Tuesday, September 17, 2013

Sate Sapi Suruh Dan Bakso Salatiga


Masih..cerita tempat jajan yang enak di Salatiga. Jika melewati Salatiga...jangan lupa mampir ke sate sapi Suruh ya teman2. Sate sapi ini ..the best ever..dech..paling enak..dari semua sate sapi yang pernah ku makan. rasanya itu lho..empuk banget satenya..padahal di panggang dari daging yang mentah yang di bumbuin..bukan daging yang sudah di masak. Beda..sama sate sapi kayak Pak Kempleng yang terkenal di Ungaran..kalau itu malah kayak dendeng dech..udah di masak dahulu dan terlalu manis.Tapi..kalau sate sapi suruh ini..fresh...jadi..rasa daging sapi yang masih terasa juicy dagingnya terasa. Sate sapinya juga di sajikan dengan bumbu kacang..seperti sate ayam..dan di makan dengan ketupat. Dan yang paling aku suka nich..di setiap tusuk..di selipin satu atau dua lemak sapi..yag ketika di bakar jadi sate..hemm..*kemeyusss*..lembut dan empuk..gurih banget terkena bumbu dan kecap..jadi ingat jaman kecil dulu di pasar2 gitu kan ada yang jual sate gajih sapi gitu..wah....harumnya kemana2..^^



Warung makan ini..di kelola oleh Ibu Ngatmiyati..generasi kedua..karena warung makan ini sudah di buka sejak tahun 1987. Sate sapi Suruh..ini namanya di ambil dari nama desa Suruh..asal orangtuanya yang menciptakan resep sate tersebut. Resep sate ini adalah resep  khas dan turun temurun. Beda dengan sate2 lain yang cuma di bumbuin kecap dan di bakar..sate sapi ini..di bumbuin aneka rempah2..seperti kunyit, kencur, kayu manis, manis jangan dll..sehingga warna satenya agak kekuningan dan dagingnya memang tidak amis..walaupun di bakar langsung di panggangan sate. Daging yang di pakai pun dari peternak sapi langsung di Salatiga dan berkualiatas sehingga memang empuk banget satenya.



Dan..yang jelas..selain enak..sate sapi ini juga cukup murah meriah..cuma 12 ribu per porsi..isi 10 tusuk sate..wah..seandainya di Semarang atas ada sate murah dan enak seperti itu..pasti laris manis..daging sapi pula..lha sate ayam aja..harganya sama segitu per porsinya.Memang..Salatiga pusatnya peternakan sapi juga..jadi murah kali ya daging sapi. Rumah makannya buka dari pagi sampai malam kok..dan selalu ramai pengunjung.

Dan yang unik..selain menjual sate sapi yang udah nge top.ada satu menu lain di warung makan ini yang juga terkenal enak..yaitu bakso sapinya. Bakso sapinya enak banget..dagingnya kerasa..gurih dan kenyalnya pas..di padu kuah bening yang seger. terus ada potongan kecil2 tahu pong..seperti bakso Yogya..cuma minus sayuran. Jadi..kalau ke situ...mesti aku pesen bakso juga dech. Bakso dari Salatiga memang terkenal enak2. Selamat berwisata kuliner ya teman2..jika mau mencoba..alamatnya di sini ya..dekat sama Hotel Wahid Salatiga.. Jl. Jend. Sudirman Ruko Mimusa F1-F3 Salatiga, Telp. 0298-315322.

Selain sate sapi..baksonya juga selalu menggoda untuk di pesan..^^



Warung makannya..^^



10 comments :

  1. Kalo yg ini emg enak bgt mba, di smrg sbnrnya ada cabangnya mba, tepatnya di jl sriwijaya cm emg agak beda hrgnya hehehe, wajib dicoba nihh kl tmn2 lagi main ke sltg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..bener..ada cabngnya..pernah beli juga aku..cuma lebih mantep yang pusatnya kalau aku Mba..hihi

      Delete
    2. Klo mo pusatnya yg asli ya di desa suruh mb..jualnya di pasar suruh.dr terminal sl3 masuk kr2 15~20mnt

      Delete
    3. Iya Mba..mksh infonya ya..nanti di coba..:)

      Delete
  2. betul mbak... satenya enak banget.. kalo balik ke rumah mertua saya selalu pesen dibeliin sate ini.. tapi kalo baksonya belum pernah coba.. kayaknya next pulkam harus dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sate sapi yang paling enak yang pernah Sy cicipi ya di sini..:).Iya..cobain dech baksonaya enak juga..:)

      Delete
  3. Salam kenal mbak, sy ratna jg org salatiga, emang mantep sate suruhnya, masih banyak kuliner salatiga yang lezat-lezat mbak. Saat baca resep2 makanan mbak jadi ngiler n tertarik coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekomendasi lain apa mba kalau di salatiga t4 makan yang enak...selain soto susruh..soto esto..? Aku lumayan sering ke Salatiga Mba Ratna..:)

      Delete
  4. Hiks.. review Mba membuatku kangen Salatiga. Salatiga itu kota masa kecilku tapi sekarang udah ga ada sisa lagi disana :((. Kuliner lain yang bisa dicoba Bakpao Kotamadya, aku lupa nama jalannya tapi tempatnya di sebelah kelenteng, sejalan dengan toko2 oleh-oleh. Dari kecil suka banget bakpaonya, mereka jual kue moho yang luar biasa ajiibbb jugak. Selamat mencoba Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Niken..nanti tak carinya kue mohonya..kalau ke Saltiga lagi..mksh infonya ya..:)

      Delete