Saturday, September 14, 2013

Apa Beda Muffin , Cupcake dan Cup Cake ?..


Sering ada pertanyaan dari teman2 di Diah Didi's Kitchen di fb..tentang beda cupcake dan muffin. Secara tehnik sich..jelas itu berbeda ya..kalau cupcake..itu adalah cake yang di panggang satuan..dalam cup baik itu loyang khusus cup cake atau cupkertas  danalumunium foil. Sedangkan muffin..adalah sejenis roti yang di buat cepat tanpa ragi dengan adona basah..seperti adonan cake dan di panggang dalam ukuran satuan, karena donan rotinya bukan adonan yang liat dan kalis sepreti roti biasanya, tetapi merupakan adonan basah seperti adonan cake. Jadi..istilah muffin ini sebenernya mirip dengan istilah *quick bread* yang sering kita jumpai di resep2 dari luar negeri ya. Tapi..biar lebih otentik dan ilmiah..*cey..gaya banget hihi*.....akhirnya aku belajar dari beberapa web luar yang mengupas tentang cupcake dan muffin..dan akhirnya juga jadi tau ilmu baru...bahwa..*cupcake* dan *cup cake* ( tulisannya di pisah ) itu juga berbeda arti..jadi..aku ringkas di sini ya pengertian  ketiganya..semoga bisa bermanfaat dan menjawab pertanyaan teman2 semua ya.

Istilah "cupcake" pertama kali di perkenalkan pada tahun 1828. Pada awal abad ke-19, ada dua kegunaan yang berbeda untuk nama "cup cake" atau "cupcake". Dalam abad sebelumnya, sebelum cetakan muffin yang tersedia secara luas, kue sering dipanggang di cangkir tembikar individu, ramekins, atau cetakan dan dari cangkir minum, dan nama "cupcake" kini diberikan kepada kue kecil yang seukuran cangkir teh / kopi atau berukuran satuan. Nama "kue peri" atau fairy cake adalah deskripsi untuk ukurannya, yang kecil2. ( Sumber info : http://cupcakes-canada.com/about/history-of-cupcakes). Sehingga kita mengenal cupcake sekarang sebagai jenis  cake yang bentuknya di kemas di dalam cup satuan yang berukuran kecil..dengan berbagai hiasan yang menarik dengan butter cream, gula2 ,icing sugar.dll. Kalau dulu sich..kenalnya cuma di hias pakai butter cream ya teman2..sekarang..udah semakin keren dan bervariasi dech hiasan cupcake ini.

Namun..menurut sejarahnya.di abad ke 19, istilah cupcake berbeda dengan istilah lain yang mirip yaitu cup cake ( tulisannya di pisah ). Sebelum ada cetakan kue muffin dan cupcake aneka bentuk seperti sekarang ini..dulu..cetakan yang di pakai adalah cetakan tembikar..atau mangkuk tahan panas, gelas atau cangkir kecil  yang biasa untuk minum kopi atau teh, sehingga kuenya di sebut *cupcake*.  Sedangkan istilah *cup cake*..di gunakan untuk cake yang menggunakan cetakan atau loyang cake biasa, tapi dalam proses pembuatannya..ukuran bahan2 yang di pakai di ukur menggunakan ukuran cup, jadi bahan2 kuenya diukur berdasarkan volume, menggunakan cangkir berukuran standar, bukannya ditimbang, disebut demikian karena bahan2nya terdiri dari empat bahan: satu cangkir mentega, dua cangkir gula, tiga cangkir tepung, dan empat telur. Mungkin kalau di jaman nenek moyang kita jaman dulu..yang udah bisa bikin kue..kali2 itu yang di sebut bolu..dan di ukur pakai gelas belimbing gitu ya teman2..hihi. Ayo..pada tau nggak gelas belimbing kaca..yang dulu di pake ibu kita buat ngukur bahan2 bolu?..Aku sich masih punya..hihi.. Kalau untuk sekarang lebih keren nya di sebut *pound cake*..karena bahan2nya udah di timbang seperti biasa. Jadi kesimpulannya, "cup cake" menggunakan pengukuran volume, dan "pound cake" menggunakan pengukuran berat.

Saat ini cupcake sangat tren ya di  kalangan masyarakat kita..biasanya di gunakan untuk perayaan berbagai macam pesta, ataupun sebagai souvenir atau bingkisan untuk keluarga atau sahabat.
Tips ..kalau teman2 mau membuat cup cake sendiri untuk pesta, sebaiknya pilih jenis cake yang permukaannya bisa menggunung ( nge dome ),namun tidak pecah dan juga kokoh.Jenis cake yang paling bagus untuk muffin adalah jenis buttercake atau brownies masih bisa..tapi kalau muffin..nggak bisa ya..karena muffin bisanya merekah..dan tidak beraturan permukaannya. Sponge cake..juga kurang cocok untuk cupcake  berhias..karena permukaanya cenderung cekung.

Contoh muffin: permukaan tidak rata, rasanya..lebih berat dan mengenyangkan daripada cake atau cupcake.


Contoh Cupcake : Cakenya bisa dari jenis butter cake atau brownies..seperti contoh di foto berikut. Cup cake..bisa di sajikan polosan seperti ini untuk snack biasa..atau di hias dengan aneka hiasan, seperti yang lagi nge tren saat ini dan kita sering temui di toko2 cupcake hias.


Contoh cup cake : Cake yang di buat dengan ukuran cup / gelas..atau kalau di Indonesia lebih di kenal dengan kue bolu jadul ya..karena di ukur dengan takaran gelas.Tapi..cup cake ( cake dengan takaran bahan pakai gelas )...bisa juga di panggang satuan di cup..jadi *cupcake*..hihi..nggak bingung kan teman2..?


19 comments :

  1. baru tahu hehehe....cupcake sam mufin,lebih suka muffin saya mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih berat terkturenya dan mengenyangkan klu muffin ya Mak Hanna..hihi..aku...suka..semua..*dasar tukang mkn ya aku..:D..*

      Delete
  2. beda toh mba cupcake dengan cup cake?
    Hihihi, boro2 tau masalah begituan, hehehe... Ngertinya kalo cake yg ditampilkan secara individual cup yo wes itu cupcake, hehehe...

    *katro yah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lina..aku juga taunya gt..tapi ternyata setelah aku baca2 sejarah cup cake dari sebuah website luar..ternyata beda..hihi..

      Delete
    2. oia mba, minggu lalu aku beli beras merah yg 2kg per pak itu tuh, cara masak'y apakah sama saja dg nasi putih mba? Ukuran airnya seberapa ya? Maklum nih mba, tertarik dg program diet'y mbak diah... Hihihi...

      Delete
    3. Yang merah banget sekali selep atau yang merah lebih pucat 2 kali selep mba Lina..?..kalau yang dua kali seleb..kayak masak nasi putih biasa airnya..klu yang sekali seleb..di lebihin dikit..ya..:)

      Delete
  3. o'ow baru tau ada cup cake juga. selama ini taunya pound cake, itu cake-nya lebih lembut dan tampak seperti kosong, maksudnya ringan gitu. itu juga tau karena suaka bikin pake adonan instan. hahahha *memalukan* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Isti..macam2..cake..ada cup cake..cupcake..sponge cake..chiffon cake..pound cake..dll..wah iya..praktis ya Mak..di sana..adonan instan ada juga ya Mak..kayak Donan atau Pondan gt ya..:)

      Delete
    2. iya kayak Pondan. wwkkwkw ketauan malesnya :D
      kalo resep mudah, biasanya aku bikin sendiri. kalo lg males aku beli yg instan :D

      Delete
    3. Iya Mba..ndak pa2..kan malah praktis ya..:)

      Delete
  4. o... Pantesan ada yg pucat n ada yg merah kecoklatan, tp aku ambil yg kecoklatan mba... Tadi aku udah masak, ditanak biasa mba, iya benar, air yg dibutuhkan agak banyak, tadinya ukuran airnya sama seperti nasi biasa, lho kok masih utuh aja biji beras'y, belum ada tanda2 mau mekar, jadi aku masak 1 mangkok keci, airnya sekitar 3-4 gelas belimbing, alhamdulillah mateng, jadinya banyak... Hehehe... Rasanya asrep banget ya mba... Tapi Afa (anakku yg kecil, 3thn) doyan... Awet kenyangnya mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina..awet kenyang..makanya bagus buat diet..wah..pinternya Afa..doyan beras merah..bagus lho Mba..buat anak2...cuma..kalau mau yang lebih enak..yang warnanya pucat Mba..itu rasanya.kayak nasi putih biasa..jadi..aku skrg pilih itu..biar semua bisa makan..:)

      Delete
    2. oke deh mba, nanti kalo udah abis aku lanjutkan beli yg rada pucat itu...

      Matursuwun sanget lho iki mbakyu... ;)

      Delete
    3. Ya Mba Lina..sama2..yang penting niatnya hidup lebih sehat gt dgn beras merah..kalau dapat langsing ya bonus kan..hihi..:)

      Delete
    4. bener tu mba, urusan langsing, gemuk semua ada yg menentukan, tp menjaga kesehatan kan tergantung pribadi qt yo mba...
      Hehehe...:)

      Delete
  5. Wahh, ane baru tau nih sist perbedannya. Ane mah makan-makan aja sist. hehe. Nice info anyway ^^

    ReplyDelete
  6. Mb diah..ijin kutip keteranganny blh...??? :)

    ReplyDelete
  7. Mbak diah saya mau tanya,,sebentar lagi anak saya ultah umur 1th
    Nah saya mau buat cupcake buat isian goodie bag mbak..kalau boleh tau cara penyimpanan cupcake yg udah dihias dg fondant gimana ya mbak..soalnya mau saya buat 1 hari sebelum hari H
    Terima kasih sebelumnya mbak&salam kenal dr saya di ngaliyan semarang

    ReplyDelete