Monday, September 2, 2013

Garang Asem Ayam Sarirasa...Garang Asem Terenak Di Kudus..



Udah lama denger ketenaran garang asem ini..di ceritain suami yang udah sering makan di Kudus sana..ya udah..karena penasaran..walaupun udah kenyang makan soto..akhirnya beli aja dua di bawa pulang kemaren. Aku beli yang jerohan satu dan yang daging ayam satu. Sambil menunggu antrian di layani karena pengunjung.walau pagi udah lumayan banyak pengunjung restonya..ku liat beberapa tamu yang sedang menikmati garang asem..duch kemecer..hihi...kok kayaknya seger banget..di seruput kuahnya gitu..*mupeng liat orang makan ..padahal udah kenyang..makan soto..hihi..*

Bungkusan garang asemnya ini besar sekali..dan setelah pesananku datang..hemm..memang harganya beda sama garang asem di Semarang..dua kali lipatnya..di sini satu bungkus 22 ribu. Ya nggak masalah..yang penting bisa tahu..otentiknya garang asem Kudus itu kayak apa..jadi bisa buat acuan gitu..nanti kalau masak garang asem lagi.

Dan ternyata..memang uenakkk banget..seger banget garang asemnya. Semuanya..pas..asem..gurihnya..pas banget di lidah. Dan..asemnya ternyata bukan dari belimbing wuluh..tapi dari tomat ijo yang jumlahnya banyak sekali. Jadi asem segernya lebih soft aja di banding kalau pakai belimbing wuluh. Jadi.teman2 yang susah cari belimbing wuluh..nggak masalah lho..tetep bisa bikin garang asem..karena ternyata..kalau garang asem versi Kudus..malah nggak pake belimbing wuluh..tapi pakainya tomat hijau dalam jumlah banyak .Setelah aku cicipin..garang asem jerohan dan daging ayam..bedanya di citarasa pedasnya..yang jerohan..pedas sekali rasanya..tapi..mantapp..dan tak kalah enak..dari yang garang asem daging. Nah..garang asem dagingnya..ini bener2 juara..enak banget...pas semuanya..asem..gurih dan pedesnya pas..walau buat Yodha..kmrn..tetep kepedasan sich..hihi.


Jadi menurutku..garang asem Sarirasa Kudus ini..dua jempol dech rasanya...wajib di coba..kalau sedang berada di Kudus. ..^^








8 comments :

  1. Replies
    1. Betul sekali Mba Santi..segerrr ya..:)

      Delete
  2. oooo, garang asem tuh ini, selama ini aku taunya ini adalah botok ayam asem, hahayyy....
    :D
    aku juga sering bikin, di postinganku juga ada...

    Setuju bgt kl ini suegeerrrr.... Enak digadoin... Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina..garag asem..kalau di Jawa Tengah..kalau di Jawa Barat namanya Bothok Ayam asem ya..oke..oke..nambah ilmu baru..aku pernah liat resep bothok jerohan ayam gt..eh bumbunya kok memang mirip garang asem ini..ternyata cuma beda nama ya..^^

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Tomat ijo tuh tomat yg lom mateng, ato ada jenis yg ga bisa merah sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jenis tersendiri mba..kecil2 hijau warnanya..ada yang mulus..ada yang brocel2 bentuknya..:)

      Delete