Tuesday, September 3, 2013

Tempe Semangit Yang Eksotis Rasanya..^_^



Dalam banyak masakan yang udah aku posting di blog ini..banyak yang menggunakan bahan tempe semangit. Buat teman2 yang dari Jawa..tentu sudah faham bener ya..apa itu tempe semangit. Namun buat teman2 yang dari luar Jawa mungkin masih belum tau..seperti apa itu tempe semangit..baiklah..aku posting aja ya..tentang tempe eksotik ini..hihi. Mba Dina..yang belum tau tempe semnagit itu kayak apa..ini dia ya penampakannya. Cerita soal tempe semangit ini..aku jadi ingat cerita temenku yang tinggal di Belanda, dan suaminya orang sana. Dia suka nyimpan tempe di kulkas..dan di lama lain gitu biar jadi tempe semangit..eh suaminya yang orang Belanda bersih2 kulkas..terus semua tempe semangitnya di buang..hihi..jadilah temenku ngamuk2 ke suaminya, karena *bahan berharganya* di buang..hihi..nggak tau ya, kalau tempe semakin di simpan lama..semakin enak..^^..lha suaminya kan mikir..tempe udah bau kok masih di simpan di kulkas..hihi.

Tempe Semangit adalah tempe yang udah lewat masa fermentasinya..atau istilah Jawanya tempe *kedalon*..atau kematengan..udah lewat beberapa hari dari masa seharusnya di konsumsi. Ciri tempe yang sudah menjadi semangit adalah warnanya agak kecoklatan dan aromanya khas. Setelah semangit..atau di Jawa di kenal dengan *tempe bosok*..hihi...maaf..bukan nggak sopan.. tapi memang seperti itulah di Jawa di sebut ya teman2..namanya..^_^. Di Jawa..banyak olahan yang memakai tempe semangit..bahkan tempe yang udah lebih dari semangit, seperti masakan tahu jenggot, gembrot dll..masakan masakan eksotis lain..hihi. Nanti kapan2 aku posting yach resepnya. Kalau aku sebagai orang Jawa sejati..masih bisa kok nerima cita rasa tempe semangit ini, kadang juga juga yang udah lebih dari semangit, aromanya..wah..buat yang suka, ya..itu tadi..eksotik..tapi buat yang nggak suka..tutup hidung kali ya...hihi.

Jadi buat yang mau coba2 resep yang ada tempe semangitnya..jika belum pernah..cobain dulu yang masih agak semangit kayak gini..jadi aromanya nggak begitu tajam..tempe kayak gini..baru lewat sehari atau dua hari dari proses fermentasinya. Tempe semangit yang kayak gini..cocok buat bikin sambal tumpang..atau di oseng..tapi kalau aku sich..untuk sambel tumpang, tetep ku campurin yang udah semangit banget..biar aromanya...tambah nendang gitu..hihi. Kalau yang foto pertama..itu udah lewat 3 hari jadi warnanya udah kecoklatan dan lebih lembek.Tips memakai tempe semangit di masakan..lebih baik bikin sendiri tempe semangit di rumah..jadi kita tahu..bahwa tempe tersebut sebelumnya..tempe segar..yang memang kita niatkan untuk di jadikan tempe semangit. Kalau beli ..kadang kita nggak tahu..aslinya tempe sebelumnya..karena..ada juga tempe yang sebenernya nggak jadi ( gagal di proses fermentasinya )..terus di jual dalam keadaan jadi tempe semangit..nah..tempe semangit dari tempe yang gagal ini yang berbeda ya..rasanya.Kalau kita bikin sendiri..dari tempe segar..seperti ini nich..hasilnya..^^


Aman tidak tempe semangit??..Aman2 aja kok..dari kecil aku sering makan..dan tidak masalah sampai  udah tua gini..hihi..asal..jangan sampai yang sudah terlalu lembek atau berair ya..itu udah bener2 tajem aromanya..buat yang nggak biasa..ntar malah jadi nggak mau makan tempe lagi..hihi. Apakah tempe semangit nggak mengganggu aroma atau citarasa masakan??..Jawabannya nggak sama sekali..malah tambah sedep je..kalau pakai tempe semangit..hihi..soalnya..kalau udah di masak aja..ya udah..menyatu aja gitu..di masakan dan bumbu2..menciptakan suatu kolaborasi rasa yang unik..eksotis..ndeso....hihi..* bahasanya sungguh lebay ya ..hihi..*..wis..pokoknya buat lidah  Jawa kayak aku..sayur lodeh, oseng2..dll..terasa *cemplang*..atau hambar gitu istilahnya..tanpa kehadiran secuil tempe semangit ini..

Jadi..buat teman2..yang belum pernah coba tempe semangit..cobalah..enak lho..cara buat tempe semangit sendiri..beli aja tempe jadi kayak biasa..terur biarkan aja di dapur..selama 2 atau 3 hari berikutnya..nanti jadi sendiri kok ..tempe semangitnya. Selamat mencoba..^^

Beberapa contoh menu yang pakai tempe semangit di Jawa :
  • Oseng Kacang Panjang dan Tempe Semangit, rasanya makin enak dan sedepp..kalau pakai campuran tempe semangit...^_^
  • Sambal Jenggot, yang ini malah pakai yang tempe semangit yang udah lebih dari semagit...^^ Sambal jenggot terbuat dari kelapa setengah muda dan tua ( kelap tanggung..hihi ), di parut panjang, cabai rawit atau merah, bawang putih, dan tempe semangit yang kayak di foto pertama, terus di kukus sampai matang. Lalu di ulek, di beri garam dan sedikit gula. Yummy..paling enak buat makan sama sayur bobor bayam dan pepaya muda..^_^..
  • Sayur Lodeh..kurang nendang rasanya..kalau enggak ada tempe semangitnya... kalau buat orang Jawa..^_^
  • Nah..kalau ini..jawaranya masakan yang terbuat dari tempe semangit..hihi..yaitu sambal tumpang. Karena..bahan utamanya ya tempe semangit. Sambal tumpang ini biasanya di sajikan dengan sayuran rebus atau bubur..atau nasi putih aja..enakkk nyo...hihi..rasanya..*Nyamleng sekali..gitu dech..kalau orang Jawa bilang..^_^...

31 comments :

  1. aku kok kemecer sama sambel jenggotnya. Dulu pernah makan dengan sayur bayem tapi nggak tau resepnya. Haduh jadi ngiler nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rina..paling cocok memang ini sambel jenggot..di makan sama sayur bobor bayam dan kates..itu mba..kayak yang ku tulis di atas cara buatnya..mudah sekali..tinggal di kukus semua :cabe rawit atau merah, tempe setengah bosok , bawang putih, udah..di ulek sama gula dan garam secukupnya..jadi dech..nyam..nyam..:)

      Delete
  2. sekeda shae aja mba, dulu pernah ada tetanggaku yang makan olahan tempe semangit ini mba, eh keracunan, entah karena tempenya atau ada sebab lain, tapi malah di daerahku sekarang belum ada yang berani mengkonsumsi tempe ini lagi, padahal dulu waktu aku kecil olahan ini lumayan populer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena faktor lain kali ya Mba Lina..tempe awalnya bukan tempe segar tapi tempe yang gagal di proses fermentasi..itu juga kadang beda rasanya sama tempe segar yang jadi terus kita bikin sendiri jadi tempe semangit gt mba..kalau dulu belajar dari ibu ^^..atau karena sebab lain kita juga ndak tau ya..klu cuma terjadi pada satu orang susah di prediksi juga penyebabnya..kec kalau masal..:)
      Kalau di tempatku di Yogya..dan di Semarang sini..alhamdulillah..belum pernah denger sich Mba..ada yang keracunan karena tempe semangit..hihi..jadi ya..biasa aja gitu..makan tempe semangit sering2..di rumahku di Yogya..di Semarang juga..di ibu mertua..dan di sini banyak juga sich yang jual sambal tumpang..nggak masalah. Asal bikin sendiri teme semangitnya..nggak masalah kok mba..jadi beli tempe segar..terus di simpan saja sampai 1 atau 2 hari..:)..ini aku lagi masak sambal tumpang malahan..skrg..hihi

      Delete
  3. Tempe semangit kalau di Bandung namanya tempe busuk atau di Nganjuk-Jawa Timur dinamakan tempe bosok. Di Nganjuk malah dijadikan sambal tumpang untuk campuran makan nasi pecel, kothok (bothok tapi tidak dibungkus daun pisang). Sayangnya saya kurang suka dengan tempe semangit ini. He he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama ya Mba Devy..namanya..dan memang jadi menu masakan kan ya..kayak sambal tumpang gitu..aku tadi barusan bikin..Mba Devy.

      Jadi..colek Mba Lina..nggak masalah kok Mba..jika suka tempe semangit..bikin sendiri aja..jadi lebih aman..ini aku tadi habis makan sambel tumpangnya,dech..enak Mba..hihi.

      Delete
    2. aduh, nyoleknya pake ulekan toh mba.... bau cabe tauuuu....!!!!
      qiqiqiqiqi....

      gak tahan ama baunya mba, padahal kadang2 juga ada tempe yg kelamaan nginep di kulkas, tapi ya itu, mubazir alias dibuang deh.... hiks....

      Delete
    3. Kalau udah di campur masakan..baunya jadi enak lho Mba..hihi

      Delete
  4. mbaa...ak sering mampir ksini...jadi ngilerr liat foto2nya..jd semangat masak klo dah ngintip blognya..tempe semangitt..ibuku klo masak kangkung gak pernah lupa dtambah tempe semangit..selain makin enak..aroma langu kangkung jg ilang..dan kangkungnya jadi lemes..hmmmm...enakkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..mskh ya..udah sering mampir..ayoo..jangan sungkan diskusi tentang dapur di sini ya..BTW..mba siap ini ya.?

      Iya.bener..ibuku juga sering bilang..kalau sayur lodeh..kayak sayur nangka..dll..di kasih tempe semangit..selain tambah enak masakannya..juga biar nangkanya lebih cepat empuk gitu..fungsinya..wah..sama aliran masak ibunya dengan ibu sy Mba..hihi...^^

      Delete
  5. Sambel tumpang itu yg favorit, suka makannya sama bubur mbak ..nyam2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, apalagi pakai tetelan atau koyor ya Mba Esti..wah tambah enak lagi..^^

      Delete
  6. Iya mbak kl penampakan nya tau.ak biasa sebutnya ya tempe bosok hahaha.ga tau nama indonesia nya hahaha tau nya bhs ndeso nya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Dina. Pa kbr Mba..baru keliatan..:)..

      Kalau di Yogya..tempe semangit sama bosok beda Mba..:) tempe semagit itu yang belum benar2 bosok..masih agak keras..tapi udah keluar aromanya..kalau tempe bosok..itu tempe yang bener2 udah lembek..kecoklatan..aromanya lebih tajam drpd tempe semangit. Kalau untuk sambal tumpang..dan campuran tumisan..paling enak tempe semangit..jadi nggak terlalu tajam aromanya..tapi kalau untuk masakan semacam gembrot..sambal jenggot..paling enak yang udah jadi tempe agak bosok..:D

      Delete
  7. Saya juga sudah coba resep yang ini lho mba... enak banget ya ternyata tempe semangit oseng kacang panjang, duuh saya dulu sering banget lho ngebuangin tempe yang sudah *hitam2 gitu... ternyata dioseng sama kacang panjang enak banget... terimakasih ya mba resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...jgn di buang..iya bener itu di buat ngoseng apa aja enak banget Mba Tina..tempe semangit..:)..di buat campuran lodeh juga enak..:)

      Delete
  8. Wis pokoke "tempe bosok"...(begitulah di daerah asalku madiun biasa menyebutnya) adalah penyedap masakanku mbak dan aku selalu nyetok di kulkas. Penampakan & baunya buat sebagian orang (salah satunya suamiku) katanya menjijikkan tapi kalo sudah diolah jadi "nglawuhi" dan penambah nafsu makan.... Sangking doyannya sama tempe bosok rasa2nya semua resep yang ada tempe bosoknya sudah aku praktekin semua. Kalo ga inget badan nasi sebakul bisa habis deh...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....iya Mba..memang sedep ya..klau dudah di olah jadi campuran aneka masakan..udah pernah bikin sambel jenggot belum Mba?..Itu dari tempe semangit juga plus kelapa muda..:)

      Delete
    2. Nah itu dia mbak...aku baru denger namanya sambel jenggot. Matursuwun ya mbak resep2nya, ntar aku praktekin. Tapi kemaren nyari kelapa muda ga ada, maklum mbak di jakarta agak susah kalo ga pesen dulu. Enak tinggal di daerah yo mbak, golek opo2 gampang....hehehe ~(*_*)~

      Delete
    3. Ya Mba..gampang tur murah..hihi

      Delete
  9. Mbak Diah mau dong resep oseng kacang panjang dan tempe sangitnya, liatnya jadi pengen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada kayaknya mba..coba nanti tak cariin linknya ya..:)

      Delete
  10. iya mbak, mauuuu... makasih Mbak Diah =)

    ReplyDelete
  11. Tempe semangit buat campuran bumbu soto juga nendang lho mbak, kalau di daerah Pekalongan/tegal biasanya menggunakan tauco, tapi untuk daerah Solo dan sekitarknya menggunakan tempe semangit...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..iya..pernah baca sich..soto kuali khas solo pakai tempe semangit ya Mba....beneran enak ya..wah jadi penasaran..pengen coba kapan2..mksh infonya ya Mba..:)

      Delete
  12. Haiii mbaK diah..koyor itu apa???? Oh yambak diah semarangnya dimana??? Sapa tahu bisa masak bersama heheeheh klo saya tempe semangit dioseng campur udang petay pluS kulit mlinjo sama lombok gede weeeessss bablas segone

    ReplyDelete
  13. Waktu kecil ibu saya sering nyayur sambel tumpang tempe bosok. Sampai sekarang masih favorit sambal tumpang. Kemarin bis sakit nggak doyan makan eh istriku ngasih sambel tumpang stelah itu selera makan saya bertambah. Kata ibu saya tempe bosok bisa meningkatkan nafsu makan. Jamu nafsu makan utk anak kecil bahanya juga dari tempe bosok.
    Tempe bosok memang mak nyuooss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...betul banget Mas..lidah Jowo...sama kita..:)

      Delete
  14. Aku pernah lihat tempe bosok di bandung, pada jamuran dan menjijikan pantas saja jadi racun mungkin cara mebuat dan suhu daerah juga mempengaruhi ya mba diah. Tapi klo di daerahku bisa jadi masakan yang istimewa seperti resep masakan di blog-ku ini : http://wisatakuliner-kita.blogspot.com/2015/06/resep-rahasia-soto-kuali-khas-solo.html
    monggo mampir...

    ReplyDelete
  15. mbak diah kemarin aku sdh nyoba bikin oseng tempe dengan tempe semangittt...alhamdulillah rasa khas ndesonya keluar...duhhh mbak seneng sekali bisa bikin masakan rasa ala2 ndeso...soalnya lidahku ndeso mbak :D ....terimakasih banyak mbak diah....semoga makin sukses ya mbak...aamiin... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..sama2 mba..syukurlah jk sesuai selera ya :)

      Delete