Thursday, September 12, 2013

Menggleng aka *Balung Kethek*..Hihi



Ada yang tahu nggak teman2..cemilan yang bernama Menggleng...atau Balung Kethek..hihi..? Yap..Menggleng yang terbuat dari singkong kukus..yang di potong2, terus di jemur, dan di goreng jika udah kering. Ada juga yang nyebut Balung Kethek..atau dalam bahasa Indonseia..artinya..tulang kera..hihi. Mungin karena cemilan ini kadang keras..jadi kayak tulang rasanya..^^. Tapi..sebenernya kalau singkongnya bagus..dan prosesnya benar..nggak  sekeras tulang kok rasanya..renyah aja gitu..

Ceritanya bikin menggleng ini..karena pas minggu kemaren liat pameran UMKM di Paragon..ada di salah satu stand dari daerah Jawa Tengah yang jual Menggleng juga...wah..aku jadi ingat makanan jaman kecil dulu..jama SD.kayaknya..dulu Menggleng ini suka di jual di sekolah dengan di beri bumbu pedas manis. Dan,..pas kemaren nyicip di pameran..rasanya kok..nggak kayak jaman aku kecil dulu..makanya..jadi  pengen bernostalgia masa kecil dech..bikin menggleng sendiri, mumpung cuaca masih panas2nya..jadi bisa kering sempurna mengglengnya.

Akhirnya setelah proses dua hari ( njemurnya )..jadi juga mengglengku..hihi. Setelah di goreng..aku kasih bumbu pedas manis..enakk dan renyah. Iseng anget ya teman2 bikin menggleng..ya hitung2 melestarikan kuliner jadul kan..sapa tau belum pada tau dech. Kalau di Yogya menggleng ini kayaknya..masih banyak sich yang jual ..eh..nggak tau juga ding sekarang. Jadi..mudah aja kok..kalau pengen makanan yang kita kangeni dari masa kecil..ya buat aja sendiri..seru..!

Oke...jadi aku catetin ja ya cara buat menggleng di sini..walau mesti pada males nich teman2 bikin..hihi..karena ribet ya..tapi..siapa tau aja..ada yang kangen jajanan masa kecil ini..kayak aku...^^..jadi bisa buat sendiri menggleng di rumah. Atau mau ngenalin ke anak2..jajanan masa kecil kita gitu..hihi...tapi aku..nggak pernah berhasil..Yodha..nggak mau nyoba..katanya dia..*alergi singkong*..hihi. Heran... bener kok..kalau di kasih jajanan dari singkong...mesti jawab gini..: No Thanks..Mommy.....!..*Halah..gaya tenan kamu Le..hihi.
Menggleng

Bahan :
500 gram singkong, kupas

Cara Membuat :
Kukus singkong sampai matang, potong2 tipis.
Susun di nampan, lalau jemur hingga kering..selama 2 hari.
Goreng di minyak panas hingga matang.
Bumbui dengan bumbu pedas manis, dari gula merah, garam, bawang putih dan cabe merah.
Sajikan atau simpan dalam toples.



15 comments :

  1. klo d ponorogo namanya brangkal mb..
    Tp gak pke dibumbui, cm smp tahap digoreng ja...
    Tika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru juga ya Mba Tika..brangkal = batu bukan Mba?..mungkin krn keras ya?...hihi

      Delete
  2. aneh2 ya nama makanan jateng mbk hehe,,ibuk saya sering buat ginian,tapi yang gurih g dicampur apa2...enakkk bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Makk..tapi malah kreatif ya Mak Hanna..kasih namanya..hihi..wah..ibu kita berarti mirip Mak...sering buat jajanan jadul sdr di rumah..:)

      Delete
  3. Mbak bikin bumbu pedas manis nya pake air ga? Trus takarannnya berapa klo pake singkong sesuai resep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak bikin kering tempe mba Indah..: liat di sini ya caranya..bumbu2nya sesuaikan aja..selera..lp je aku ini udah lama..hihi..: http://www.diahdidi.com/2013/10/tips-membuat-kering-tempe.html

      Delete
    2. Mbak, punyaku kok gak mau kembung kembung ya singkongnya abis di goreng. Gak kyk yg d poto. Kayak singkong goreng biasa. Ada teknik utk gorengnya kah mba?? Makasiii :))

      Delete
    3. Menjemurnya sudah sampai benar2 kerig belum mba..kalau panas matahari bagus itu sekitar 3 sampai 4 hari..biar bisa benar2 kering dan jika di goreng mengembang..kalau nggak kering bgt njemurnya ya ngga bisa ngembang ketika di goreng..:)

      Delete
    4. Mbaakk.. Ak laporan lgi nieh. Gak afdol klo Ĝak laporan.. ^^ ak bikin 2 percobaan singkong kmrn. 1 yg dijemur 2 hari, yg lgi lain dijemur 3 hari.. Daannn hasilnya adl, yg dijemur 3hr singkongnya gak kembung2 stlh digoreng. Beda dngan yg 2hari, yg kembang stlh digoreng.. :) kata bapak ku kemungkinan, yg 2hari itu udaranya msih ada. Jdi ktika goreng dia kembang dngan cantiknya.. :)

      Sekian laporan driku mbak. Selanjutnya ak mw coba bikin wingko.. Yg minim biaya. Jdi gak rugi banyak klo gagal.. ^^

      Delete
    5. Hihi, iya dech..di sesuaikan kondisi aja ya mba..buatnya..kalau aku buat ya itu tadi..jemur aja sampai kering..ndak ngitung hari..soalnya kan cuaca juga berubah2 ya..:)
      Kalau belajr masak..jangan takut rugi bahan mba..itu adalah modal awal untuk pinter..:D...lebih murah kok drpd kursus masak biayanya..tull nggak ? ^_^

      Delete
  4. Namanya kalo di daerahku itu, "BALUNG KUWUK" u nya dibaca agak ke o o an ya mba, hhahaha*ngakak geli aku kalo ngejah namane....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ulli..lucu2 ya nama makanan di kita...:)

      Delete
  5. Wah ternyata namanya samaan dg di tempatku mbak "balung kethek"... aku suka banget tapi yg original yg gak dipedesin. Dulu di madiun alm.ibuku sering bikin.. di Jakarta ternyata malah di pasar tradisional ada tuh mbak yg jual mentahnya, kadang2 ada yg jual mateng.. dibungkusi kecil2 dua ribuan. Kalau pas ada yg jual mateng pasti deh tak beli buat tombo kangen..Kalau mau buat sendiri suka malesss...hihi

    ReplyDelete
  6. ini pas dulu kurang kerjaan mba..hahahah. skrg ya mesti sama malesnya kalau buat lagi krn udah sibuk..:D

    ReplyDelete
  7. Wah... ketemu balung kethek ....disini

    ReplyDelete