Monday, September 2, 2013

Es Stik Pisang Coklat


Punya stock pisang ambon yang udah mateng banget..harus segera di manfaatkan. Mau bikin cake pisang..tengok bahan2 di dapur kok kurang lengkap..ya udah..di buat es stik pisang coklat aja..cocok kan..buat cemilan di siang hari yang super panas kayak sekarang ini. Rasanya..mantab..kombinasi pisang ambon yang manis..di padu coklat ...enak banget. Mak nyess..seger...enak dech.

Es stik pisang coklat ini..bikinnya gampang sekali..dan pasti menarik jika di buat bareng si kecil. Aku biasanya habis di celup coklat..suka di gulingkan ke kacang ..meises..dll..rasanya jadi unik dan makin menarik es pisangnya. Cuma..karena di dapur lagi kehabisan stock bahan2 kue..jadi bikin yang asli rasa coklat saja. Dan..karena hari ini malas mblender gulanya..hasil celupannya kurang mulus dikit..hihi..tapi kalau soal rasa..nggak masalah..enak..tetep. Jadi...kalau mau halus permukaan es coklatnya..sebaiknya gula pasirnya di blender dulu gitu sampai halus ya teman2, jadi mudah tercampur dengan bubuk coklatnya. Pisang yang di pakai juga..sebaiknya pisang yang udah benar2 matang ya..biar manisnya alami. Kalau mau niat bikin es pisang begini..lebih baik cari pisang yang harganya rada murah..beli aja..yang kulitnya udah hitam..tapi dalamnya masih bagus..putih gitu di tukang buah..nah..biasanya itu malah manis banget..dan harganya juga di obral..separonya..hihi..*teori Mak Irit..*..iya kan..nanti kan di kupas juga...dan di tutup coklat..jadi..selain murah..juga malah dapat pisang yang udah manis banget..^^


Nah..mau coba teman2..yukk catet resepnya ya..es stik pisang coklat..ala aku..^^
Es Stik Pisang Coklat 

Bahan :
6 buah pisang ambon matang, potong 2 bagian, tusuk dengan tusukan es krim, bekukan di freezer 1 jam.
Coklat bubuk 50 gram
Gula pasir 100 gram, di blender halus ( Sesuaikan gula dengan jenis coklat yang di pakai ya..karena coklat bubuk macam2..ada yang pahit..kayak yang ku pakai ini..merk..Bendrops..jadi..tadi 100 gram lebih dech gulanya. Di cicipin aja..pas ngaduk coklat sama gula dan minyak..di colek..udah manis atau belum gitu..sampai pas..sesuai selera )
Minyak goreng 50 gram

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng sampai mendidih, lalu tuang di campuran gula pasir dan coklat. Aduk rata, sampai halus. Celup pisang yang sudah di bekukan ke dalam cairan coklat, lalu taruh di plastik tebal, lalu bekukan kembali. Sajikan jika coklat sudah membeku.

42 comments :

  1. uwah,baru tahu..kirain ribet bikinnya ternyata...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mudah banget kok Mak Hanna..cuma di celupin coklat..terus di bekukan dech..:)

      Delete
  2. Jadi ingat coklat bendrops, jadi ingat coklat bubuk untuk bikin black forest Mbak Diah. Coklatnya pekat bagus untuk black forest.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..pekat banget dan nyoklat..dan pahitnya berasa coklat sekali gt ya Mba..makanya gulanya musti agak byk klu pake bensdrop ini..^^

      Delete
  3. minyak goreng diganti margarin bisa gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Bisa..margarin kan..menggumpal..kalau di taruh freezer..:)..rasanya juga aneh klu pake margarin kayaknya ya..di buat es..kalau minyak kan..tawar..nggak ada rasa..

      Delete
  4. Terimakasih postingannya Mba :) Sy mau tanya, Pisangnya kalau di ganti selain pisang ambon bisa? Kira-kira yg bagus selain pisang ambon apa ya Mba, Utk di jual Es pisang cokelat'y. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku paling enak ya pisang ambon itu Mba Mela..karena ambon rasanya lembut , harum dan manis ya..:)..coba yang impor itu ap aya namanya..candivish atau apa ya..lupa..mungkin juga bisa..:)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Pas blendrnya itu pake minyak ya? Pas udah diblendr dipanasin ditambah minyak lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blender apa Mba ?..gula?..pakai blender yang kering aja..jadi gula bubuk.

      Delete
  7. Gulanya boleh tidak di ganti dengan gula halus . Jadi tdk blender lagi. 

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb td sih udah bikin pas mau panasin coklat sama minyaknya eh tapi kok minyakny misah sama coklatnya dan pas Ak dingginin tuh coklat eh malah keras coklatnya nyatu sama gula... kasih tips dong biar bikin gk kyk itu lagi...

      Delete
    2. Gula halus kurag manis tapi ya Mba Jessica..bisa juga sich kayaknya..:)
      Coklatnya di cairkan dulu pakai sedikit air panas Mba..biar halus, terus di masak api kecil sampai benar2 rata..:)

      Delete
    3. Oke makasi mbah tips dan resepnya :)

      Delete
  8. Wah istriku sy suruh jualan es ini aja ahhh

    ReplyDelete
  9. Tahan brp hari ya mbak es pisang nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum uji coba Mba Monifa..dulu pas bikin langsung tak bagi2 ..jadi langsung habis..hihi

      Delete
  10. Kalau ga di bungkus sama plastik bisa ga? Langsung di masukin ke freezer gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sich mba.asal ndak nempel ke mana2 nanti ya es nya..hihi. Kalau di lapis plastik kan lebih mudah ngambilnya ya..:)

      Delete
  11. Ohhh jadi minyak goreng yg sudah mendidih diangkat kemudian dituang ke wadaah yg ada coklat manis nya gtu ya?

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Keras..mba kayak lapisan coklat es krim tuch lho..:)

      Delete
  13. mbak fungsi minyak gorengnya untuk apa...? bagaimana cara mencampurkan dg coklat

    ReplyDelete
  14. mba, biar pas dicelupin langsung beku itu gimana? tnpa di freezer lagi abis dicelupin

    ReplyDelete
  15. Kalo pake coklat masak/coklat leleh gimana mba? Bisakah?

    ReplyDelete
  16. Jdi guna plastik itu biar coklatnya gak nempel ditempatnya ya? Aku prnah buat mba tpi pas ditruh misis dll mlah coklatnya nempel sebab aku truh dipiringan gtu...

    ReplyDelete
  17. Jdi guna plastik itu biar coklatnya gak nempel ditempatnya ya? Aku prnah buat mba tpi pas ditruh misis dll mlah coklatnya nempel sebab aku truh dipiringan gtu...

    ReplyDelete
  18. Jdi guna plastik itu biar coklatnya gak nempel ditempatnya ya? Aku prnah buat mba tpi pas ditruh misis dll mlah coklatnya nempel sebab aku truh dipiringan gtu...

    ReplyDelete
  19. minyak nya di ganti dengan margarin bisa??

    ReplyDelete
  20. Aku sekarang jualan Es Piscok Alhamdulillah di rumah sehari bisa kejual 100 pisang, pisang yang aku pakai namanya Pisang ajlok ( urang sunda pasti udah banyak yg tau ) semacam pisang siam, rasanya manis, gurih.
    Aku pakai cocoa bubuk di aduk dengan gula halus dan minyak goreng yang sudah di masak tapi harus kondisi sudah dingin ketika dicampur/diaduk dengan cocoa & gula halus , jangan pakai air buat mengaduk adonan coklatnya, bisa menggumpal.
    Pisang di bekukan di freezer sampai pisang menjadi keras.
    Ambil pisangnya lalu celupkan ke adonan cair coklatnya tadi.
    Selamat mencoba dan lihat hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. - jd minyak gorengnya dipanaskan diatas kompor lalu ktka sudah mendidih tunggu dingin dlu baru dicampur ke campuran coklat dan gula begitu ?
      - maksudnya jgn pakai air untuk mengaduk adonan itu bgmn ya ?

      tolong pnjelasannya,agar mudah memahami,sy dr sidoarjo mau jualan pisang coklat sprti ini..mohon sekali

      Delete
  21. cara bikin coklatnya itu bukan dengan di rebus ya?
    jadi minyaknya dulu dipanasin setelah itu baru dicampur ke coklat ??
    saya coba dimasak dgn coklatnya eh malah jadi lengket dan menggumpal coklatnya, knp ya bisa gitu?

    ReplyDelete
  22. ITU DI SEBABKAN KARNA SIFAT GULA JIKA TERKENA PANAS / DI MASAK, AKAN MENJADI GULALI. ITU YANG MENYEBABKAN CELUPAN COKLAT NYA MENGGUMPAL.

    ReplyDelete
  23. Aq udhn yoba buat ada yg bilang pakai air sama margarin .. qo coklatnya susah menempel ke pisang y mba

    ReplyDelete
  24. Kalau coklatnya masih sisa banyak gimana?

    ReplyDelete
  25. Kalau coklatnya masih sisa banyak gimana?

    ReplyDelete
  26. Kalau coklatnya masih sisa banyak gimana?

    ReplyDelete