Saturday, September 7, 2013

Singkong Goreng Melepuh



Hihi..singkong melepuh..apa itu ya?..Kalau bahasa Jawanya..singkong goreng *mlethek mlethek*..gitu sich..! Beberapa waktu yang lalu, olahan singkong goreng yang empuk dan merekah ini..lumayan terkenal ya..jadi jajanan ala gerobak pinggir jalan. Biasa di kenal pula dengan nama singkong keju. Nah..apa sich bedanya singkong goreng melepuh ini..dengan singkong goreng biasanya?
Ya itu tadi bedanya..singkongnya melepuh..alias..merekah..alias mlethek2..hihi. Oalah..itu tho..gitu kali ya pikir teman2..^_^..ya memang itulah..singkong goreng yang luarnya garing..tapi dalemnya lembut empuk banget. Terakhir makan singkong goreng seperti ini pas kemaren kita mampir ke Coffe Shop  Banaran..eh cemilannya singkong goreng empuk begini..eh..suami ku kok doyan..akhirnya kemaren masih punya sisa sedikit singkong..aku olah aja..jadi singkong goreng ini.

Dulu aku pernah baca ulasan tentang singkong goreng melepuh ini asalnya dari Bandung ya..biasa..Bandung kan selalu berinovasi dengan resep2 jajanan uniknya. Nah..di liputan salah satu penjual singkong goreng yang terkenal di Bandung gitu..katanya cara buatnya di goreng dua kali..pertama di goreng dulu sampai setengah matang, abis itu di rendam di air dingin berbumbu. Nah..kemaren aku coba seperti itu..eh tak tunggu berjam jam..kok ..nggak melepuh juga singkongnya..boro2..merekah..hihi. Akhirnya wis...akhirnya tak kukus aja  bentar singkongnya..terus aku rendam air dingin berbumbu lagi..nah..kalau yang ini..baru bener..nggak sampai 1 jam..singkongnya udah merekah..dan melepuh..hihi. Jadi..udah bener tehnikku kali ya..dari dulu aku kalau bikin singkong goreng yang empuk gini ya..selalu aku kukus dulu..biar empuk. Tapi..memang..tipsnya di rendam air dingin ini yang bikin singkongnya jadi bisa mekar dan merekah. Sipp..sipp..di catet dech.

Dan hasilnya..enak banget singkong gorengnya..garing di luar..dan lembut di dalam..bumbu2nya juga meresap..karena mudah menyerap..ketika singkongnya sudah di kukus dulu. Wah..yummy dech pokoknya..sayang lagi diet..hihi..kalau nggak bisa cemal cemil terus nich.
Singkong Goreng Melepuh

Bahan :
500 gram singkong

Bumbu2 :
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air dingin / es untuk merendam singkong

Cara buat :
Kupas singkong, bersihkan. Kukus sampai setengah matang, tapi jangan sampai lembek ya.
Segera rendam di air dingin yang sudah di campur bumbu2 dan garam, secukupnya sampai singkongnya terendam. Diamkan sampai singkong merekah.
Goreng di minyak panas api sedang hingga kuning kecoklatan dan bagian luar kering.
Sajikan hangat..dengan parutan keju..atau sambal terasi..juga enak lho..hihi.



61 comments :

  1. aku pernah coba bikin singkong "mlethek-mlethek" gini beberapa kali dengan cara yang berbeda pula. Kalo digoreng sebentar kemudian direndam air es berbumbu hasilnya padat dan keras, nggak bisa mlethek.
    Begitu dikukus kemudian dibumbui dan digoreng bisa merekah gitu. Tapi tergantung jenis singkongnya juga ya kayaknya. Nggak semua singkong bisa dibuat mlethek begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..bener kok..udah ku tunggu berjam jam.nggak merekah2 juga..hihi..akhirnya ku kukus dech. aku selalu pakai singkong yang putih dan kulit bagian dalam warna pink gini Mba..jadi selalu enak dan mempur di olah apa aja..^^

      Delete
  2. bener tu, tergantung jenis singkong'y...

    Kalo singkongnya baru dan jenis ketan, pasti yummy d bikin apa ajah... Soalnya dulu ibuku pernah jualan... Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis ketan itu yang gimana Mba Lina..kalau aku bikin apa aja yang dari singkong..mesti milih yang kulit bagian dalamnya berwarna pink..jadi singkongnay putih berish dan mempur ..sama kah kayak gitu yang singkong ketan ini..atau beda?

      Delete
    2. betul
      Betul
      Betul....

      Hehe... Memang yg seperti itu mba... D apain aja enak...

      Delete
    3. Sippp..berarti aku sudah di jalan yang benarrr..hihi..Halah...kayak apa aja ya Mba..hihi

      Delete
  3. coba pean tonggoku mbk,bendino aku catering nang pean hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ndak usah katering Mak..boleh icip2 wis...klu kita tetanggaan..^^

      Delete
  4. sama, mbak.. kalau di goreng trus di rendam bumbu gak bisa merekah empuk. tp klo dikukus trus di rendam bumbu baru deh bisa merekah empuk.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti yang di jual di Bandung itu beda singkong kali ya Mba Puji..aku liat fotonya bisa merekah gitu..dan kata yang jual..ya cuma di rendam air bumbu..bisa merekah sendiri. Aku kmrn sampai tak tunggu berjam jam..eh..nggak mlethek mlethek..hihi..

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. numpang nanya ya gan.
    masaknya itu rebus pake air berbumbu terus dimasukin air es, apa dikukus terus dimasukin air es berbumbu?
    terus bumbu lengkapnya apa ya gan
    mohon penjelasan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kukus dulu..baru di rendam air es yang berbumbu..itu di resep udah di sebutin ya bumbu2nya..komplet..:)

      Delete
  8. gan, cara bedain singkong ketan sama singkong roti itu gimana sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku..pilih singkong yang bagus dan mempur..nggak langu dan enak di buat apa aja..cirinya : Bagian dalam kulitnya berwarna pink..gt aja sich ..:)

      Delete
  9. ohh jadi singkongnya direndem air es,, pantes gagal mulu hehehe,, makasih mba resepnyaa,, itu pake jenis singkong apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..biar bisa mekar..:)..Singkong yang kulit bagian dalamnya berwarna pink Mba..yang enak dan mempur klu di goreng..:)

      Delete
  10. mba diah, salam kenal yaa...selama ini aq kurang suka sama yg namanya olahan dr singkong mba, tapi krn penasaran resep dari mba diah, akhirnya aq praktekin deh...pulang kantor mampir ke pasar telo, langsung liat singkong yg mba maksut, trus praktekin d rumah...then, berhasil..berhasil horay...singkongnya bener2 jadi empuk & kriuk mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIpp Mba Tika..enak kan Mba..singkong..di goreng..makanan sederhana tapi enak..:)

      Delete
  11. halo mba thankyou ya buat resepnya. tapi aku masih bingung soal bedain singkong yg dalemnya pink. kira2 ada yang tau belinya di pasar jakarta di mana ya? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singkongnya biasanya besar Mba..terus kulit bagian dalamnya berwarna pink..singkongnya dalamnya berwarna putih bersih dan keset..:)

      Delete
  12. oh.. jadi gitu ya, harus di kukus ga di goreng. boleh nih.. di coba di rumah.makasih yaaa

    ReplyDelete
  13. thanks mba infonya, sy bbrpa kli nyoba digoreng stngah matang tpi ga merekah.
    maklumlah, aslinya org kampung jdi pengin makanan ginian....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..met coba ya..aku jg suka kok singkong :)

      Delete
    2. Tapi sy lihat di tukang gorengan tdk dikukus, tapi digoreng hingga mateng lalu direndam di air bumbu (bukan air es) singkongnya jadi merekah tuh....kemudian digoreng lagi jadi lbh mateng. Cuma abang gorengan nya tdk mau bilangin bumbunya apa aja. Tapi kelihatan warnanya putih....perkiraan sy pake kapur

      Delete
    3. Tapi sy lihat di tukang gorengan tdk dikukus, tapi digoreng hingga mateng lalu direndam di air bumbu (bukan air es) singkongnya jadi merekah tuh....kemudian digoreng lagi jadi lbh mateng. Cuma abang gorengan nya tdk mau bilangin bumbunya apa aja. Tapi kelihatan warnanya putih....perkiraan sy pake kapur

      Delete
    4. Tapi sy lihat di tukang gorengan tdk dikukus, tapi digoreng hingga mateng lalu direndam di air bumbu (bukan air es) singkongnya jadi merekah tuh....kemudian digoreng lagi jadi lbh mateng. Cuma abang gorengan nya tdk mau bilangin bumbunya apa aja. Tapi kelihatan warnanya putih....perkiraan sy pake kapur

      Delete
  14. Saya pernah beli singkong ginian di asongan si stasiun kota Jkt. Semula saya ragu saat digorengkan singkong yang mentahnya tampak kacel/keras. Singkong mentah sebelumnya sudah direndam di bak plastik berisi air bumbu. Setelah digoreng, benar-benar merekah. Singkong keju merekah tanpa kukus, meski kacel/keras tapi jadi mlethek tenanan. Saya tanya resepnya, tidak dikasih tahu hehehe mungkinkah dikasih ragi tape sedikit ?

    ReplyDelete
  15. lha itu dia..sayangnya yang jual ndak mau kasih tau ya Mas..hehehe..Sy udah coba beberapa kali kalau nggak di kukus tetep nggak merekah..:)

    ReplyDelete
  16. Mba diahhh... met siang. *sok akrab hehhheeee. Barusan..... ak iseng browsing cara goreng singkong yg mekar. Krn mmng ada stok singkong kmrn beli, ngikutin stepnya mba diah g ush nunggu 1 jam lgsg eksekusi goreng... nyammm...nyammm.... berasa beli *ak tmbahanin bubuk bumbu keju. Thx ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..ikut seneng dech jk suka hasilnya ya..:) ndak usah beli2 lagi kan skrg kalau mau singkong merekah..:)

      Delete
  17. Kira² berapa lama waktu mengukusnya mbak?

    ReplyDelete
  18. Aslkm mba didi,slm kenal ya..Seneng bngt liat blognya mba didi,inspiratif bngt membuat Q semangat untuk bljar ngeblog..mksh ya mbak didi

    ReplyDelete
  19. Hai Mbak, pas lagi nyari resep singkong keju, nemu di sini :) TFS... Mau bertanya, Mbak, untuk dikukusnya kira-kira berapa lama, ya, hingga mencapai kondisi setengah matang itu? Terima kasih! :D

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum
    baru liat dan baca resep ini... klo saya buat singkong ug merekah gini pake cara yg digoreng 2 kali mba.. dlu pernah diajarin temen caranya,, Alhamdulillah sukses merekahnya...
    Jadi pertama singkongnya digoreng sampai agak mateng (lbh dari setengah matang tapi ga sampai coklat bgt) trus diangkat dan langsung direndam diair dingin berbumbu (jadi panas2 langsung ketemu dingin) ga butuh waktu berjam2 mba paling cma 5 menitan singkongnya dah merekah trus langsung digoreng lagi sampe bagian luarnya garing.. biasanya saya sembari nunggu singkongnya direndam goreng singkong yg lain dlu, trus setelah yg dipenggorengan diangkat singkong yg td direndam lg yg giliran masuk kepenggoreng untuk proses goreng yg ke 2, jadi ga gt lama nunggux..

    semoga ga ribet baca tulisannya ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..makasih tipsnya..moga2 berguna buat teman2 lain ya..yang mau coba..:)

      Delete
  21. mbak diah cantik
    makasih buat resepnya kmrn udh aku coba dan berhasil..
    alhamdulillah ngidamku jd keturutan soalnya di banjarmasin g ad yg jual, dulu sering jajan ini zmn kuliah di mlg dlu..hee terimakasih buat inspirasinya sukses selalu ya mbak diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..alhamdulillah jk berhasil ya..:)

      Delete
  22. wah jadi pengen bgt coba resep mbk diah,,dr kmren suami ngidam ma singkong keju tp blm ketemu2 ma yg jual,hehehe

    ReplyDelete
  23. Waaaaa...jadi pengeen..klo aku mungkin bilangnya singkong pecahh, abis nya singkongnya mekar sampe pecah2 gitu trus renyah...hehe
    Salam kenal ya mbak diah :)
    Tentang singkong >>http://www.mori.co.id/

    ReplyDelete
  24. Langsung ke pasar, beli singkong yangnkulitnya pink, skarang sudah drumah lagi d kukus singkongnya, nanti celup d air es berbumbu, tunggu jam 5 gorengnya, buat buka puasa...... maakasih resepnya

    ReplyDelete
  25. wah ..ini artikel yang ku cari ...!!

    ReplyDelete
  26. Baru ngeliat fotonya aja udah bikin ngiler... hehe

    ReplyDelete
  27. izin repost di blog saya ya ka,, ad tugas sklh nih
    makasih

    ReplyDelete
  28. Thank u resepnya Kak,
    Suda saya cobaaaa
    EnaaaaaaK.....

    ReplyDelete
  29. Lagi nyoba bikin niy, mbak.. Moga hasilnya bisa mlethek & empyuuukkkkkk.. ;)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah nyolong resep dr mbak diah brhasil semua...mkasih mbak diah

    ReplyDelete
  31. Mau coba..bismillah moga aj bisa mletek2 za..

    ReplyDelete
  32. kalo menurutku semua jenis singkong bisa merekah...caranya kukus dengan volume air sedikit melebihi sarangan.sehingga gelembung asap bisa membuat singkong merekah. saya udah coba ..gak perlu air es.(malah hancur).

    ReplyDelete
  33. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  34. postingan yang sangat bermanfaat, sukses selalu

    ReplyDelete
  35. mbk...salam kenal ya
    mbk itu singkongnya hbs dikukus lngsung dicelupin air dingin berbumbu ya mbk ?
    trus klo misalnya singkongnya direndam dlm air es agak lamaan (ditaruh di dlm kulkas) sampai berjam2 baru digoreng kira2 ttp bisa merekah dan empuk gk mbk ?

    ReplyDelete
  36. Sore abis beli singkong karena dari kemarin emang pingin banget makan singkong rebus. Terus ini kebangun tadi jam 22:58, ampek sekarang belum hisa tidur lagi. Ngupas singkong deh, googling resep nemu di sini. Nyoba ah...

    ReplyDelete
  37. Mba..kalo direbus dulu gak merekah ya?

    ReplyDelete