Friday, September 27, 2013

Risoles Ragout Ayam Segitiga


Pernah lihat risoles segitiga teman2?..Pasti sudah ya..di bakery2 atau di tempat tukang jual jajanan pasar..kadang2 ada yang gorengan ini. Rasanya sich..kayak risoles biasa..cuma bentuknya itu lho yang segitiga..jadi kelihatan beda dan menarik. Aku pertama kali beli risoles segitiga ini di TBK langgananku..yang selain TBK..dia juga bakery kecil2an gitu. Isinya..kadang makaroni..kadang juga ayam..soun dan jamur kuping. Aku sich suka semua..hihi..*penggemar risoles*


Nah..karena suami juga suka risoles..aku buat risol segitiga ini dech...jadi pasti habisnya..di bandingkan bikin cake2 dan kue2 manis yang suami kurang suka. Sekalian..dalam rangka ngabisin stock putih telur di kulkas..aku kukus aja..terus di potong2 kecil..jadi dech campuran ragout ayamnya. Enak lho teman2, jadi jika bosan di oseng..ini cara terbaik memanfaatkan putih telur kukus.

Membuat risoles segitiga ini dulu aku udah pernah coba..cuma waktu itu belum terlalu sukses..karena kulit risolesnya agak tebal..jadi susah sekali di lipat bentuk segitiga. Sekarang aku udah tau triknya..hasil mereka2 sendiri..bahwa kulit risoles ini musti tipis dan lentur. Wah..jadi ingat..aku kalau bikin kulit risoles pakai susu kan hasilnya jadi lebih lentur. Akhirnya aku pakai resep kulit risoles andalanku biasanya..tapi airnya aku ganti susu. Jadinya kulitnya bener2 lembut dan lentur..dan ketika di lipat bentuk segitiga..jadi sangat mudah dech.

Jadi buat teman2 yang suka risoles segitga..yukk.silahkan di coba. Aku sertakan foto cara mudah melipatnya jadi bentuk segitiga juga ya..supaya ada bayangan buat teman2 yang belum pernah coba. Sayangnya nich lapisan tepung panirku kurang tebal..karena tepung panir halusnya made in sendiri..hasil memblender roti tawar yang ku panggag di oven..karena lagi nggak punya stock tepung panir..jadinya..terlalu halus dech tepung panirnya. Jadi nggak keliatan seperti berpanir..hihi. Tapi kalau soal rasa..sama enaknya kok..pakai tepung panir homemade. Ini dia resep dan step by stepnya ya..^^

Risoles Ragout Ayam Segitiga 

Bahan Isi :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus, cincang
2  buah wortel, rebus sebentar, potong dadu ( aku suka banyak wortel di ragout..karena akan menambah rasa manis alami..jika kurang suka..cukup satu buah aja wortelnya..)
100 gram putih telur rebus, iris kecil ( bisa di ganti kentang, kacang polong, jagung manis, soun..dll sesuai selera )
2 batang daun sledri, cincang
3 sendok makan tepung terigu
Susu cair 150 ml
Bawang bombay 1/2 buah, cincang halus
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Pala bubuk 1/ 8 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh ( secukupnya )
Kaldu bubuk jika suka, serta garam sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan 1 sendok margarin hingga harum, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir2. Lalu masukkan susu cair, sambil terus di aduk ( belum rata di awal nggak pa2..nanti akan rata sendiri ). Masukan ayam dan wortel, putih telur kukus dan semua bumbu2 lain. masak terus hingga mengental.Terakhir masukkan sledri cincangnya.Jangan lupa cicipin rasanya ya. ragout yang enak..harus terasa balance..komposisi manis dan gurihnya..terasa. Jadi..sesuaikan selara saja ya..soal penambahan gula dan garam..^^
Jika sudah mengental..sisihkan dan dinginkan
Bahan Kulit :
150 gram terigu protein rendah atau sedang
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml susu cair
2 sdk mkn minyak goreng, aduk rata

Cara Membuat :
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm. Kulit siap  di isi ragout.
  • Ambil selembar kulit risoles, lalu lipat dua jadi setegah lingkaran. Selanjutnya..taruh ragout di tengah2..lalu lipat sisi kiri dan kanan saling menumpuk hingga membentuk segitiga.Rapikan dan olesi dengan putih telur ujung2nya.
  • Jadinya bentuk segitiga..kayak gini.
  • Siap di celup dan di panir. Adonan pencelupnya juga nggak perlu kocokan telur..biar irit..hihi..cukup pakai adonan kulit risol cairnya aja...yang di sisain dikit buat pencelup. Lalu gulingkan ke tepung panir halus. Hemat kan..kalau kocokan telur kan boros..hihi.
  •  Udah..jadi dech..risoles segitiga hangat yang yummy..selamat menikmati..^^

21 comments :

  1. Replies
    1. Boleh Mak Lidya..masih ada di freezer tapi..sisanya belum di goreng..hihi..buat stock..:)

      Delete
  2. kesukaan seisi rumah ini mak, langsung bookmark ya
    trims banyak

    ReplyDelete
  3. lucu bentuknya mba... Gak nyangka simple banget ngelipatnya... Kirain ada alat tertentu... ^_')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..di sini byk yang jual risol segitiga..biasanya isi makaroni ayam..asal kulitnya tipis dan lentur mudah kok mba Lina..mbentuknya..:)

      Delete
  4. huwaaaa... ternyata ngelipatnya lebih mudah cara yang seperti ini yaa.. dilipat jadi setengah lingkaran terlebih dahulu, hmm.. yayaya.. *manggut2* saya pernah coba tapi jelek banget, bentuknya gak kompak. besar kecil gitu. hihi.. oya, saya juga kalo buat risol adonan pencelupnya kayak yg mbak diah bilang, pake sisa tepungnya, biar hemat. haha.. :D thanks for share yo mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ayu..lebih bisa sama ukurannya kalau pakai cara begini..tapi dengan catatan..kulit risolnya harus tipis dan lentur ya..jadi biar nggak ketebalan kulitnya...:)..met coba ya Mba..

      Delete
  5. Asalamu'alaikum,,,

    halllooo bunda...
    Sembari baca artikel "membuat risoles" intip my koleksi yuks?? :)

    promo bulan ini Order MINIMAL 3pcs DISCOUNT 20% selanjut nya 1pcs pun ttp dapet 20% diantos orderan na,,siapa tw berminat busana muslim kita..

    katalog ofline+online ny jg ada,,bisa buat dijual lg bund..

    ayo bunda bisnis online jg bisa :)

    http://mazayabandung.com/ atau di mazalah ummi,aulia,hatur nuhun (^_^) NUHUN.

    ReplyDelete
  6. kalo di freezer yang belum digoreng kira2 tahan berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa hari mungkin ya Mba..aku jarang nyetok sich ..biasa langsung goreng..:)

      Delete
  7. Mbak saya mau tanya, diresep kulit adanya susu tapi pas adonan kok air ya?saya bingung jadinya hehe..trims mbak pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh pakai susu atau air Mba..salah tulis aja..:)

      Delete
  8. mba diah...satu resep itu jadi berapa buah risolesnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belasan ya mba kira2.nggak pernah ngitung aku klu bkn jajanan..hihi

      Delete
  9. mb saya pemula dalm hal memasak,,xixixi,,saya mau tny susu cair yang digunakan mrek apa ya?bisa g di gnti susu bubuk fullcream yg sdh ditambah air..mkasi mb

    ReplyDelete
  10. Boleh kasih saran mbk .. klo tiap resepnya lbih baik ada prkiraan jdi brp bjinya ? Krna buat pmbca yg mulai usaha dri resep yg ajib dri mbk diah ini hheee..mksih

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mbak diah...
    Sy sdh coba risolesx...hasilx ludes dimakan anak2...
    Padahal sy btx tdk setipisx mbak diah...tapi tetap lembut hasilx....maklum mbak,baru belajar bt risoles pertama kalix...dan kulitx lembut bangetttt...
    Makasih mbak diah...

    ReplyDelete
  12. Mba diah.. Satu adonan resep ini dapat brp buah kulit rogut nya..?

    ReplyDelete
  13. Mbak, aku bikin frozen risoles, tapi pas digoreng panirnya jadi ga crispy.. tipsnya gimana ya Mbak?

    klo bikin kulit risol banyak buat stok, cara penyimpananya gimana ya Mbak?

    terima kasih.. :)

    ReplyDelete