Saturday, September 7, 2013

Bola Bola Ubi Manis


Terinspirasi pas bikin cimplung kemaren.bentuknya kok mulus2..akhirnya..aku coba dengan tehnik dan resep yang sama...aku buat jadi bola bola ubi.Aku pikir2..kentang dan ubi kan sama tekturenya ya..kalau di kukus..jadi pasti bisa juga mulus2 gitu kalau di goreng. Akhirnya..aku coba aja..dan memang bisa. Cuma..masih lebih mulus cimplungnya sich memang..mungkin karena perbedaan kadar airnya ya..kentang kan bisa keset gitu..sementara ubi ku kemaren agak basah. Dan juga karena bola bola ubi ini manis..jadi memang kalau di goreng jadi agak kecoklatan..nggak secerah cimplung ku kemaren warnanya...karena cimplung kan gurih. Tapi..bisa juga jadi kok bola2 ubinya..dan enak..walau belum bisa kopong banget dalamnya kayak kalau beli. 

Kalau di Bandung bola bola ubi gitu dalamnya bisa  kopong berongga gitu ya..karena tehnik gorengnya yang khusus...yaitu dari adonan gepeng di penyet2 pakai sotil sampai mengembang dan jadi bola bola yang berongga..aku kok tak bulat2 biasa aja kemaren..terus di goreng..praktis..hihi. Pernah juga baca katanya ada juga bola bola ubi yang di Jakarta yang terkenal gitu..gorengnya juga tak kalah unik..jadi kalau udah agak ngembang, dari wajan yang berminyak banyak di pindah ke wajan yang minyaknya lebih sedikit gitu..supaya bisa mengembang sempurna dan berongga dalamnya. Halah..ini tambah ribet lagi ya..udah..di goreng kayak biasa aja dech kalau aku..hihi..enak juga kok..yukk cobain teman2..enak di makan anget2. 

Jadi..mirip ketimus dong bola bola ubi ini ?..Iya sich..cuma..kalau ketimus kan bentuknya lonjong..hihi..dan juga tepung tapiokanya lebih sedikit..jadi lebih terasa ubinya..dan tekturenya empuk, tapi tekture dan rasa ubinya yang menonjol. Kalau bola bola ubi ini..karena tepung tapiokanya agak banyak..jadi bagian luarnya bisa garing..tapi bagian dalamnya bisa kenyal2..lembut gitu dech.
Bola Bola Ubi 

Bahan :
500 gram ubi manis kuning, kukus , haluskan
6 sendok makan tepung tapioka
1 putih telur
3 sendok makan gula halus ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
Gula halus untuk taburan secukupnya

Cara membuat :
Campur ubi kukus halus dengan semua bahan kecuali gula halus. Bentuk bulat bulat kecil sesuai selera, lalu goreng di minyak yang sudah dipanaskan, sampai terendam ya. Setelah di goreng beberapa saat dan bola bolanya sudah berkulit, lalu di goreng sambil di aduk2 ya..supaya bentuknya mulus bulat dan bisa rata matangnya sampai kecoklatan.  Sajikan hangat..jika suka bisa di taburi gula halus.



13 comments :

  1. aku request resep waffle ya mak'e....
    buat sarapan besok, kan hari minggu...
    yayayayaya?????
    terimakasih.....
    -widyastuti-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Widya..ini resep waffle yang biasa aku buat..cuma pakai takaran cup ya..krn adaptasi dari resep bule..hihi.klu nggak punya cup..di cooking trik and tips di blog ini..ada konversinya..di search aja..:)

      Waffle
      1 1/3 cup tepung
      2 sdk the baking powder
      1/2 sdk the garam
      2 sendok the gula
      2 telur, pisahkan kuning dan putihnya
      1/2 cup mentega. lelehkan
      1 3/4 cup susu

      Directions:
      Campur semua bahan kering, tambahkan kuning telur , susu, dan mentega leleh, aduk rata
      Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku, tambahkan ke campuran adonan.
      Tuang ke cetakan waffle, lalu panggang.
      Sajikan dengan toping sesuai selera.


      Delete
  2. Bola-bola ubi kalau di Bandung namanya misro, singkatan dari amis (rasa manis) di jero (di dalam). Orang Bandung memang suka menyingkat nama makanan. Seperti comro (oncom di jero), basreng (baso goreng), cireng, batagor (baso tahu goreng), colenak, dll.

    Bola-bola ubi sama Mbak Di, di Nganjuk namanya timus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O alah misro..lucu ya Mba Devy namanya..amis itu manis tho..hihi..mksh infonya ya Mba..^^

      Delete
    2. Yang ak tau kalo misro itu sama kaya combro terbuat dari singkong cuma bedanya misro itu dalemnya dikasih gula merah (manis) kalo combro dikasih oncom (asin). Kalo yang dibuat mba didi namanya obi-obi (bola2 ubi).

      Delete
  3. pas lihat foto pertama kali di pikranku langsung ke cimplung,eh ternyata bener heheeh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mak Hanna.terisnpirasi cimplung..tapi ini manis..dari ubi..^^

      Delete
  4. maaf mbak mau tanya, resep ubi bola mya kok ditambah putih telur fungsinya buat apa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bisa garing dan renyah kulit luarnya Mba..:)

      Delete
  5. Kalau ubinya dikukus,brp jam kira2 ngukusnya?
    Kalau direbus ga bisa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngukusnya 20 menit kira2 mba Lisna..tes aja udah mateng atau belum dengan car di tusuk pakai garpu..kalau udah empuk seger angkat..jangan sampai kelembekan ya..:)
      Lebih baik di kukus..supaya tidak terlalu lembek mba..:)

      Delete
  6. Mbak Diah Didi, nama saya Henny. Saya sering liat blog ini dan pernah mempraktekkan beberapa resep. Kali ini yang saya tanyakan utk resep bola2 ubi manis ini, krn ada penggunaan putih telur, apakah tidak berasa amis di bagian kulit terluarnya ?

    ReplyDelete
  7. Halo Mbak Diah,
    Kalau telurnya dipakai semua boleh gak ya? Dirumah cuma pakai telur ayam kampung saja jadi sayang jg klo cuma putihnya yg dipakai. Thanks in advance 😊

    ReplyDelete