Thursday, September 5, 2013

Hore..Akhirnya Nemu Beras Merah Yang Enak Rasanya..^^


Tadi malam..beli beras merah ke toko langganan..karena stock beras merahku udah habis..eh..ada varian baru..yang di seleb dua kali..ajdi rasanya lebih enak..wah..asyik..jadi tetep bisa makan nasi enak dech dietnya..tapi tetep rendah kalorinya.

Beras merah yang di seleb dua kali ini memang warnanya nggak terlalu gelap lagi..lebih pucat dan cerah..dan beneran dech..tadi ketika ku masak..enakk..rasanya ya..kayak nasi putih biasa aja. Nggak keras dan sepo kayak beras merah yang biasanya aku makan. Hemm..jadi..tambah semangat nich..dietnya..kalau makan nasi tiap hari..hihi. Jadi..siapa bilang diet nggak bisa makan enak teman2..bisa lho..makan kayak biasa..3 kali sehari..cuma kurangi porsi..dan..nasinya di ganti nasi merah..terus..lauknya yang di kukus2 atau di masak rebus. Mungkin banyak yang berpikiran enak kah lauk2 begitu..wihh..jangan salah..banyak yang enak2  kok..hihi..kayak pepes..pindang..dll..itu enak semua je..dan seger..hihi. Asal..yang di pepes ikan2.dll.. yang nggak berlemak ya..hihi.

Kenapa beras merah ini bagus untuk diet..ya karena lebih rendah kalorinya..juga lebih awet kenyang. Dan kelebihan lain adalah banyak kandungan seratnya. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin  - juga terdapat di bagian lain tanaman. Antosianin mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.beras merah juga kaya selenium, yang dapat mengurangi risiko kanker ini. Mengonsumsi minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit  jantung. .( Sumber  Majalah Pesona dan Konsultan: Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB)

Nah..banyak banget kan manfaat beras merah teman2..jadi jangan ragu ya mengkonsumsinya. Jika hanya ada beras merah yang biasa..nggak masalah kok..bisa di campur beras putih biasa dulu buat yang baru mau coba..jadi rasanya bisa lebih pulen. Kalau aku sich..doyan2 aja..yang selepan sekali yang merah banget..asal lauknya enak..dan berbumbu kayak pepes2 gitu ya tetepenak kok..aplagi nemu yang selepan dua kali..lebih enak lagi..hihi. Yach..walaupun kandungan gizinya berkurang dikit ya..yang selepan dua kali..nggak pa2 dech..kan niatnya buat diet aja..hihi. Harga beras merah ini juga nggak mahal2 banget kok..sekilo 12 ribu aja..nggak jauh beda kan..sama beras biasa.

Beras merah yang di tumbuk atau sekali selep..kayak gini nich :


Kalau yang selepan dua kali..yang rasanya enak..kayak gini..:





15 comments :

  1. Merk berasnya apa mbak? saya lg belajar diet mbak, tp nggak lulus-lulus :D

    jadi pengen coba berasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gondoriyo itu yang aku beli Mba Rini..di jual per kemasan isi 1 kg..harganya 12 rb aja..enak kok Mba..ini..kayak nasi biasa..yang dua kali seleb..ini aku tadi bikin nasi goreng beras merah ya enak..kayak nasi putih biasa..:)

      Delete
  2. hihihi...saya dulu juga konsumsi beras merah,maknyuss tp sejak di batam g lagi mbk hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam nggak ada ya Mak Hanna beras merah ?....iya..enak ya Mak..klu udah biasa..ya kayak nasi biasa ja..asal lauknya enak ya tetep enak ya..hihi

      Delete
  3. Hehehe, ini beras merahnya sudah dipoles mbak, kandungan gizi n seratnya udah berkurang jauh dibanding bras merah biasa...
    jdnya rasa n teksturnya mirip beras putih....
    Glisemik indexnya jd mirip beras coklat deh,
    emang yg enak2 itu kbanyakan efeknya negatif mbak, hehehe
    jd smakin keras besar merahnya makanya kita gak gitu nafsu makannya, jd asupan karbo kita terbatas, n krn banyak seratnya jd kita kenyang lebih lama n gak ngemil...
    br dietnya efektif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak pa2 dech..berkurang dikit gizinya..yang penting sdkt lebih enak..hihi..dan yang penting aku klu makan beras merah nich nggak mudah nambah berat badan..kayak klu makan nasi biasa..:D..*pengalamanku aja sich..*

      Delete
  4. FYI: Beras yang diselep 2X memang rasanya lebih enak, tapi berkurang manfaatnya. Karena vitamin dan serat justru ada di kulit beras. Kalau di selep 2X artinya membuang vitamin dan serat yg justru berguna buat diet lho mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu buatku pribadi..*ora popo*..mba..hihi..alias ndak pa2 hilang dikit vit dll yang ptg masih bs makan rada enak gt nasinya, tapi rendah kalori mba...soalnya aku makan nasi jg paling 1 centong aja..jd vitamin dll..dr sumber makanan lain aja msh byk..kyk sayur dll..:D

      Delete
  5. Sudah pernah cobain beas Uma Wali belum? Berasnya persis seperti ini, tidak perlu dicampur kalau mau makannya. Texture nya juga masih pulen banget. Saya sudah konsumsi selama 3 tahun terakhir.

    Belinya bisa online, coba cek websitenya di www.umawali.org

    ReplyDelete
  6. Boleh tanya gak kak?
    Kakak udah berapa lama makan beras merah?dan berapa kilo berat badan kakak turunnya setelah memakan beras merah?

    ReplyDelete
  7. Selain bagus buat pengidap diabetes, beras merah juga bagus buat diet. karena kadar karbohidrat dan kadar gulanya lebih sedikit dibanding beras biasa. Salam kenal buat adminnya!

    ReplyDelete
  8. kalo yang diseleb 1 kali harganya berapa ?

    ReplyDelete
  9. Saya mulai beralih ke beras merah, tapi tidak konsisten, masih doyan yg putih,,,

    Nasi merah dengan porsi yang sama dengan nasi putih, saya tidak sanggup habiskan, kalau nasi putih porsi segitu malah bisa nambah 2 - 3 kali. Ajib dah,,, pantesan bisa ngurusin badan.

    udah gula nya dikit, seratnya banyak, cepet kengang, eeeh kenyangnya lama pula, saya bisa 2 bahkan 1 kali aja makan dalam sehari.

    tapi memang, rasanya juga kurang enak,,, memang makanan sehat begitu, kurang enak,,,

    thanks infonya ya mba, saya jadi tau kalau ada beras merah yg 2x penyaringan, eh maksudnya 2x giling, memang yg bikin kurang enak itu ya kulit arinya itu,,, padahal itu anti oksidan dan seratnya ya mba,,,, gk papa lah, minimal tidak separah nasi putih.

    BTW, saya kira beras merah ini khusus loh mba, ternyata beda di penggilingan di pabriknya aja,,,, kalo gitu, saya punya banyak stock benih/padi yg belum digiling,,,, bisa gk ya pesen ke abang oprator penggilingan padi biar dibikn beras merah ?

    soalnya beras merah yg beredar di pasaran itu jenisnya kurang saya sukai, saya orang banjarmasin, sukanya beras banjar (siam unus),,, jadi pengen bikin beras merah dari siam unus deh :D

    ReplyDelete