Sunday, September 29, 2013

Terik Ati Ampela, Telur dan Tahu...Satu Menu.. Enak & Komplet..^_^



Terik..adalah masakan khas Yogya..sejenis opor ayam yang biasanya di sajikan sebagai pelengkap gudeg..tapi kuahnya kental..karena di masak sampai kuah menyusut dan hampir habis.Kalau di keluargaku di Yogya..menu terik ini dulu jadi salah satu menu harian. Bedanya dengan opor..kalau opor masih berkuah banyak..sedangkan terik ini di masak lebih lama sampai santannya menyusut sehingga hanya tersisa santan kental berbumbu pekat yang menyelimuti bahan2nya. Istilah Jawanya..kuahnya*mlekoh*..hihi. Karena dimasak lama dengan api kecil..jadi bumbu2nya terasa gurih dan legit..masuk ke semua bahan2nya.

Bahan makanan yang di olah dengan cara di terik ini macam2..bisa daging sapi..ayam, telur..atau yang murah meriah..tahu tempe pun..enak sekali rasanya. Kali ini aku bikin terik komplet..tapi bukan daging atau ayam...tapi ati ampela ayam. Tadi pagi di pasar lihat ati ampela ayam kampung seger2..jadi pengen di masak terik begini..karena kalau makan di gudeg itu kalau dapat terik ati ampelanya rasanya enak sekali..apalagi kalau ati ayam kampung..tambah sedep  dan gurih. Karena ati ayam kampung ini kecil2..jadinya aku tambah telur dan tahu juga..wis..tambah sipp dech..satu menu tapi udah komplet..tinggal nyambel tomat dan terasi aja..uenakknya poll..^_^ Dan yang jelas..suami dan anak juga suka masakan terik ini..jadi ya..nggak perlu masak beda2 lagi dech.

Buat yang belum pernah coba masak terik..yukk cobain masakan khas Yogya ini..enak lho. Jika suka kuah yang lebih kental lagi..santannya pakai santan kental..bakalan tambah gurih dan mlekoh..dech..kayak ibuku kalau bikin terik dulu..pakainya satu butir kelapa...hihi..sampai hasil akhirnya tuch kayak muncul areh kental..enak banget. Kalau aku tadi sich nggak terlalu kental aja dech..tapi tetep..yummy kok..^_^
Terik Ati Ampela, Tahu dan Telur

Bahan :
5 pasang ati ampela
5 buah tahu 
3 butir telur rebus
Santan 800 ml dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam, 2 sereh, 2 cm lengkuas geprek dan 2 lembar daun jeruk purut.
Gula merah 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus : 
8 butir bawang merah
5 butir kemiri
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Haluskan bumbu2, lalu tumis hingga harum, masukkan santan.ati ampela, tahu dan telur rebus dan bumbu2 lain. 
Masak sampai ati ayam empuk dan  kuah mengental dengan api kecil. 
  • Dari 800 ml santan ya..cuma tersisa segini kuahnya..dan di masak dengan api kecil..jadinya bumbu2nya bener2 meresap ke bahan2nya..Selamat mencoba..^_^
 

8 comments :

  1. waaa... Mauuu... ^_^

    Sekali masak dapet bermacam isi ya mba... Hebat... Ngirit waktu uplak-uplek yo mba... Hihihi...

    ReplyDelete
  2. Ya Mba Lina..irit waktu..irit gas..irit bumbu...cucok kan buat Mak Irit,....hihi..cobain Mba..enyakk..:)

    ReplyDelete
  3. Mbak, tau ga yang jual kelapa muda di banyumanik dimana ? Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pojok Jati raya Mba..di dekatnya Soto Angring mas Bud.aku kalau beli di sana..:)

      Delete
  4. Masih utuh sama buahnya kan yaa ? Hehe kewalahan nyari kelapa muda nih daku. Berapa harganya biasa mbak beli ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..setumpuk..tinggal pilih..hihi

      Delete
  5. Mbak diah.. terima kasih, resepnya yang bikin aku tahu kalo ternyata, alasan aku kepengen masakan ini karena sedang ngidam :) maklum tinggal jauh dari keluarga dan minim bahan2nya, bikin aku takut,eh untung nemu resep mbak diah yang simpel dan setelah dicoba, bikin aku ketagihan dan rajin buat ngundang keluarga suami yang belom pernah nyicipi masakan jowo asli begini.. satu kata sepakat: roselagott alias enak banget :) salam kenal dari Islandia yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayoe..salam kenal juga ya..wah seneng dech masakan Jawa di sukai di sana ya..ikut bangga dan happy..hihi. Ayukk..kenalin menu2 lain mba..biar nge top dech masakan Jaaawa kita..:D

      Delete