Tuesday, September 24, 2013

Kerupuk Tahu Pong Kriuk



Dulu aku udah pernah posting juga..kerupuk tahu pong..tapi waktu itu pakai tepung bumbu instan aja lapisannya. Nah..kalu ini yang pakai tepung racikan sendiri dan lebih komplet stepnya..biar lebih jelas ya teman2..cara buatnya gimana. 

Kerupuk tahu pong ini..ada yang nyebut juga tahu krispi. Walaupun ada juga tahu krispi yang berbentuk kotak..yang bagian luarnya yang krispi..dalamnya tetep empuk dan lembut.Ya..nggak salah juga sich..kalau kerupuk tahu ini di sebut tahu krispi juga..karena rasanya memang renyah..krispi banget. Dan nggak butuh waktu lama buat nggorengnya..karena bahannya memakai tahu pong yang sudah kering bagian luarnya. jadi yang perlu kita lakukan..cuma tinggal membuang bagian dalam tahu yang masih putih dan basah..kemudian tinggal di rendam bawang putih dan sedikit garam, lalu di baluri tepung pelapis..dan di goreng. Udah..so easy..!..But..the taste is good..is good..hihi..sok sok an kayak The Boss..Chef Bruce Lim di AFC yang suka bilang begitu..^^

Oke..jika butuh cemilan yang enak dan murah meriah..yukk bikin kerupuk tahu ini teman2. Daripada beli..di toko oleh2 atau snack grosiran gitu kan lumayan mahal yach..kalau bikin sendiri..pasti lebih enak dan ekonomis. Selamat mencoba ya..^^
Kerupuk Tahu Pong Kriuk

Bahan :
10 buah tahu pong kotak ( liat foto ya..jika teman2 belum tau tahu pong..^_^ )
2 siung bawang putih
1/8 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir

Bahan pelapis :
100 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan tepung beras
1 sendok teh kaldu ayam bubuk

Cara Membuat :
Potok tahu bentuk segitiga jadi 4 bagian tiap masing2 tahu.
Haluskan ketumbar dan bawang putih. Campur dengan garam dan gula pasir, lalu beri air secukupnya. Rendam tahu pong di dalam air bumbu sampai bumbu meresap..kira2 15 menit atau lebih.
Campur dan ayak semua tepung dan kaldu bubuk, lalu balurkan ke tahu pong berbumbu yang sudah di tiriskan. Goreng di minyak panas terendam ( deep fry ) sampai matang dan kering. Simpan dalam toples..jika sudah dingin.




 





6 comments :

  1. catet dulu resepnya. aku doyan banget sama kerupuk tahu tapi nggak tau cara bikinnya. Ternyata gampil banget. Kalo ada waktu tak contek ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..mudah dan cepat banget nggorengnya Mba..ini yang pakai racikan bumbu sdr..bisa di sesuaikan selera..mau pedas..tambahin cabai bubuk..atau merica..tepungnya..bubuk keju..dll..klu males..kadang tggl di balur tepung bumbu instan .jadi dech mba..klu beli kan lumayan mahal ya..hihi..aku juga suka bgt soalnya..:)..

      Delete
  2. pernah nyoba bikin pas hbs lihat tayangan di tv,sukses langsung...enak juga ya mbk,kriuk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..mudah banget ya bikinnya..dan memang enak kriuk2..aku suka nggak bisa berhenti makan ..hihi

      Delete
  3. enak-enak semua makanannya... aku jadi pengen ke jogjaaa.... :)

    ReplyDelete