Saturday, September 14, 2013

Ampyang Kacang Jahe


Masih..dalam rangka ngabisin gula aren.akhirnya di bikin ampyang aja..tapi kali ini ampyang yang ndeso..yang tradisional..hihi. Karen aku suka sekali ampyang...dan karena bahan utamanya gula merah atau gula aren..jadi kalau bikin musti pakai bahan gula yang bagus dan nggak kotor atau ada ampasnya..biar nggak bikin il fil makannya..hihi. Aku suka ampyang yang rasa jahenya kuat..jadi aku tambahin jahe parut segar, rasanya..tambah enak, wangi dan terasa jahenya. Biar lebih sehat..kacangnya aku oven sampai kering..bukan di goreng..jadi bebas minyak..^^

Cara membuat ampyang ini mudah saja..cukup gula di panaskan dan di masak sampai kental..cuma memang hasil ampyangku belum sebagus kalau beli...hihi. Mungkin karena aku pakai gula aren aja ya..nggak ku kasih gula pasir..ada soalnya beberapa resep yang pernah ku baca ampyangnya di kasih campuran gula pasir. Jadi..punyaku warnanya terlalu hitam..kalau beli itu kan agak cerah gitu. Nggak pa2 dech..yang penting rasanya enak dan mantab..rasa asli gula aren dan jahe...kan di makan sendiri juga..^^

Tips..bikin ampyang  ini..adonan gulanya harus sampai benar2 kental dan berambut ya..supaya bisa kering dan renyah. Jika mau.kacang bisa di goreng seperti biasa atau di sangrai. Selamat mencoba ya..yukk..cintai jajanan tradisional kita..biar tetap ada ya..sampai anak cucu..hihi..pagi2..dah lebay dah..^^
Ampyang Kacang Jahe

Bahan :
200 gram kacang tanah, cuci bersih, lalu oven hingga kering dan matang
200 gram gula aren / gulamerah, sisir
1 sendok makan jahe parut
1/8 sendok teh garam
50 ml air

Cara Membuat :
Campur gula, air dan garam. Masak dengan api kecil hingga kental dan berambut.
Masukkan kacang tanah.
Aduk rata, dan segera cetak dengan cara di sendokkan di atas plastik tebal atau loyang.
Dinginkan sampai mengeras.
Kemas di toples.


18 comments :

  1. wah ampyangnya menggiurkan. Gula arennya itu lho yang hitam keliatan legit gitu. Jadi pingin gigit ampyang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..ini dapet gula aren asli..bagus banget dan wangiii...cuma ya itu..hitam jadinya ya..hihi..klu beli itu kok suka cerah coklat muda gt ampyangnya..tapi uenaakk memang ini Mba..legit berasa wangi gula aren dan jahe..klop..monggo lho mba..di cicip..*sodorin ampyang..hihi*

      Delete
  2. wah, favorit ibuku ini mba, ditemani sama teh anget tanpa gula... hehehe... kalo aku malah seringnya sakit ngilu giginya kalo makan ini...
    gambarnya apik pisan mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba Lina..^^

      Hihi..iya Mba..aku sebenernya juga kadang suka linu..tapi..krn suka..ya tetep aja..makan..pas bgt sama teh pahit memang..:)

      Delete
  3. hehe..g begitu suka ampyang,manis bangetttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alau bikin sendiri..nggak manis banget kok Mak Hanna..hihi..soalnya nggak ku tambahin gula pasir..:)

      Delete
  4. kayaknya enak yg pke gula merah y mba? ni kolesterolnya tinggi... hihi......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama enaknya kok mba Zulfa..hihihi..gula merah dan gula aren kan sama2 lebih sehat daripada gula pasir..dan kacangnya di oven pula..jadi lumayan mengurangi minyak2 lho..:D

      Delete
  5. Hmmm cemilan satu ini everlasting...bikin ngences nih...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mas..biar jadull ...tetep..enak terus..:D

      Delete
  6. Kalau kacangnya sesudah dicuci terus disangrai sampai kering bisa tdk Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa..nggak masalah..di tiriskan dulu ya Mba..atau di oven jug bisa..lebih mudah..:)

      Delete
  7. mbak diah...aku dah nyoba bikin ni ampyang.....hiks hiks....kok jadinya gulajawaya kaya gulali gitu, trus juga alot..enak sih cuma ya itu ..dimasukin toples jadi nyatu semuanya.lengket....ga bisa kaya ampyang yg umumnya.....kira kira kenapa ya mbak diah?

    ReplyDelete
  8. Mbak pertanyaanku ko belum dijawab...

    ReplyDelete
  9. Mungkin kurang tua / lama masak gulanya Mba..:)

    ReplyDelete
  10. tak cobo usaha iki. mugo mugo sukses. doanya yo mbak.

    ReplyDelete
  11. mas dah belum usahanya, tak joint gimana.....

    ReplyDelete