Tuesday, September 10, 2013

Tips Menggoreng Lele


Lele...adalah salah satu ikan..yang hampir selalu ada ya di pasaran teman2..karena ikan ini ikan jenis ternak..bukan ikan tangkapan dari laut..dll. Harganya juga relatif murah dan bergizi..jadi..bisa menjadi salah satu lauk sumber protein untuk keluarga. Lele..paling umum..di masak dengan cara di goreng  ya..walau ada beberapa olahan lele lain seperti mangut lele yang tadi pagi aku posting resepnya. atau..lele bakar..juga enak. Bahkan sekarang olahan lele..ada juga yang lebih variatif..seperti di salah satu resto khusus yang menunya serba lele ya..ada lele saus asam  manis..saus tiram..lele krispi...dll..tapi..aku lupa..nama restonya...hihi..cuma sekilas baca aja di majalah.

Tapi..cara yang paling mudah dan paling sering kita lakukan..adalah menggoreng ikan lele, terus..di makan pakai sambal dan lalapan..udah dech..jadi lauk yang enak..kalau di Jawa Tengah..itu di sebut..pecel lele. Bukan lele yang di makan sama pecel..tapi ya..sama sambal gitu. Jadi..lele goreng biasa..yang di goreng sampai garing. Sambelnya..sambel ala penyetan..yang sudah pernah ku posting resepnya dulu. Di makan sama nasi anget gitu kok ya udah enak banget. Makanya..banyak banget warung2 tenda pecel lele yang ada di Jawa Tengah ini ya..terutama di Semarang dech..atau lebih dekat lagi..daerah kampus Undip..dekat tempat tinggalku..wah..banyak banget dech warung2 tenda atau warung makan..yang menjual menu pecel lele ini. 

Kalau aku ..lebih suka sich..menggoreng sendiri lele di rumah..selain lebih murah..juga lebih sehat.karena minyaknya kan..pakai minyak yang berkualitas..nggak seperti kalau beli itu..biasanya minyaknya ..sampai item gitu..hihi..karena udah di pakai berkali2. Nah..kadang2 kalau kita goreng lele..suka lengket ya di wajan..atau nggak bisa garing...nah..aku kasih tips ya..supaya lele yang kita goreng enak dan nggak lengket..yukk..di simak..buat teman2 yang baru belajar masak..nggak usah takut goreng lele ya..hihi..
  • Belilah lele yang masih hidup..di pasar..tapi..sekalian minta tolong yang jual..untuk membersihkan lelenya dan patilnya..karena patil lele ini..bisa melukai tangan kita..kalau nggak di potong. Tapi..segera setelah sampai rumah..cuci bersih dan di rendam bumbu lalu di goreng atau kalau mau di simpan..sudah dalam keadaan bersih. Lele yang sudah di matikan..biasanya..kalau terlalu lama di udara terbuka..akan berubah warna..dan berlendir. Contohnya..jika kita beli di tukang sayur gitu..biasanya kan lelenya udah di matiin dari pasar..kalau sampai siang jam 11 an aja gitu..lelenya udah nggak segar lagi. Beda gitu rasanya..kalau di goreng.
  • Lumuri lele dengan air jeruk nipis..untuk menghilangkan lendir.
  • Bumbuin lele, dan rendam di bumbu minimal 1/2 jam..agar bumbu2 meresap.
  • Tiriskan lele dari rendam bumbu, lalau taburi tepung beras tips2 merata, supaya lele goreng tidak lengket di wajan, dan hasilnya lebih garing.
  • Goreng lele di minyak banyak dan terendam..supaya matang sempurna dan garing.
  • Jangan di balik dulu lele sebelum bagian bawah nya agak kering ya, supaya lele tidak hancur.
  • Sajikan lele hangat setelah di goreng jadi terasa enak dan gurih, jadi goreng jika sudah menjelang waktunya makan, tapi jika lele goreng masih tersisa..jangan di buang..simpan di kulkas..besoknya..bisa di olah lagi jadi lele bumbu balado..hihi..*Mak Irit * 
Oke..semoga bermanfaat ya teman2 sedikit tipsnya..^^

8 comments :

  1. Asyiiikkk,...ada ide masak apa hari ini, semoga di mba sayur siang ini ada lele. kalau di kompleks ku lele yang di bawa biasanya masih hidup mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Irma..ayuukk...masak lele..hihi.
      Wah..klu di tukang sayur ku ..udah di beteti (di bersihkan dari pasar )..jadi klu sampai rumahku jam 11 an..udah berlendir lelenya..makanya..aku suka beli di pasar..yang masih lompat2 gt..hihi..tinggal minta tolong di bersihin sama yang jual..sampai rumah..msh tetep seger dech..^^

      Delete
  2. saya sukkkkaaa banget sama ikan lele mbk,digoreng aja sama sambal trasi n lalapan..maknyussss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enak..gurih..dan selalu ada ya Mak Hanna..jadi sering masak lele emang klu di rumah..sama..hihi

      Delete
  3. pas sekali mbak....lagi panen lele nih....gi goreng pas sore2 enak bangett

    ReplyDelete
  4. kalau bumbu halus untuk lele apa aja mba ?. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang putih, ketumbar, kunyit jk suka..garam..secukupnya..udah.:)

      Delete