Thursday, September 26, 2013

Poffertjes



Poffertjes..adalah kue warisan Belanda. Aslinya memang kue ini dari Belanda..seperti pancake sich sebenernya..terbuat dari tepung, susu, telur, gula, ragi instan dan sedikit mentega...tapi dalam ukuran mini..imut2..yang biasa di cetak di cetakan kecil2 sekali hap..^^. Lama nggak bikin poffertjes nich..dulu awal beli cetakan..belinya yang murah meriah dari alumunium tuch...alhasil..cepet gosong..hihi. Nah..kemaren pas beres2 dan bongkar2 gudang alat dapur..ku temukan lagi cetakan ini..akhirnya dengan pede ku beranikan diri bikin poffertjes lagi pakai alat ini. Setelah ku telateni..dengan api kecil..akhirnya berhasil juga..poffertjesnya.nggak pake acara gosong2 kayak dulu..hihi. Jadi..alat bukan masalah ternyata..cuma kita aja yang musti telaten mengakalinya. Memang sich..lebih enak jika punya gagdet dapur alat poffertjes yang dari bahan besi baja tebal tuch..yang warna hitam..yang biasa buat bikin takoyaki juga..cuma ku pikir2..rugi kan..kalau cuma bikin poffertjes dan takoyaki aja beli mahal2..kalau nggak sering2 di pakai...hihi..jadi..gunakan alat yang aja dulu..sesekali kalau lagi pengen poffertjes..beres kan..!

Poffertjes ini aslinya sich terbuat dari campuran tepung buckwheat juga..yaitu tepung yang gluten free. tapi jika tidak ada yang pakai tepung terigu biasa aja juga enak. Di Indonesia..poffertjes ini akhirnya di adaptasi jadi  kue lokal yaitu kue cubit dan jadi banyak versi juga ya. Kalau aslinya di Belanda..nggak di tangkupan..tapi kalau di Indonesia..poffertjes kebanyak di sajikan dalam bentuk dua buah poffertjes yang di tangkupkan jadi satu..jadi kayak bola2gitu..kalau cetakannya bagus..tapi..kalau punyaku karena cetakannya seadanya..ya nggak bisa jadi bulat2 bentuknya..hihi..ahh....yang penting..enakk..!..^_^

Kemaren mbikinin Yodha poffertjes ini buat cemilan sore pulang sekolah gitu..karena kalau sore biasanya ada teman anak tetangga yang main ke rumah..jadi kalau ada temannya kan jadi semagat ngemilnya..Yodha..cuma bikin pakai 100 gram tepung..hasilnya lumayan banyak juga..hihi..ya iyalah..kecil2 gitu kuenya.Tapi..lucu juga lho..seandainya kue ini jadi hidangan pesta gitu...kan kecil2 imut..irit..hihi..di sajikan hangat2 sekaligus jadi atraksi masaknya..pasti di sukai para tamu. Dulu aku pernah nganter Yodha ke pesta ultah temennya..di salah satu resto besar di Semarang ..gitu..salah satu menu cemilannya..poffertjes ini..jadi..di masak langsung gitu dan tamu2 bisa makan poffertjes hangat..terus di celup coklat ..wah..lucu juga idenya kan...sebagai snack kecil2 yang ringan dan tidak membosankan..serta selalu tersaji hangat. Membuatnya juga cepat dan mudah..jadi cocok nich buat cemilan sore2 keluarga teman2..bisa di sajikan dnegan taburan gula halus..selai ataupun coklat leleh..atau sama es krim..enak juga. Karena poffertjes ini aslinya nggak terlalu manis..jadi cocok di padu anekan toping yang manis2 sesuai selera...tapi jika suka adonannya sendiri mau lebih manis..ya di tambahin aja gulanya sesuai selera. Poffertjes..paling enak di nikmati dalam keadaan hangat..jadi jika tidak habis..dan di simpan..kalau mau makan lagi..bisa di hangatkan dulu sebentar di microwave.
Poffertjes

Bahan:
100 gram tepung terigu protein sedang, 1 butir telur
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh ragi instan
1/8 sendok teh vanili bubuk
1/4 sendok teh garam
150 ml susu cair
1 sendok makan munjung margarin, lelehkan
Bahan isi :meises atau keju sesuai selera
Gula halus untuk taburan

Cara Membuat :
Campur semua bahan kering, taruh di mangkuk, dan aduk rata
Kocok lepas telur , tuangi susu cair sambil di aduk sedikit demi sedikit sampai rata.
Tuangkan ke campuran tepung dan aduk dengan balon whisk sampai rata, tapi jangan terlalu kuat mengaduknya ya..supaya tidak bantat poffertjesnya. Diamkan selama 20 menit. Masukkan margarin. Aduk rata. Panaskan dulu cetakan offertjes di api kecil..hingga panasnya rata ke semua permukaan cetakan.
Oles cetakan poffortjes dengan sedikit margarin, lalu tuang adonan..jangan sampai penuh ya..soalnya adonannya nanti mengembang..jika terlalu penuh..nanti pas di tangkupkan bisa mbleber mbleber dan kurang bagus bentuknya..^^
Jika sudah hampir matang beri isi sesuai selera jika suka..misal keju atau meises..terus tangkupkan dua buah poffertjes jadi satu..lalu bolak balik dan panggang hingga semua sisi matang. Pakai tusuk sate ya biar lebih gampang membaliknya. Sajikan hangat dengan taburan gula halus. Yummy..poffertjes hangat yang empuk dan lembut..siap di santap hangat2.

Ini cetakan murah meriah punyaku..hihi..bisa juga kok di pakai bikin poffertjes...dengan api kecil..^_^




27 comments :

  1. kalo urusan gadget dapur kita kok seide ya, Mak irit gitu. malah kadang aku mikir diriku terlalu pelit karena hobi di dapur tapi urusan gadget pake pikir-pikir, hihi....
    itu cetakan lubangnya imut deh. Aku dah pernah liat di sini tapi bahannya tipis banget. Dibandingin pic diatas, masih tebelan punya mb Diah tuh. Pingin sih beli yang rada tebelan biar awet juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..soalnya sering nyesel dan nggak kepake beli gagdet dapur mahal2..contoh yang aku unya..donat maker listrik..belinya semangat..eh makenya cuma sesekali..karena..lebih manteb..klu makan donat goreng..hihi. Beli cetakan wafle juga..ampe tersimpan manis di gudang..paling yang sering kepake ya alat snack maker double pan gt..krn multi fungsi..:)
      Ini tipis juga lho Mba Rina..aslinya..hihi..makannya ati2 bgt apinya kecil..eh bisa juga ternyata..dulu aja yang gak sabaran aku..beli di TBK gt Mba..murah juga kok..ada yang agak tebel emang tapi musti ke Yogya kayaknya di Progo..klu aku sukanya..byk.:)

      Delete
  2. beli cetakan dulu besok di pasar, punyaku agak gedean, nti kurang imut ya mbak, cuma 15 rb di pasarku tuh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gedean dikit itu kayaknya cetakan buat cara bikang ya Mba Esti..aku juga punya..hihi..tapi bisa juga kok di pakai buat bikin poffertjes..emang kurang imut sich..hihi.
      Besok tak bikin cara bikang imut terus tak fotoin ya..sama tidak kayakpunyaku..tapi jika tidak gosong ya..hihi..soalnya emang tipis bgt ya..:)

      Delete
    2. iya mbak bikin cara bikang yaa, aku belum bisa dan belum pernah buat, dulu ibuku sering bikin cuma aku males jadi ga pernah merhatiin, sekarang malah hobi nguprek di dapur hehehee, beneran ya mbak di tunggu lhooo...tengkiyuuuu

      Delete
    3. Ya Mba Esti..semoga nggak gosong ya..hihi..klu sukses pakai cetakan murah ntar di posting dech.di tgg ya..tapi klu gagal..tak boyong cetakan carabikang kuningan dulu dr Yogya..hihi

      Delete
  3. Mbak Diah, kue Belanda ini tampilan seratnya dan rasanya hampir sama dengan Wafel/Bapel. Resepnya sama juga kah, atau karena beda bentuk saja? Wafel bentuk segitiga atau kotak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wafel lebih renyah Mba Devy..bagian luarnya..soalnya kan biasanya di pisah ya..kuning dan putih telurnya pas ngocok..dan di panggang pakai listrik ya panggangannya..jadi hasilnya krispi. Kalau poffertjes ini empuk dan lembut ..mirip pancake..:)

      Delete
    2. Oh begitu ya Mbak. Iya kalau Wafel banyak dijual di supermarket. Cetakan listriknya biasa suka dipakai untuk roti bakar (pakai listrik juga).

      Delete
    3. Iya Mba Devy..sama..aku dulu cetakan wafel yang kotak terus jadi segitiga gt lebih byk buat bikin roti bakar..drpd bikin wafel..hihi

      Delete
  4. cetakannya sama mbak, aku punya juga belinya murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cetakan pasar ya Mak Lidya..mur mer..hihi

      Delete
  5. aku suka kue ini, kalo ngaduknya gak pake balon whisk, gimana mba? Terus, saya tuh, suka gagal membaliknya, jadi bentuk kue nya gak menarik. Tips nya dong mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggakpa2 sich Mba Santi..nggak pakai balon whisk..pakai spatula plastik itu juga bisa..cuma..untuk adonan seperti ini..lebih mudah saja jika pake..:)..tinggal di dorong..serong ke kiri..ke kanan..cepet nyampur..klu pakai whisk..hihi..kayak lagu ya.:)

      Cara mbaliknya..mudah juga mba..pakai tusuk sate..tusuk sisi bagian dalamnya..terus..di balik dech...tangkupkan ke kue lain..mulus dech nanti....:)

      Delete
    2. makasih ya, tipsnya. Eh... boleh usul ga? kalo bisa ditampilkan foto2 cara bikinnya dong mba... hehehe...

      Delete
    3. Ya Mba..coba next time ya..kadang2 ya tak potret sedikit stepnya klu bikin..tapi kadang pas malesnya kumat..ya lupa..hihi..soalnya sdr Mba..jadi kadang tangan kanan megang apa..tangan kiri yang motret..cuma kadang anglenya jadi enggak bagus..karena terlalu dekat motretnya..hihi

      Delete
  6. Ini telurnya 1 biji aja pa ya....? koq di ket bahannya gak ada, Mudah resepnya ... bikin ...aaahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ..lupa nulis Mba..iya...cuma 1 aja..resep irit ..hihi

      Delete
  7. mudah bahan2nya nih mba, belum pernah bikin, kapan2 pingin nyobain ini ah.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah banget Bun..kayaknya selalu ada di rumah ya..jadi sore2..mendung2..*ngayal..panas bgt gini..kpn mendung ya..hihi..*...pas lagi ngumpul sama keluarga gt..cobain dech bikinin ini sebentar..pasti pada suka..:)

      Delete
  8. waaa... pengen bisa masak deh kayak Mak DiahDidi... T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ayukk masak Mak Riski hihi..udah pindahan belum jadinya Mak..?

      Delete
  9. Wah..kebetulan kemaren habis "ngembat" cetakan kayak gitu dari rumah mertua di jogja...dan dirumah cuma buat bikin telur dadar imut aja..hmmm bisa juga neh dicoba resepnya mba diah..bahan2nya juga mudah..
    Mba, klo dikocok pake mixer kecepatan rendah bisa ga ya? aku ga punya balon whisk?
    Makasih mba...pengen ikutan GA nya neh..dulu sering juga nyontek resep mba diah, tapi ga sempet ke foto..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di coba ya..iya bisa tapi jgn lama2 ya mixernya..:)
      Di tunggu ikut GA ya Mba......di fb..:)

      Delete
  10. Makasih mbak diaah..aku coba pertama kali dan saksesss... cuma kalo pake gula donat agak pahit gulanyaaa.

    -Febri-

    ReplyDelete
  11. itu bukan cetakan kue cubit mba..hehe..lam kenal yaa..

    ReplyDelete
  12. Mbak Diah...cetaannya beli di mn ? Imut...lucu...😁

    ReplyDelete