang besar2..akhirnya aku akali pakai ampas kelapa..kemudian cone clorotnya aku taruh di atas ampas kelapa ini hingga bisa berdiri dan di isi adonan nggak tumpah2. 

Ya..begitulah perjuangan bikin kue tradisional yang unik ini..hihi. Janurnya impor dari Yogya..bikinnya juga musti hati2. Nah..resepnya..tetep di share aja kali ya..paling nggak buat melestarikan resep kue2 tradisional Indonesia..hihi. Biarpun kalau teman2 mau coba ya agak susah..karena nggak ada cetakannya ya. Soalnya kalau di kukus pakai loyang dll..rasanya beda lho..hihi. Yang bikin enak kan di cetak di daun janur bentuk kerucut ini..jadi lebih cepat matang adonannya.
Kue Clorot 

Bahan :
100 gram tepung beras
30 gram tepung tapioka / sagu atau tepung ketan
100 gram gula merah
400 ml santan
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Daun janur 
Ampas kelapa untuk mengukus

Cara membuat :
Siapkan janur, bentuk kerucut dengan cara melilitkan janur dari ujung bawah menyempit dan ke atas semakin melebar. Semat bagian atasnya dengan lidi atau stapler. Sisihkan.
Campur santan, gula, daun pandan dan garam, aduk rata, masak hingga gula larut dan mendidih. Saring.
Campur campuran santan dan gula dengan semua tepung. aduk hingga licin dan halus.
Panaskan kukusan..taruh ampas kelapa di angsang kukusan, tancapkan cone2 dari janurnya. Isi dengan adonan kue clorotnya, lalu kukus hingga matang...kurang lebih 30 menit.
  •  Kue clorot ini enak sekali...lembut dan legit..^^
  • Boss kecilku lagi libur panjang..jadi biasa..suka usil di dapur..kayak gini ncih..masak kue clorotnya di jadiin mix..wah..bisa buat nyanyi ini mi..katanya...hihi. Suka usil aja sich..tapi kalau di suruh makan kuenya..langsung kabuuur..hihi.

28 comments :

  1. mbak diah,,makasih dah share resep ini,,coba ada step by step bikin celorotnya
    lagi pengen ngenalin jajanan tradisional nih ke anak2,,sayang kan klo mereka g pernah kenal sm jajanan ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rima..nanti kalau aku ketemu janur di sini tak buatin ya foto2nya..kalau di Yk sich tggl ambil..klu di sini klu mau lebaran aja ada janur..:D

      Delete
  2. enak ini mba...tapi bener mba, udah langka...di magelang paling adanya di pasar tukangan... yg jual tenongan gitu mba...aku pernah liat budheku bikin cone nya itu ditancepin ke nasi waktu dikukus, kalo mleber ya nasinya ada rasa manis2 gitu...hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..jadi pengen ke tukangan beneran Mba Benio..hihi...biar bisa buat perbandingan rasa..:)..Eh tapi klu pake nasi ya sayang nasiny adong ya..jadi manis nanti..hihi

      Delete
  3. wah ini termasuk jajanan kesukaan saya maaak :D enyaaak bangeeet, tapi susah ya buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk nanti lebaran kan byk janur..bikin Mak Tian..hihi

      Delete
  4. Mirip jajanan di daerah asalku dKalimantan,hnya sja wadahx ğ berbentuk cone dr janur klapa gni,tp brbentuk bulat sperti lontong dri daun pisang.Nmax kue SUNDUK LAWANG.Ngukusx jg pke ampas klapa biar bs berdiri.Jdi wadahx cma bagian bwahx aj yg ditutup...bagian atasx dbiarkan terbuka u/ memasukkan adonanx yg cair..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..penasaran bentuknya aku Mba Sabariah..coba tak googling..hihi..mksh infonya ya..:)

      Delete
  5. mba di,aku dapet kiriman tepung irut,,enaknya dibikin apa yaa?
    eka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di buat ongol2 aku paling suka Mba Eka..atau di buat dawet......coookies..dll..nanti aku share resepnya ya..:)

      Delete
    2. Aku tunggu share resepnya ya Mba :)

      Delete
    3. Ya mba..sgr ku posting udah buat kmrn..:)

      Delete
  6. Mbaaa aku sukaaaa propertinyaaaa...cangkir,gelas,tekoo....itu juga bl di jogja ya mbaaa..terus kalo tepung garut itu utk bikin apa mba?adanya juga cuma di jogja?.....
    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..beli di Yogya semua itu..mau apa tepungnya..nanti tak kirim dikit ya sekalian besok..ebak di buat ongol2..atau dawet..:) ada tepung gaplek juga..mau juga ndak..hihi..

      Delete
    2. Maaauuuuuuu...mauuuuuuuu ....sipsiiiiiipppp...maaciih sblmnya mba :)

      Delete
    3. Tepung garut itu mirip tepung kanji yaa#PasangWajahPolos.....soalx wktu googling cookies tepung garut yg nongol mirip cookies sagu smw..hihihihiiii

      Delete
    4. Hihi..Beda mba Sabariah..tepung garut itu tepung dari umbi garut..atau ada yang nyebut juga ganyong. Rasanya lebih enak daripada tepung tapioka jika di buat jajan pasar seperti ongol2 atau dawet. Tapi tekturenya memang jadi mirip ketika di buat kue kering..ya mirip dari tepung tapioka..kue semprit jadul itu lho Mba..:)

      Delete
  7. Pertama kali tau clorot ketika di Temanggung mb Diah tahun 1980-1983. Udah lama kan. Biasanya kalo kenduri, nasi berkatnya selalu ada clorotnya. Setelah pindah ke Solo aku nggak pernah ketemu clorot sampe sekarang. Kalo dihitung lebih dari 30 tahun aku nggak makan clorot loh, hihi....Tapi justru itu jadi nostalgia nggak terlupa (halah)....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lama sekali ya Mba Rina..hihi..iya kayaknya clorot nich di Jateng yang Purworejo dan sekitarnya ya yang byk..tapi di Yogya yo masih ada...:)

      Delete
  8. Sukaa sekali mb aku sama kue clorot ini, waktu kecil masih banyak yang jual tapi disini sama sekali udah g pernah keliatan yang jualan kue ini hiks, maauu dong mb diajarin bikin contongnya ^^, di jogja yang jualan dimana mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Vira..nantiya..kalau ketemu janur tak buat fotonya step by step..:)
      DI yogya di Angkringan ndalem kmrn ada mba..cuma ndak enak..keras..hihi..enak bikin sdr..:)

      Delete
  9. Clorot....clorot,,, betul mbak eksotis & langka. Bentuk contongnya mirip kue "horn" yo mbak...? Tepung garut aku paling suka apalagi umbinya.... di Yogya masih bisa ditemui ya mbak. Di Madiun apalagi Jakarta mana bisa nemuin garut...hihihi. Kalau gaplek di pasar trad.Jakarta di mbah langgananku masih ada mbak. Seneng yo mbak Di masih bisa dapet bahan2 masakan yg sudah langka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Erti..di rebus enak yo garut atau di buat ceriping itu juga enak bnaget mba..sayange nggak nemu keripik garut kmrn..ndak sempat waktu nyarinya..hihi. Tapi kalau tepung garut tetangga mbak ku di Yogya kebetulan bikin jadi mudah carinya...:)..Aku dapat manggar juga mba..mentah..wis tak gudeg..enak banget..hihi

      Delete
  10. Ini salah satu jajanan pasar favoritku, sayang di Jakarta gak ada yang jual.. :(
    Untung mbak Didi posting resepnya jadi pengen bikin sendiri, kalo urusan janur tinggal minta ke tetangga yg punya pohon kelapa atau ke pasar,biasanya dijual di tukang kembang..oiya, ditunggu step by step cara bikin "horn" clorot.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Shinta..di tgg ya..tapi adanya janur di sini kalau mau lebaran aja....hihi. Ada pohon kelapa di kebun mertua..tp tgg2 bgt ndak ada yang bisa ambilin ..^^ Kmrn ndak sempat ambil byk dr Yogya..^^

      Delete
  11. Siiaaaapp!! Pokoknya ditunggu... :D

    ReplyDelete
  12. rumahku di purworejo mbak Di...,masih banyak kutemukan di pasar maupun orang yang suka ngider. tapi belum pernah nyoba buat sendiri...:))
    main kesini mbak nanti tak suguhin clorot wis...,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sawitri..paling byk di Purworejo ya si clorot ini..kpn2 tak main ke sana wis..beneran lho ya..di suguhin clorot..hihi..sama geblek sisan lho ya..haha..*nge lunjak ya Mba.:D *

      Delete