Friday, September 20, 2013

Pastel Segitiga..atau Samosa...?..Hihi



Kasih judul  kok malah tanya ya teman2..soalnya aku juga bingung..mau kasih nama apa ini gorengan..jadi ..ceritanya..aku pernah beli gorengan bentuk segitiga gini di salah satu bakery deket rumah..nah pas aku tanya ini apa..yang jual bilang samosa. Hemm..ku pikir samosa isi daging kari..gitu..kayak yang asli..ternyata bukan..isinya ayam..wortel sama soun di tumis dengan rasa gurih sedikit manis..^^

Lho..tapi kenapa di sebut samosa..apa karena bentuknya segitiga kali ya..hihi. Ya udah..lah..apa pun namanya..yang jelas gorengan ini gurih dan enak..jadi aku ikut ikutan aja bikin kayak gini kemaren..cuma..lagi males bikin kulitnya ..jadi aku pakai kulit pangsit goreng aja..praktis..hihi.
Pastel ala Samosa ( judulnya ngarang..hihi..)

Bahan :
10 buah kulit pangsit khusus goreng

Bahan isi :
200 gram daging dada ayam, rebus, lalu potong dadu kecil2
3 buah wortel, rebus sebentar , lalu potong dadu kecil
Soun RRC 1 bungkus kecil, seduh dengan air panas sampai lemas, tiriskan
Daun seledri secukupnya
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
1 butir bawang putih, haluskan
Gula Pasir 1/2 sendok makan
Kaldu bubuk 1 sendok teh / garam sesuai selera
Merica bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Masukkan wortel dan bahan2 lain, serta bumbu2. tambahkan sedikit air supaya bumbu bisa rata. Lalu masak dan aduk sampai kering. Koreksi rasanya.Terakhir masukkan seledri yang sudah di rajang halus. Angkat. Biarkan dingin.
Ambil 1 buah kulit pangsit goreng, isi dengan bahan isian secukupnya.Lipat bentuk segitiga, rekatkan dengan putih telur. Goreng hingga matang. Sajikan hangat ya..jika  mau terasa kriuk2..jika udah dingin..nggak kriuk lagi soalnya.

7 comments :

  1. kulit pangsit khusus goreng beda dengan kulit pangsit biasa ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba Dwek,..klu beli di supermarket gt ada dua jenis..yang buat di goreng dan yang kuah..yang di goreng bisa renyah..dan yang kuah hasilnya lembut..contoh merk Jempol itu ada di Superindo..ada dua macam...:)

      Delete
    2. aku kalo beli nggak pernah perhatian mbak, cuma ambil aja yang penting kulit pangsit, heheheee...
      berarti di Superindo ya mbak yang merk Jempol, aku tempo hari beli tapi lupa merknya.
      makasih infonya mbak diah...

      Delete
    3. Ya Mba..ada banyak merk sich..cuma aku sukanya beli di superindo aja yang deket rumah..:)

      Delete
  2. oiya, sekarang lebih deket superindo dibandingkan carrefour ya mbak, hehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..bener..kayak ke pasar aja gt klu ke superindo..hihi..soalnya dekat sama rumah..dan nggak perlu nyebrang ke Jalan Setiabudi yang super crowded..cukup di Sukun aja kalau di atas..:)

      Delete
  3. Pastel sambosa/samosa saya kira cuma ada di arab saudi eh trnyata ada juga ya di indonesia

    ReplyDelete