Monday, September 16, 2013

Menikmati *Gethuk Kethek / Gethuk Monyet* Hangat di Salatiga...^^


Pagi teman2..wah..udah Senin lagi yach..selamat beraktifitas kembali yach. Oh ya..ini..aku ada oleh2 nich dari Salatiga kemaren. Alhamdulillah..walaupun masih nguplek aja di Jawa tengah..tiap weekend bisa tetep pergi sekedar jalan2 dan wisata kuliner..sama suami dan Yodha...biar nggak suntuk gitu..di dapur..masak terus..hihi. Dan..bisa tambah wawasan juga..tentang makanan2 khas daerah lain di Jawa Tengah..bisa ketemu banyak orang..ngobrol dengan para pengusaha kuliner yang sukses di daerah..dll..sangat menyenangkan bagiku. Dan..jalan2. begitu walaupun bisa seharian..tapi..nggak terasa capek  sich..seneng aja...sore..udah full..kenyang makanan enak..kenyang ilmu juga..hihi. Abis..itu..terus.di rumah..nguplek dech..kemaren..jajanan yang enak itu bikinnya gimana yach..resepnya gimana yach..terus..di buat sendiri..dan di share dech..biar teman2 bisa nyicip juga..hihi. Tapi..pengen juga ya..sekali2 wisata kulinernya keluar Jawa gitu..ke tempat teman2 lain tinggal..heemm..masih ngayal dulu kalau ini..hihi..soalnya..kesibukan suami di kerjaan..belum bisa cuti..mau pergi2 sendiri juga ndak boleh..jadi ya..harus bersabar. Suatu saat nanti..semoga bisa ke luar Jawa dech jalan2 dan wisata kulinernya..^^

Salatiga..adalah Kota kecil..nggak jauh sich..dari Semarang..cuma satu jam aja..pakai mobil...dan bukan sekali kemaren juga ke sana..udah sering..cuma..seringnya kadang pas ada acara..atau cuma lewat doang..kalau mau ke Yogya atau Solo. Tapi..kalau kemaren..memang di niatin mau jalan2 dan muter2 Salatiga..menikmati aneka kuliner khas Salatiga yang enak2..yang jadi favorit kami..cuma belum sempat ku tulis di sini. Sekalian juga kemaren mau ke Kayuarum Resort and Spa..ke tempat temen suami..dan liat2 resortnya..udah di tawari nginep juga sich..di sana..free..cuma..ya..Yodha sekolah kan Senin, suami juga kerja..jadi next time aja..dech..liburan aja. Bagus juga resortnya..ada di kota..tapi suasananya asri dan tenang..serasa ada di pinggiran kota.

Kemaren tujuan pertama..mau ke Soto Esto..tapi ternyata..telat..sampai sana udah habis..yapp..Soto Esto ini merupakan Soto yang cukup kondang ya di Salatiga..sering masuk tivi juga..di liput di mana2..dan ternyata sekarang udah pindah..bukan di garasi bis Esto lagi..tapi ada di dekat hotel Wahid Salatiga. Ya udah dech..akhirnya..makan aja di Sate Sapi Suruh yang udah jadi langganan kami makan kalau lewat Salatiga ..enak sekali satenya..nanti aku tulis postingannya terpisah ya. Karena..sekarang..aku mau posting salah satu jajanan khas Salatiga yang sangat popular..baik orang Salatiga atau dari daerah lain..bahkan..udah jadi tujuan gitu..kalau cari jajanan khas Salatiga..yaitu..gethuk kethek. Udah sering banget di liput di tivi juga gethuk kethek ini.

Apa itu gethuk kethek..?..Gethuk biasa sich..dari singkong..tapi..yang istimewa..ini adalah versi gethuk basah..fresh..yang di buat langsung di depan pembeli. Jadi..hampir selalu hangat dech..kalau beli gethuk di sana. Gethuknya juga yang asli ndeso gitu..nggak ada rasa apa2..cuma rasa manis dan gurih..manisnya pun pas saja..nggak berlebih..jadinya..rasanya..sungguh..otentik gethuk tradisional yang *mriyayeni*..atau yang rada mewah gitu..hihi..karena sangat lembut dan soft rasanya..dan sangat gurih..karena..di campur kelapa sekalian, jadi beda banget dech..sama gethuk2 singkong yang di jual di pasar..yang kadang rasanya kasar..seret..atau kadang malah liat aneh..dan terllau manis..atau di beri macam2 warna. Makannya..juga nggak perlu belepotan...karena nggak perlu lagi di cocol pakai kelapa kayak biasanya kita makan gethuk. Selain itu..pengadukan gethuk ini juga secukupnya saja..jadi hasil gethuknya..lembut dan empuk..tapi tidak sampai liat dan lengket..kayak gethuk  Magelang gitu. Warna dan rasa gethuknya juga..Cuma satu rasa..yaitu rasa original gethuk..dan warna putih bersih..alami ..nggak pakai pewarna. Sehingga nama merk gethuk ini..adalah gethuk satu rasa..namun..orang lebih mengenal gethuk ini..dengan nama gethuk kethek.

Apa itu kethek..kethek adalah monyet..dalam bahasa Jawa. jadi..sering di kenal juga dengan nama gethuk monyet..nah..branding nama gethuk monyet ini..berasal..dari satu monyet..yang di pelihara yang jual..di depan rumahnya..sehingga..kalau buat ancer2 orang yang nyari gethuk Salatiga yang paling enak..ya..carilah..yang di depan rumahnya..ada peliharaan monyetnya hihi. Jadi..nama gethuk kethek inilah yang akhirnya..lebih nge top..di bandingkan dengan nama gethuk satu rasa..seperti yang tertulis di kardusnya..hihi. Seru kan..teman2. Memang..di sekitar tempat penjual gethuk kethek ini..akhirnya..banyak juag tetangga kiri kanan yang menjual gethuk serupa..tapi..tetep..yang namanya pioneer..atau yang asli lah..yang tetep di cari pengunjung..jadilah..gethuk kethek ini..salah satu icon kuliner di Salatiga sekarang. Dan memang..aku udah sering banget ke sana..setiap ke sana..memang..selalu antri..mobil2..berjejer2 di jalan yang nggak begitu lebar gitu..dan di dalampun biasanya..sudah antri…pembeli yang mau membeli gethuk..dalam jumlah banyak. Jadi..serunya..kalau beli gethuk di sini..kita bisa liat langsung prosesnya..dari pengadukan..hingga mencetak gethuk yang masih hangat..jadi..aku kalau ke sana..selalu masih hangat dech gethuknya..jadi..seru aja.. gitu..walaupun harus antri..dan..malah bisa memotret proses pembuatan gethuknya.

Sipp dech..akhirnya..setelah antri..dapat juga dua kotak gethuk hangat yang enak..nyam2..langsung aja..aku makan di mobil..enak sekali..masih hangat..lembut..manis sedikit dan gurih kelapa..teras semua indah di lidah..hihi. Eh iya..tapi karena gehtuk ini selalu di buat baru..jadi nggak tahan lama ya..karena sudah di campur kelapa..jadi paling enak yang di makan sampai sore aja..jika belinya siang..dan nggak cocok buat oleh2. Tapi....malah bagus kan..itu berarti bahwa gethuk ini fresh tanpa pengawet. Makanya..aku kalau beli cuma dikit aja biasanya..yang bisa langsung habis..dan kemaren beli dua kotak itupun nggak habis juga...walaupun sangat enak..tapi kan gehtuk juga mengenyangkan..hihi..jadi aku taruh kulkas..masih tahan sampai tadi pagi..aku buat gethuk..goreng..hihi..wah..tambah enak lagi dech..^^

Oh iya..harga gethuk monyet ini murah meriah lho..satu kardus cuma 10 ribu..isinya banyak..di cetak bentuk persegi panjang gitu kecil2..sekali happ. Jadi..kalau lewat atau lagi ada di Salatiga..jangan lupa..cicipin gethuk ini ya teman2..enak benget rasanya. Alamatnya ada di Jl. Argo Tunggal No 9 Salatiga ( 0298 ) 315374. Jika..nggak mau antri..bisa pesan dulu kok..via telp..tapi harus segera di ambil yach..supaya tetep bisa merasakan sensasi gethuk kethek ketika masih dalam keadaan hangat. Selamat berwisata kuliner teman2. Resepnya..?? Hemm..tunggu yach..aku uji coba dulu di dapur..hihi...di liat dulu yukk..cara buat dan nyetak gethuknya..^^

  • Bahan utamanya singkong kukus, gula , dan kelapa kayaknya.

  •  Semua bahan di aduk sampai rata dan halus
  • Setalah halus..adonan di ratakan di cetakan khusus yang berlubang2 dan berbentuk persegi panjang kecil2..
  •  Adonan yang udah di cetak di cetakan berlubang gini..terus di angkat..dan di taruh ke cetakan kedua.
  • Nah..ini yang unik nyetaknya..adonan yang sudah di cetak..di letakkan di cetakan kedua berbentuk kotak2 persegi panjang juga..jadi ketika cetakan pertama di lepas ke bawah..yang tertinggal gethuknya dech di atas..jadi tete bisa rai bentuk dan ukurannya..sama semua..^^ mudeng nggak ya teman2..hihi..emang musti liat sendiri sich..seru..^^
  • Udah..gitu aja sich buatnya..dan gethuk hangat..siap di masukin kotak2..dan berpindah tangan ke pembeli..^^
  • Aihh..Kakak..jadi model iklan gethuk ya..hihi..*padahal..nggak  mau cicipin tuch..walaupun enak..katanya..nggak mau..ini kan gethuk terbuat dari monyet..hihi..*ngarang abis Kakak nich..sambil ngekek dan nunjukin gambar monyet di kotaknya..pas aku jelasin..gethuknya terbuat dari singkong biasa..kayak Mami biasa buat,..eh Yodha jawab...dia alergi singkong....hihi...jadi..buat Papi Mami aja..katanya..^_^..*
  • Tempat jual dan produksi gethuknya..ini nich..cuma rumah kecil aja sich..dan di depannya...ada spanduk dan monyet ( kethek ) yang jaga..hihi.
  • Ini dia..si *kethek*..atau si momon..penjaga..sekaligus..icon nama gethuknya..duch..kamu dapat royalti nggak ya mon..secara gethuknya laris manis gitu tiap hari...hihi??
  •  Kakak iseng banget .......godain monyetnya..^^
  • Selamat menikmati..gethuk kethek yang enak ini yach..^^

5 comments :

  1. brandnya nggak nguati ya mbk hehehe...enak kayaknya,belum pernah ke salatiga saya :D

    ReplyDelete
  2. Hihi..iya Mak Hanna...tapi kayaknya justru membawa berkah dech si momon..:D..buktinya laris manis..sampai antri2 yang beli..tapi memang enak sich Mak..makanya terkenal..:)..

    ReplyDelete
  3. Halo, mbak.

    Harganya berapa, ya getahuk kethek itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 rb Mba sekotak.., murah meriah..:)

      Delete