Thursday, September 12, 2013

Air Kapur Sirih



Sering ya..dalam beberapa resep makanan..menggunakan air kapur sirih teman2..nah..apakah air kapur sirih itu?..Air kapur sirih adalah endapan air dari kapur sirih yang di larutkan. Nah..kalau kapur sirih itu apaan?..Mungkin ada teman2 yang belum tau?..Baiklah..sedikit aku ulas ya..tentang di kapur sirih ini.

Kapur sirih..dalam bahasa Jawa sering di sebut juga *injet*..adalah kapur..yang bisa buat nginang ( makan sirih ) kalau buat orang jaman dulu. Dan ajaibnya..orang yang suka nginang dulu giginya awet lho..walaupun udah tua..hihi. Sirih..kapur sirih dan ubo rampe ( pelengkapnya )..juga merupakan salah satu sesajen di beberap upacara adat di Jawa. Kapur sirih ini bisa kita beli di pasar tradisional..di tempat orang biasa jual bunga..atau jamu2 an. 

Penggunaan kapur sirih di makanan udah di kenal dari jaman dahulu nenek moyang kita kalai ya..^^..seperti dalam pembuatan aneka keripik..umbi2an..dll..jika di rendam air kapur sirih dulu bahannya..hasilnya..akan lebih renyah. Seperti halnya keripik usus yang tadi ku buat..juga memakai kapur sirih untuk merendam ususnya. Selain untuk keripik..air kapur sirih biasa juga di gunakan untuk merendam buah2 an yang akan di buat manisan..supaya tekturenya tetep keras..nggak lunak..seperti manisan pepaya..dll. Dalam aneka jajanan tradisional..air kapur sirih juga sering di tambahkan..misal..dalam pembuatan klepon, mendut dari tepung ketan..dll..agar lebih kesat dan tidak terlalu liat. Ada lagi..ketupat...yang di rendam dahulu dengan air kapur sirih..akan lebih padat hasilnya. Asal dalam jumlah yang tidak berebih..air kapur sirih ini..tidak akan memperngaruhi..rasa makanan kok.

Untuk mendapatkan air kapur sirih, kita harus melarutkan kapur sirih dengan air, lalu di diamkan..dan di ambil airnya. Jadi..jika teman2 ketemu resep yang menggunakan air kapur sirih..nggak perlu takut dan ragu ya..udah biasa kok..buat makanan..semoga bermanfaat ya..sedikit infonya.

42 comments :

  1. Saya juga punya kapur sirih di dapur, Mbak. Biasanya buat ditambahin kalau bikin gorengan pakai tepung. Kata mama saya biar renyah. Betul ga sih mbak fungsinya itu? Saya sih nambahin aja karena udah biasa diajarin mama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang denger2 gitu Mba Yanti..bisa bikin renyah di gorengan ya..tapi..aku belum pernah coba Mba..kalau di campur langsung di adonan gitu..paling2 tak pake buat merendam bahan mentah..kayak bikin keripik usus..keripik talas..dll..lha rasanya bagaimana Mba?..Apa jadi lebih renyah..jika iya..berarti bener seperti kata Mama Mba..:)..Kalau rasanya gmn mba pengaruh nggak ke rasa gorengannya?..Hihi..di tanya malah nanya balik ya Mba..:D..

      Delete
    2. Iya, Mbak. Emang lebih renyah. Kalau rasa mungkin karena saya udah biasa makan gorengan yang dicampurin air kapur jadi ya rasanya biasa aja mbak. Kecuali kebanyakan, ada rasaa... duuh... bingung menjelaskan rasanya gimana tapi tau aja kalau itu air kapurnya kebanyakan. hehehe...

      Delete
    3. Oh gitu Mba..oke dech..nanti aku cobanya..mungkin mau tak campur ke kulit lumpia..biar bisa renyah kulitnya...soalnya..klu bikin kulit lumpia sdr kan..kurang krisi gt hasilnya..:)

      Delete
  2. sekedar info kapur sirih juga bisa untuk mengilangkan bau badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Vina..infonya..iya pernah denger juga Mba..di campur jeruk nipis gt ya Mba..pakainya?.

      Delete
  3. kalo di kalimantan biasanya sebagai salah satu bahan untuk bikin pisang goreng mba..makanya pisang goreng kalimantan tuh renyah dan crispy...beda sama pisang goreng di jawa..salam kenal...mo belajar nih sama mba didi, resepnya mantaaapss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...mksh infonya Mba Nurul ya..malah belum pernah aku Mba..nanti kapan2 ku cobanya..^^

      Delete
  4. Wah....senangnya dpt info bermanfaat begini. Thx mbak diah didi.

    ReplyDelete
  5. Mbak diah, injet ini yg suka dijual di tukang kembang gitu kan yah? Bener tuh buat gorengan pakenya air kapur sirih ini, biar tahan lama renyahnya :)

    ReplyDelete
  6. Mbak, kalau efek terlalu lama merendam pakai air kapur sirih itu apa mbak?
    beberapa waktu nyoba buat balado ketela, tapi karena capek akhirnya di rendam semalaman, begitu di goreng ...hyaaa kok kayak cantir (kripik mentah) :D atos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya..kelamaan Mas..merendamnya..jadinya kaku banget tuch ya ketelanya..kan merasuk sampai ke dalam2nya tuch air kapur sirihnya.

      Delete
  7. perbandingan air dan kapur sirih berapa dan direndam berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kira2 aja Mas..sesuai kebutuhan..di endapkan semalaman dulu lebih bagus..tapi kalau mau buru2 di pakai ya beberapa jam aja cukup..:)

      Delete
  8. Oh jd yg dipake cuma airnya aja to mbak? Selama ini sy kalo bikin pisang goreng langsung aja njit nya sy ceburin ke tepungnya, ga pake dicairin, tp pakenya sedikiiiit banget. Jd salah ya mbak? Jd diendapkan dulu, lalu yg dipake air yg di atasnya begitu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..kalau ibuku ngajarin sich gt..supaya nggak getir kalau orang Jawa bilang..:)

      Delete
  9. Harga kapur sirih itu biasanya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  10. Kalo mau buat manisan bonceng Di rendam sama air kapur sirihnya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonceng itu apa ya mba..hihi..malah ndak tau aku..:)

      Delete
    2. Mungkin kalo d bhs.indonesia itu blonceng, yg buahnya warna hijau, besar lonjong

      Delete
    3. Blonceng itu bahasa indonesianya labu air, beda sama labu siam lho ...

      Delete
    4. Mksh infonya Mas..iya udah liat kmrn akhirnya..Mba Siska..kayak bikin manisan biasa mba....:)

      Delete
    5. Waktu ngerendam buat manisan berapa lama ya?

      Delete
  11. Harga kapur sirih itu biasanya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  12. Mba didi. Kebetulan aku stay di kanada jd gatau apa sih istilah air kapur sirih itu.. Susah bgt cari di asia marketnya. Kira2 utk pengganti rendaman pulut utk lupis apa yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya. Kapur sirih kalau di Amerika di asian market namanya lime stone paste. Tp bisa didapat di mexican store bentuknya bubuk, namanya lime stone. Kalau di supermarket biasa bentuknya bubuk juga namanya pickling lime, biasanya ditaruh di rak barengan dengan perlengkapan canning. #inge

      Delete
  13. Ikut nimba ilmu, kapur sirih bisa kadaluarsa gak? , lebih tahan lama mana kapur sirih dengan santan...mihon pencerahanya

    ReplyDelete
  14. Aku masih bingung perbandungan kapur sirih sama airnta. Klo kebanyakan efeknya apa yah?

    ReplyDelete
  15. Maaf terlambat comment. Hehehe...banyak yg nanya perbandingan kapur sirih dengan air. Ibuku dulu biasa punya stok air kapir sirih ditaruh wadah tertutup. Kira2 satu wadah itu endapan air kapurnya setengahya sdgkan setengah bagian atasnya adalah air. Dan itu digunakan berbulan bulan. Kl air tinggal dikit ditambahin lg dan ditutup biar selali bersih airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus,disimpannya dimana mbak? Apa di kulkas atau dimana gt?

      Delete
    2. Terus,disimpannya dimana mbak? Apa di kulkas atau dimana gt?

      Delete
  16. Apa yg d maksud kapur sirih tu gamping yg d masukkan air langsung mendidih itu,biasa klo d kmpung2 buat ngecat rumah papan

    ReplyDelete
  17. Apakah kapur in bisa expired? Saya punya sejak 5 tahun lalu, apakah masih bisa dipakai? Says mau bikin cendol.

    ReplyDelete
  18. Perbandingan air dengan kapur sirihnya harus benar ya mba? Waktu itu saya buat keripik pisang tapi tetap lembek hasilnya padahal sudah saya rendam dengan endapan air kapur sirih.

    ReplyDelete
  19. Perbandingan air dengan kapur sirihnya harus benar ya mba? Waktu itu saya buat keripik pisang tapi tetap lembek hasilnya padahal sudah saya rendam dengan endapan air kapur sirih.

    ReplyDelete
  20. Mba sy mau tanya
    Air kapur sirih itu di pakenya bisa berapa kali ya?misalnya sekarang saya bikin endapan trus sy pake trus keesokan harinya klu sy pake sisa yg tadi apa boleh ?tmks

    ReplyDelete
  21. Mba sy mau tanya
    Air kapur sirih itu di pakenya bisa berapa kali ya?misalnya sekarang saya bikin endapan trus sy pake trus keesokan harinya klu sy pake sisa yg tadi apa boleh ?tmks

    ReplyDelete