Tuesday, September 3, 2013

Mie Ayam Bakso



Yodha lagi suka sama Mie ayam..jadi..daripada sering minta di beliin di abang2  mie ayam yang lewat depan rumah..lebih sehat dan lebih enak..kalau bikin sendiri. Mudah kok membuatnya. kali ini aku coba buat mie ayamnya dengan topping tumisan ayam gurih manis..seperti semur...kayak di abang2 mie ayam seperti biasa..tapi aku pakai ayam pejantan untuk kuah dan daging ayamnya..wah..ternyata lebih enak aja mie ayamnya.

Sebelum Yodha pulang sekolah..semua udah siap..mie kuning yang udah di rebus setengah matang, sayuran pelengkap dan juga toping ayamnya. Jadi begitu Yodha pulang..tinggal panasin kaldu..rebus lagi mie nya sebentar, sayurannya..jadi dech..tinggal tata di mangkuk..dan..mie ayam hangat homemade..siap di sajikan untuk makan sore Yodha. Hihi..emang..Yodha makannya sekarang seringnya 4 kali..karena sekolahnya kan seharian..jadi supaya lebih kuat aja badannya. Udah makan 4 kali aja..nggak bisa gemuk2 dia..hihi. Tapi alhamdulillah..ya..yang penting sehat. Jadi pulang sekolah biasanya dia langsung aku suruh makan. Nah..mie ayam begini..cocok banget nich untuk menu selingan sore2 buat anak2 ya..setelah pulang sekolah..nanti malam masih bisa makan berat lagi dech.

Membuat mie ayam ini mudah saja..biar praktis..pakai aja mie kering yang banyak kita jumpai di pasaran. tapi lebih oke sich..jika pilih mie yang agak besar2..contoh..merk Atom bulan , jadi bisa mirip sama mie ayamnya abang2 gitu. Terus..bakso bisa beli jadi aja...praktis. Tumisan ayam untuk toping..bisa kita siapkan banyak sekaligus, taruh di tupperware..lalu simpan di kulkas..tahan kok sampai beberapa hari gitu..kalau mau sering makan mie ayam..jadi nggak perlu repot sering2 bikin toping ayamnya.Untuk air kaldu juga bisa kita siapkan sekalian banyak..lalu simpan di freezer, sewaktu2 butuh buat kuah mie ayam atau sup lain..tinggal di panaskan dech.

Udah..gitu aja kok bahan2 mie ayam..oh iya..kalau mau khas dan mirip banget sama mie ayam abang2..pakai juga minyak ayam ya..itu lho..yang dulu pernah aku posting di sini cara membuatnya. Di penjual mie ayam..minyak ayam ini biasanya di taruh di botol kaca gitu..di campur dengan tumisan bawang putih. Memang..rasanya jadi semakin gurih sich mie ayamnya..jika di beri sedikit campuran minyak ayam ini.

Oke..selamat mencoba ya..mie ayam homemade ala aku..rasanya..nggak kalah kok sama mie ayam abang2 gitu...kata Yodha,.lebih enak malah..hihi..*geer dikit dech..hihi*
Mie Ayam Bakso

Bahan :
200 gram mie kering
250 gram ayam rebus, potong kotak kecil 
Bakso siap pakai 10 buah
5 lembar sawi hijau 
2 batang daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya

Bahan Kuah :
800 ml kaldu ayam , dari 1/2 ekor ayam yang di rebus dengan api kecil 1 jam sampai keluar kaldu beningnya
2 siung bawang putih, geprek
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam sesuai selera, kaldu bubuk sedikit..jika suka

Bumbu halus tumisan ayam :
2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri ( optional..bisa pakai..bisa..nggak )
1/4 sendok teh merica  butiran
Jahe 2 cm, geprek
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap 2 sendok makan
Garam secukupnya, air 200 ml
Cara membuat :
Tumisan ayam : Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan ayam , air dan bumbu2 lain.
masak hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.

Kuah : Panaskan 1 sendok makan minyak ayam ( jika pakai, jika tidak..ya pakai minyak biasa).
Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.Koreksi rasa.

Penyajian : Masak air hingga mendidih, masukkan mie, rebus sampai matang, lalu masukkan sawi hijau dan bakso, rebus sebentar saja. Lalu saring mie dan sawi. Tuang ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam, daun bawang, bawang merah, bakso, lalu tuangi kuah mie ayam. Sajikan dengan kecap dan saus jika suka. Selamat mencoba..^^..Eh..di foto..ternyata..aku lupa naburin bawang merah goreng dan daun bawang..baru ingat setelah udah di aduk2 sama Yodha mie ayamnya..hihi..jadi..jangan lupa juga ya teman..daun bawang renyah..kres2..itu yang tambah bikin mie ayamnya sedeppp...^_^...


27 comments :

  1. nyammmm....
    buka blognya mbak diah, nemu resep mie ayam...
    baca resep sambil jln kedapur, ternyata ada semua bahannya (kecuali minyak ayamnya)
    langsung tancaaaap...
    pas banget lagi momennya, di tmpatku lgi ujan.... pas bgt maem mie ayam....
    mksi rsepnya mbak diah....:)
    (btw, aku ngoment postingan mbak ini smbil masak kaldunya lho... hehehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..keren sekali Mba Nelly..seru juga ya..kalau masak sambil online..hihi...sipp mba..malah nggak bakal gosong..kalau Sy kan onlinenya di PC..jadi kadang kalau di sambi masak..pernah juga saking asyiknya..jadi gosong..hihi.

      Met coba ya mba..nggak pake minyak ayam juga nggak pa2..jika suka bisa di ganti minyak wijen jika da di rumah...dan selamat menikmati mie ayam ..pas banget dech hujan2..makan mie ayam anget..^^

      Delete
  2. ok sip mbak...
    iya nih... biar nggak bosen nunggu kaldunya (1 jam booo....)
    tp gpp, yg pnting ikhlas bikinnya... pasti enak....
    tp mesti hati2 juga mbak, klo nggak, malah hp kita yg nymplung ke kaldu.. hehe :)
    skali lg... MAKASIH MBAK DIAAAAAH :)
    (itu kecapnya pke kecap THG yg dari tegal kmaren ya mbak? hehe... iseng ngliatin gbrnya...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Nelly..mknya..klu bikin kladu atau masak yang lama2..aku sambi online aja..^^..tau2 bau harum kaldu ntar tercium dari dapur kok..^^

      Sama2 ya Mba..iya itu kecap hasil berburu kemaren di Kudus Mba..bukan Tegal..^^

      Delete
  3. upss... salah...
    mksudnya kecap TGH dr kudus kmaren ya mbak (hehe... ktahuan dech sotoynya)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..baru aku jawab di atas..bener..100..dari Kudus Mba..^^

      Delete
  4. Akhirnya nemu juga resep topingnya ituw.. mie ayam favoritku itu mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rini..ayam kecap aja intinya..aku ngulik ngulik resepnya dari tukang mie ayam langgananku..hihi

      Delete
  5. Replies
    1. Ya Mak Hanna..wis..paling sipp dech..tambah sambal yang banyak..hihi..^^

      Delete
  6. aku pernah nih mak, bikin sendiri. hihiih, gara2 tinggal jauh dari mamang2 mie ayam. tumisan ayamnya resep ngasal, tp lumayan enak, dan mirip2lah sama kyk resepmu. cuma aku ga pake jahe dan kemiri aja, karena ga tau wkkwkwkwk. next time mau coba resepmu ah. ohya, tapi aku suka bikin ayamnya dicampur jamur. jadi mie ayam jamur. uenaaaakkkk. :))))

    ReplyDelete
  7. Iya Mak...macam2 sich mie ayam topingnya..kalau yang ala2..Chinese..emang gak pake kemiri..kalau ini..mie ayam ala abang2 mie ayam di Jawa..hihi..jadi emang kayak semur gitu topingnya..^^

    Pakai jamur..wah..tambah sipp itu..^^

    ReplyDelete
  8. pesen yg pedes dua ya mba....

    hehehe....,
    *nyodorin mangkok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..telat dateng nich Mba Lina...bakule udah kelarisan..hihi

      Delete
  9. mbak diah, lg blank nich jd rada ga mudeng hehehe...
    klo ayamnya direbus dlu (buat dpt kaldunya) bukannya ntar wktu ditumis ga kluar minyak nya?? thanks mbak... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak ayam..bisa bikin terpisah Mba..dari kulit ayam yang di panaskan..kalau dari daging ayam..memang sedikit sekali mba..keluar minyak ayam..makanya abang2 mie ayam itu minyak ayamnya bikin sdr..dr kulit / lmak ayam..:)

      Delete
  10. oow.., jd yg ditumis ama bumbu itu kulit n lemak ayam yg msh mentah aja ya?? ato plus ayam rebus jg?? hehehe.. biar aq ga slh lg mbak coz td dah bikin tp ga ada minyaknya. tp enak resepnya mbak diah, suami-q suka :)
    btw, klo bikin mie ayam solo yg manis itu bumbunya gmna ya mbak?? coz aq pnya langganan mie ayam solo tp manis gitu.. thanks mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya..minyak ayamnya bikin sendiri terpisah Mba Reno..udah ada resepnya tersendiri..coba di search di kanan atas..pakai kata kunci minyak ayam gitu. Nah..tumisannya tetep..daging ayamnya.
      '
      Kalau mau manis itu tinggal di tambahin kecapnya mba..jadi kayak semur gitu..:)

      Delete
  11. oow gitu... :) thanks a lot ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. sudah bikin ini dua kali gara2 pacar ketagihan :D hehehe walopun gak pake minyak ayam.
    terimakasih mba Diah resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp Mba Indah..pasti tambah di sayang pacar nich..hihi

      Delete
  13. Enak banget lho mba diah... aku ga pernah pakai kemiri kalo bikin tumisan ayam, jadi gurih banget ya. Toss dgn mba Indah, pacar ketagihan minta makan ini trs hi3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Mariska..wah..sam tuch sama mba Indah..jd tambah di sayang pacar ya..hihi

      Delete
  14. Maaf mbak mo nanya, saya pernah bikin minyak ayam tp gagal. Langkahnya sbb:
    Kulit ayam saya cuci trus saya panaskan wajan dgn api kecil kemudian kulit ayam saya masukkan dan saya tutup, stelah 15 menit minyak ayam keluar tp sdikit dan kulit ayam jd lengket smua sama wajan. Apa ada kesalahan dgn step2 yg saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..kalau 15 menit memang belum jadi tuch mba..harus lama di ungkep kayak bikin ayam ungkep gitu sampai air habis..sejam an baru keluar dech minyak ayamnya..:)

      Delete
  15. Maaf mbak, kira2 ada takarannya gak ya klo misalnya saya punya kulit ayam 500 gram itu harus di campur air berapa ml? Maaf ngrepotin nanya terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 400 ml pakai api kecil ya mba..sampai air habis...terus saja di panaskan..nanti keluar myk ayamnya.:)

      Delete