Sunday, September 22, 2013

Es Agar2 Kuah Santan ( Es Cincau Hijau Tiruan ^_^ )


Wuaa...Semarang super panas..gimana dengan di tempat teman?..Bener2 rasanya pengen minum es terus ya..di siang hari gini. Jadinya bikin yang seger2 gini..enak dech. Pengennya sich minum es cincau asli yang dari daun gitu..yang di peras sarinya..kemudian jadi minuman es cincau hijau..tapi karena nggak punya..yang udah..bikin tiruannya aja..dari agar2 dan jelly. Rasanya..enak juga lho..seger..lembut dan sedikit kenyal..jadi mirip kan sama cincau..hihi..*ngarang*..tapi beneran lho..enak ini..agar2 di kasih kuah santan dan gula merah..kasih es..segerrr juga lho...di minum siang2 hari yang super panas ini.

Aku bikin pakai takaran air 800 ml..jadi masih bisa di iris2..agarnya..kalau mau lebih lembut..bisa pakai air 900 ml..biar bisa di sendokin..kayak cincau hijau gitu kali ya..jadi lebih lembut lagi. Next time dech..aku coba lagi dengan takaran 900 ml. Tapi..yang aku buat ini..udah lembut juga sich..cuma..masih bisa  di potong2 agarnya. Kuah santannya..di rebus dulu terus di campur sirup gula merah. Udah..jadi dech minuman segar yang murah meriah..jadinya banyak..bisa di minum rame2 sama keluarga atau pas ngumpul bareng teman2..selamat mencoba ya ..^^
Agar ala Cincau Hijau Kuah Santan 

Bahan :
Agar2 bubuk putih 1/2 bungkus
Jeli bubuk plain 1/2 bungkus
Pewarna makanan hijau / pasta pandan secukupnya
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 50 gram
Santan rebus secukupnya
Sirup gula merah secukupnya

Cara Membuat :
Campur agar2, jeli dan air, serta garam, gula dan pewarna.
Aduk rata dan masak di atas api sedang hingga mendidih sambil sesekali di aduk
Tuang di loyang yang sudah di basahi air, dinginkan.
Potong2, lalu sajikan dengan kuah santan yang sudah di rebus dengan sedikit garam, es batu  dan sirup gula merah ( gula merah yang di cairkan ) sesuai selera.

11 comments :

  1. memangnya panas sekarang ni diah...bagus kalo ada dessert macam ini...slurpppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..di mana2 berarti ya Mba Ummi..panasnya..:)..ayukk di coba..murah meriah nich..hihi

      Delete
  2. Replies
    1. Ya Mba Elivira..panas banget di sini..pgn yang seger2 terus jadinya..:)

      Delete
  3. wah, toss dulu mba Diah, aku juga waktu malam Minggu kemarin bikin agar-agar, biasa lah, kangen sama yang adem2... agar-agar yang dimasak sama santan tuh mba... hehehe... jadul tapi ngangenin... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama ya Mba Lina..murah meriah..seggerr..:)

      Delete
  4. Tadi malam juga dah praktek bikin agar cincau kuah santan ini nih Mbak Di yippie berhasil:)
    aku tambahin jelly nutrijel rasa cincau juga mbak, jadi rasanya tambah seger, kres2 agernya nyel nyel jelly nya, manis gurih kuahnya:) suamiku habis dua gelas hehhee., thanks ya resepnya Mbak Di :)

    -Intan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..malam2..enak juga ya Mba bikin ini..hihi..sipp dech..ikut seneng kalau suami Mba Intan suka..kan memang buat nyeneng2 in keluarga ya kita masak..:)..Salut dech..Mba seharian udah kerja di kantor.malem masih mau repot masak buat suami..hemm..istri yang baikkkkk..:)

      Delete
    2. Amin..amin..:) makasih..:) iya bisa masak masak nya malem doank,Mbak Di, sambil nunggu suami yg pulang lebih malem dari aku, sejak nikah, jadi belajar masak-masak masih newbie nih :) ohya, loyangnya musti di basahi air biar gak lengket ya mbak?

      Delete
  5. Klo dekat mah dah kukirim daun cincau ijo-nya,mbak ... :-) Di rumah ada tanamannya tp gk bisa ngolahnya , jdi dipetikin ma tukang cincau keliling deh :-)

    ReplyDelete
  6. wua.........sayang sekali Mba Dini..enak sekali padahal ya...:) Coba deket tak printisi daun nya..hihi

    ReplyDelete