Monday, September 16, 2013

Gethuk Goreng


Ini snack hasil daur ulang..dari gethuk kethek yang ku beli kemaren kan masih sisa sekotak..langsung aku masukkin kulkas..dan pagi tadi udah berubah jadi snack baru..berupa gethuk goreng. Jadi..sekalian di posting resepnya..terus gethuk gorengnya aku bagi2 ke tukang sayur. Biar cepat habis dan nggak mubazir..kalau ngasihnya dalam bentuk gethuk goreng kan anget dan lebih enak. Dan..emang..rasanya ya jadi lebih enak..gethuk gurih manis..yang kemudian di balut tepung tipis dan di goreng..hemm..nyam2...ingat diet..makanya di bagi2 aja dech..hihi.

Gethuk goreng yang ku buat ini..bukan versi gethuk goreng yang kayak khas Purwokerto ya..yang super manis dan liat dan bikin gigi nyut2 kalau di gigit gitu hihi..tapi ini versi gethuk goreng ala Yogya...yang biasa di jual di pasar2 gitu..bersanding dengan lenthuk , cemplon..dll olahan singkong. Masih ingat dulu pas kecil..sering di beliin ibu..gethuk goreng gini dari pasar yang warnanya pink genjreng..hihi. Iseng banget..tadi separo..aku warnain merah muda  juga..hemm..jadi persis kayak gethuk goreng jadul dech. Oh ya..ini pakai pewarna makanan kok..jadi nggak ada pengaruh ke rasa..cuma biar menarik aja. Rasanya..tetep enak..lembut di dalam..dan sedikit krispi di luar. Gethuk goreng ini di celup dulu di larutan tepung encer..supaya tidak ambyar gethuknya..dan luarnya bisa garing. Agar warna gethuk tetep bisa merah muda dan menarik makanya tepung yang di pakai adalah tepung beras dan tapioka..yang di encerkan..sehingga..seperti lapisan tepung transparan putih dan warna asli gethuknya masih keliatan dan bisa krispi bagian luarnya.

Jadi..jika bosan makan singkong rebus atau goreng biasa..yukk..di buat gethuk goreng begini teman2..mudah dan rasanya..sangat enak..^^
Gethuk Goreng 

Bahan : 
Gethuk manis polos secukupnya, ambil separo bagian jika suka, bisa di beri warna pink, bentuk bola bola kecil
( Jika mau membuat sendiri gethuknya : singkong kukus, haluskan dengan garpu selagi masih panas, campur dengan gula, kelapa parut dan garam secukupnya, aduk rata , warnai sebagian, lalu bentuk bola bola  )
Minyak untuk menggoreng

Bahan Pencelup :
50 gram tepung beras
2 sendok makan tepung tapioka
100 ml air ( sampai adonan agak encer seperti adonan rempeyek )
Garam sejimpit ( 1/8 sendok teh )
Gula pasir 1 sendok teh
Aduk rata semua bahan encelup.

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng.
Celupkan bola bola gethuk ke adonan tepung, lalu goreng di minyak yang sudah panas dan terendam. Balik dan sesekali di aduk, jika bagian sisi bawahnya sudah kering. Goreng sampai bagian luar renyah. Sajikan.


4 comments :

  1. waaaa, rupanya lagi seneng membulat-bulatkan terus digoreng ya mba... hihihi... kreatif banget memang nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kan jadi beda tho Mba Lina..gethuk nya yang kemaren kotak putih..sekarang jadi bulat2 warna warni dan tambah enak..:D

      Delete
  2. web site nya sangat bagus...rate 10, perfect

    ReplyDelete