Friday, September 13, 2013

Gablok Pecel Semarang




Buat teman2 di luar Semarang mungkin masing asing ya..dengan makanan yang namanya Gablok..bukan..go*** lho..tapi gablok..hihi. Gablok adalah makanan yang terbuat dari beras..cara membuatnya..kayak kalau kita mau bikin kerupuk gendar, yaitu dari nasi yang di tumbuk hingga padat dan halus. Tapi kalau gendar pakai bleng ..kalau gablok nggak pake..makanya warnanya putih bersih..beda dengan gendar..yang warnanya kekuningan. Dalam pembuatan gablok..nasi..di campur dengan kelapa parut dan garam. Jadi mirip2 sich..dengan gablok jagung..cuma bedanya bahan utamanya. Kalau gablok semarang dari beras..kalau gablok jagung..bisa di temui di Salatiga..bentuknya mirip..putih bersih..karena terbuat dari jagung putih dan kelapa parut juga.

Di semarang..gablok banyak di jual untuk menu sarapan. Biasa di jual di pinggir jalan..atau di dalam pasar tradisional. Di semarang atas..daerah tempatku tinggal..banyak yang jual gablok kalau pagi hari..ada juga yang menjualnya di rumah..jadi yang beli tetangga kiri kanan yang butuh sarapan gitu. Gablok di semarang biasanya di sajikan dengan pecel sayuran..makanya lebih terkenal dengan nama gablok pecel. Aku baru tau dan makan gablok pecel ini ya ketika pindah ke Semarang. Dulu..nggak suka..ku pikir kayak gendar gitu..kan nggak enak..bau bleng..ternyata  beda..kalau gablok..nggak pake  bleng..jadi rasanya lebih enak dan gurih..juga nggak bau bleng. Sekarang..jadi suka dech..memang enak sich..di makan pagi2.sama pecel..aneka baceman..dan aneka gorengan. Harganyapun..sangat murah meriah…beli 2000 atau 3000 aja udah dapat gablok pecel komplet. 

Kemaren aku pas ke pasar..pengen gablok..cuma..nggak suka aja liat sayuran pecelnya kok rada over cook.jadilah..aku beli gabloknya aja di ibu2 penjual gablok langganan ku yang sering aku beli kalau ke pasar. Terus..sayuran dan bumbu pecelnya..aku bikin sendiri dech. Jadinya.lebih enak..karena sayurannya masih seger..dan nggak di remet2..hihi..sama si ibu penjualnya..kayaknya udah nggak ada vitaminya dech..kalau masaknya begitu..pecelnya..hihi.

Jadi..mau coba gablok teman2..ayook..ke Semarang ya..atau mau bikin sendiri..wah..aku belum pernah coba dech..soalnya..tapi sedikit tau sich cara buatnya..jadi beras di masak dulu sampai setengah matang, di kasih daun salam dan garam, kemudian..di kukus sampai matang. Setelah matang, di campur dech sama kelapa..terus di jojoh ( di tumbuk ) sampai halus dan padat. Penyajiannya di potong2..terus kasih sayuran rebus dan sambal kacang. Sajikan dengan aneka gorengan atau tempe, tahu bacem. Rasanya..enak sekali..beda lho..rasanya..sama kupat atau lontong..gablok ini..lembut empuk..gimana gitu..hihi. Pokoknya enak dech. Jadi..kalau main ke Semarang..coba cicipi kuliner gablok pecel ini ya teman2..enak..dan murah meriah. 

Penampakan gablok yang udah di iris2 kayak.. gini nich..:




18 comments :

  1. disitu masih ada makanan enak 2000 perak ? Murah amat ya. Aku malah gak tau ada makanan gablok. Daripada gendar ya pilih ini, insya allah lebih sehat karena nggak pake bleng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rina..aku beli tanpa pecel..malah cuma 1500 rupiah..:D..Di mbah2 penjualnya ad adua macam mba..ada yang pakai kuning..di sebutnya gendar...klu yang putih ini..namanya..gablok..iya..lebih enak dan sehat..tapi anehnya..si gendar itu..yang pake bleng..jugabyk peminatnya lho..hihi

      Delete
  2. laperrrrr...lagi,aneh2 ya makanan jawa tengah mbk hehe..tapi menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Hanna..ayokkk..main ke Jateng..nanti tak ajak makan2 yang aneh2 dan mur mer gini..tapi enakkk..:)

      Delete
  3. gablok beli dimana mbak ?
    di daerahku adanya gendar

    ReplyDelete
  4. Di Pasar Damar Mba..ada yang jual gablok..tiap hari..pecelnya juga enak..:)

    ReplyDelete
  5. Gablok kalau di jawa timur namanya punten Mbak,tapi punten kalau di jawa barat artinya permisi....he...he..jadi kepingin icip2 gabloknya:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...makasih infonya Bu Martini..Sy dulu pernah baca juga tentang punten..ternyata..idem ya..sama gablok..hihi..

      Delete
  6. di cirebon juga ada yg mirip gini mba diah... (hehehe, lagi2 mirip...) tapi bukan dari beras, malahan dari ketan putih, namanya ''geblog'' huruf terakhir'y ''g'' lho ya... Hihihi... kalo d betawi namanya ''uli''...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..itu..kalau di Jowo..*Jadah* mba Lina..hihi..beda lagi namanya ya..:D

      Delete
  7. waahh..favoriiitt.. gendar peceel,, sluurp,, kalo gablok malah belum pernah *padahal org semarang*
    Semarang atasnya mana mbak? aku biasa beli di ngeserep timur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di Banyumanik Mba Dian..kalau yang jual gablok..di pasar Damar..ada..tiap hari jualan..tana aja di prang2 Pasar..pasti tau semua mbah2 yang jual gablok dan gendar pecel ini..^^

      Delete
  8. Banyumanik pasarnya dimana sih mbak, udah 2 tahun di tembalang gatau2 pasar di Banyumanik hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau asar Damar..di dekat Permunas Banyumanik Mba Mutiara..kalau yang Pasar Jati..ada di Jatiraya..tapi skrg lagi di bongkar pasarnya..jd pindah ke lapangan dekatnya..:)

      Delete
    2. Mbok aku dikasih ancer2 mbak biar tau dimananya, penasaran banget sama pasar Banyumanik hehe :D

      Delete
    3. Cuma pasar kecil tapi lho Mba..^^..ancer2nya : dari Sukun Pizza hut aja ya..yang gampang..ikuti terus jalan ke arah permunas Banyumanik..nanti setelah ada perempatan Kanfer..masih lurus lagi sedikit..sebelum belok kiri..udah sampai pasar Damarnya..^^

      Delete
  9. mertuaku mb,,,jualan ini tiap pagi d dpn rmh daerah bulusan(warung padang ridho jaya samping cucian mobil star clean),, mampir mb,,, enakk,,tp jam 6 gtu biasanya udh abis,,ku ja sering kecele klo ga telp pesen dlu,,cmn anehnya dicampur sayur lodeh jg,,,sambel kacang nya mb yummy bgt...+ lentho nya mak nyusss pisan...tp mamakku bungkusnya krg rapi jd suka blepotan,, maklum udh sepuh tp msh semangat jualan...hehehe...--bunda chera

    ReplyDelete