Sunday, September 1, 2013

Bubur Manis Ubi


Wah..tadi baru pulang nich dari Kudus..buka email..eh di mention KEB di twitter buat ikutan 30 hari berbagi resep di blognya Mak Nita Sellya..Ya..oke..ikutan ya Mak..Insyaallah..bisa..soalnya kan tiap hari juga berbagi resep di blog ini..jadi sekalian..ikut meramaikan ya..^_^

Karena di mulai hari ini ya..tanggal 1 September..wah..hari ini ya..ya udah..hari ini aku mau berbagi resep yang simple dan sangat mudah saja dulu ya..yaitu bubur manis ubi. Udah pernah denger belum atau malah udah pernah makan teman2..bubur manis ubi ini ? Ini adalah bubur manis..yang pertama kali aku cicipin ketika pindah ke Semarang,..bubur ini di jual pagi2 gitu di pasar, bersama dengan bubur  manis lain, seperti bubur sum sum, bubur candil , dll. Tapi yang jual orang Solo..jadi mungkin kah ini bubur asli kah Solo??. Tolong kasih tau aku ya..buat teman2 yang dari Solo..bener atau tidak. Kalau di Yogya sich ada bubur seperti ini..cuma bukan dari ubi..tapi dari singkong. Beda tipis ya..hihi.

Bubur ubi ini..rasanya enak sekali..bubur pengentalnya dari tepung tapioka dan gula merah..rasanya unik sekali..enak dan gurih..serta lembut aja mulus..meluncur di mulut..eh masih di padu dengan manis dan tekture ubi yang empuk dan lembut juga..wah..bener2..berpadu indah di mulut..^^ . Bubur ini cocok sebagai sarapan..atau sekedar hidangan selingan sore2 gitu..sambil kumpul2 sama keluarga. Atau buat teman2 yang biasa makan dengan hidangan penutup..cocok juga nich..buat hidangan penutup..istilah kerennya..buat dessert gitu..hihi. Apalagi kalau di dinginkan sebentar di kulkas..wah..tambah mak nyess..enak banget rasanya..tapi..jangan terlalu lama ya..di biarkan di kulkas..soalnya..nanti buburnya jadi menggumpal dan malah jadi ongol ongol ubi dech..hihi. Oh ya..sekarang ini..bubur manis seperti bubur ubi dan bubur manis lain seperti ini..di Semarang juga jadi salah satu menu gubukan untuk acara hajatan ..pesta..dll. Jadi..bisa jadi ide menu untuk suguhan pesta yang tema makanannya tradisional gitu ya mungkin.

Oh iya..sedikit tips untuk membuat bubur manis ubi ini..pilihlah ubi yang berwarna kuning atau orange ya..karena ubi jenis ini..enak sekali..mempur dan enggak benyek..kalau dimasak. Dan..warna buburnya juga jadi cantik..apalagi yang ubi orange atau ubi madu..wah...tambah sipp itu..warnanya. Oh ya..terus..santan buat kuahnya juga dari santan kelapa yang fresh ya..bukan santan instan..biar terasa gurih alami dan tidak eneg. 

Jadi..kalau punya ubi..dan bingung mau di bikin apa..yukk bikin bubur ubi manis ini teman2...enak dan mudah sekali buatnya..tinggal di potong aja kotak2 kecil..nggak perlu ngukus atau mbulet mbuletin kayak  kalau biji bubur biji salak ubi, rasanya sama enaknya kok..dengan bubur biji salak..^^ Selamat mencoba ya teman2..jika suka...ini dia resepnya..hasil ngulik resep dan ngobrol dengan penjual buburnya..dan aku terjemahkan sendiri jadi resep ini..rasanya..udah mirip 99 persen..hihi...sama yang di jual di pasar dekat rumahku..^^

Bubur Ubi Manis

Bahan :
300 gram ubi manis ( kira2 2 buah ukuran sedang )
150 gram gula merah ( pilih yang warnanya coklat tua ya..biar cakep buburnya )
700 ml air
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
6 - 7 sendok makan tepung tapioka ( cairkan dengan 50 ml air )
Kuah Santan :
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa, rebus dengan 1/8 sendok teh garam dan 1 lembar daun pandan.

Cara Membuat :
Kupas ubi, cuci bersih, lalu potong kotak kotak kecil
Masak air dan gula merah serta daun pandan sampai mendidih dan gula larut, saring. Ambil daun pandannya..masukan lagi ke panci berserta air gula yang sudah di saring.
Masak lagi rebusan gula, masukkan ubi , garam, lalu masak hingga ubi agak lunak, tapi jangan terlalu lunak ya..biar tetep cantik kotak kotak bentuk ubinya di bubur.
Masukkan tepung tapioka yang sudah di encerkan dahulu dengan sedikit air, lalu masukkan ke rebusan ubi dan gula. Aduk..sampai meletup letup. Tingkat kekentalan bubur..bisa sesuai selera ya..kalau kurang kental..boleh di tambah lagi dengan larutan tapioka lagi sedikit aja. Lalu di masak sampai meletup2 lagi. Jangan kebanyakan juga ya tapiokanya tapi..supaya tidak terlalu kental..ntar malah jadi ongol ongol dech..hihi.
Udah..gitu aja kok prosesnya..tinggal dinginkan dulu bentar, lalu sajikan dengan kuah santan. Yummy.
Selamat mencoba..^^


4 comments :

  1. Nyam nyam enyak banget nih Mbak
    Sayang aq udah ikutan tantangan 30hari blogdetik dan asean, klo gak pengen juga ikutan ini hehe
    SUkses ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Esti..mksh..iya..baru tahu juga tadi..di mention twitter..klu nggak ya nggak tau..hihi...mumpung cocok temanya sama blog..ikut berpartisipasi dech..:)

      Sukses juga ya..buat Mba Esti..di tantangan lain..^^

      Delete
    2. Aq jadi ikutan Mbak, wkwkwk
      Buat nambah2 postingan di blog masak :)

      Delete
    3. Sipp Mbak Esti...semangat..ayookk..sama2..kan tiap hari juga masak..jadi sekalian aja di posting kan..eh postingan ku itu kalau di twitter masuk nggak ya Mba.hihi..maklum..rada gaptek gt kalau twitteran..hihi

      Delete