Monday, September 2, 2013

Menikmati Soto Kudus Asli..di Kudus..^^


Hari Minggu kemaren..aku ke Kudus sama Yodha dan Papinya..ada acara apa ke Kudus?..Tidak ada..hihi..iseng banget. Kan setiap Minggu pagi..kita selalu keluar cari sarapan yang unik2 gitu. Biasanya..makan Soto di Soto Sedep atau di Soto Angkring Mas Boed..deket rumah aja..tapi kemaren tuch..karena lagi  pengen Soto Kudus..iseng aja..ke Kudus sekalian..hihi. Niat banget ya..cuma mau makan Soto Kudus aja ke Kudus. Soalnya..aku belum nemuin Soto Kudus di Semarang yang benar2 enak kayak di Kudus sich..walaupun banyak yang sudah terkenal..seperti soto Bangkong, Soto mba Lin..dll..rasanya enak..tapi rasanya kok kurang otentik gitu..rasa Kudusnya..hihi. Apalagi dapat info...ada warung soto Kudus kecil..yang belum banyak terpublikasi..tapi enak sekali rasanya..yaitu warung Soto Kudus Bu Jatmi..wah..tambah penasaran kan. Kalau di Kudus..yang sudah terkenal dan buka kayak warung makan besar kan Pak Denuh..atau Pak Sholichun di Tama Bojana. Nah..kali ini pengen coba yang ala warung kecil asli  Kudus gitu.

Sampai Kudus..langsung dech muter2 cari warung Soto Bu Jatmi..cuma..sempat kesasar2 juga..padahal udah kelewatan..hihi. Malu bertanya..memang sesat di jalan..lha wong setelah tanya2..orang, ternyata mudah sekali mencari lokasi soto Kudus ini..karena masih di pusat kota..cuma karena warungnya kecil jadi nggak keliatan dan kelewatan terus. Akhirnya ketemu juga warungnya. Warung Soto Kudus bu Jatmi ini memang kecil..dan otentik warung Soto jadul..di mana kita bisa duduk di depan angringan sotonya..pakai bangku2 panjang gitu. Wah, sayangnya tempat itu sudah terisi pengunjung lain..jadi kita duduk di meja  biasa aja dech kemaren. Selaian itu..warungnya juga penuh..di padati pembeli..jadi enggak leluasa foto2 dech. Nggak pa2 dech..yang penting udah nyicip..soto asli Kudus yang otentik..jadul gitu..ya di warung Bu Jatmi ini. Di di dinding juga terpampang beberapa foto artis yang udah pernah datang ke warung ini..hihi. Tapi..rasanya..memang..beda kok sama soto2 Kudus yang aku rasain di Semarang. Sedep dan seger gitu..kuahnya juga keruh ..seperti yang ku pikirkan..nggak bening seperti Soto Kudus di Semarang sini. Oke dech..paling nggak udah tau citarasa asli Soto Kudus..jadi bisa buat panduan..nanti kalau bikin sendiri di rumah. 

Kemaren ngobrol2..sama orang2 yang makan di warung bu Jatmi ini..katanya memang ini yang termasuk soto yang enak di Kudus...walau warung lainnya juga enak..dan yang khas dari Soto Kudus..adalah penggunaan kecap THG..kecap khas Kudus..hemm..mungkin itu kali ya..yang bikin beda juga..rasanya..jika di jual di daerah lain sotonya. Aku cicipin kecapnya kemaren..memang lebih gurih ya..nggak cuma manis..tapi ada rasa gurih dan berbumbu gitu. Akhirnya..setelah makan Soto Kudus,..aku hunting kecap THG dan horee..dapat..jadi nanti kalau bikin soto Kudus di rumah..bisa otentik gitu rasa Kudusnya..hihi.

Setelah makan Soto Kudus..muter2 lah kita ke Kota Kudus..yang memang sepi....hihi..beda sama Semarang yang crowded. Udah sering banget lewat Kudus...baru kali ini sich aku muter2in kotanya..dan pengen coba kuliner lain sich..seperti Lenthok Tanjung, Lontong tahu Telur Gimbal khas Kudus..dll..tapi..udah kenyang bgt makan soto..ya udah..next time lagi dech. Cuma..kalau Garang Asem Kudus..Sarirasa..yang sudah sangat terkenal..wajib beli..enak sekali soalnya. Jadi akhirnya beli 2.di bungkus aja di bawa pulang. Nanti aku review tersendiri ya.tentang Garang Asem Kudus ini teman2. Semoga bisa menjadi panduan berwisata kuliner..jika ada yang sempat mampir ke Kudus ya. Mau resep soto  Kudus juga?..nanti..aku ulik dulu ya..resepnya..^^

Soto Kudus yang otentik Kudus..kayak gini nich..isinya ayam dan taoge aja..terus sama bawang putih goreng yang banyak..inilah ciri khas Soto Kudus. Kuahnya agak keruh, kayaknya pakai kemiri dech..dan berwarna agak kekuningan..jadi musti pakai kunyit..jadi beda sama beberapa resep soto Kudus yang pernah ku coba..yang berkuah bening dan tanpa kunyit. Cita rasa kuahnya segar..dan cenderung sedikit agak manis..namun rasa gurihnya kaldunya tetep menonjol. Minimalis banget ya isinya..tapi tenang, di meja..banyak kok lauk pendampingnya..hihi, ada sate telur, perkedel, tempe..sate jerohan....sate paru..dll..enak semua..^^


Aihh, si ibu penjualnya..sadar kamera juga ya Bu..!..^^

Warungnya kecil sich...cuma seru..ada ciri khas angkringan soto gitu di depannya..maaf nggak dapet angle yang bagus kemaren...karena penuh motor dan mobil depannya..yang jelas....datanglah  pagi2 atau sebelum makan siang..soalnya..kalau pas makan siang..katanya tempat duduknya..sampai antri2..^^


4 comments :

  1. Salam kenal mbak diah,, :)
    Sesama penggemar soto kudus nih n saya juga aslinya semarang,,
    Coba ke soto pak rebo mbak, daerah pasar langgar semarang. Menurut saya sih enak. Kalo di kudus, ke soto kerbau pak karso karsi mbak,, Nyamm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dian...salam kenal juga..wah..asyik..dapet info Soto Kudus yang enak di Semarang...jadi lebih deket ya Mba..Pasar Langgar..wah..Semarang sebelah mana itu Mba?..kok baru denger..hihi..maklum..aku aslinya yogya..dan suami..klu ngajak makan soto Kudus di Semarang..paling ke Mba Lin..atau Soto Bangkong gt..:)..
      Eh kmrn suamiku coba Soto kerbaunya di Bu Jatmi..katanya enak juga..empuk daging kerbaunya..:)

      Delete
  2. Terima kasih atas postingan soto kudus bu jatmi. Semoga kami ttp bisa mempertahankan citra rasa dan pelayanan terbaik kami shg penikmat soto kudus tidak kecewa..salam dari anak bu jatmi

    ReplyDelete
  3. mbak didi ini tu soto langganan papa sekeluarga saya, dulu waktu sering mudik ke kudus.. emang enak banget sotonya seger... Kalo pulang ke pati pun selalu ngedrel (maksa) mampir sini..kemarin terakhir kesana juga masih enak, puanas, seger..hahahaha..perkedel nya juga ngangenin...

    ReplyDelete