Friday, September 6, 2013

*Kerupuk Sermier*... Buatan Sendiri..Enakk..^^


Ada yang suka kerupuk sermier teman2?..Kalau di Jawa ya udah biasa banget ya..kerupuk ini banyak di jual..nggak tau kalau teman2 yang di luar Jawa..adakah juga?..Apa itu kerupuk sermier..?..Kerupuk yang terbuat dari singkong yang di parut,  di beri bumbu2, di cetak pakai tutup panci atau piring blek, kemudian di uapin air mendidih. lalu di jemur dan di goreng. Unik kan cara buatnya..yapp..di uapin air sebentar itu fungsinya biar adonan menyatu dan kerupuknya jadi bentuk lempengan2 gitu. Rasanya..enak sekali..gurih dan renyah..empuk.

Sekarang ini kan matahari lagi panas2 nya ya..kalau siang...nah..waktu yang tepat dech buat bikin makanan yang perlu di jemur..kayak aneka kerupuk ini..nanti aku mau coba bikin kerupuk udang sendiri juga aahh..hihi. Jangan heran ya teman2..memang lagi iseng kok..mungkin banyak yang berpikir beli aja murah..tapi kalau aku kok suka tantangannya aja gitu..sesuatu yang bisa di bikin sendiri..dan rasanya di sesuaikan selera kita sendiri..pasti lebih enak..! Dan bener dech..kemaren aku bikin kerupuk sermier ini..karena bumbu2nya pas..jadi enak dan gurih banget..suamiku yang biasanya jarang mau kerupuk2 gini aja..jadi mau...hihi. aku nich emang nuruni ibuku..hihi..walau ibu rumah tangga tapi nggak mau diem aja..santai2 di rumah atau main ke sana kemari..sukanya ya..sibuk aja di rumah. Ibuku dulu..pinter bikin kerupuk macam2..sampai nasi aja..kalau nggak habis..di bikin kerupuk dech..hihi. Jadi..kalau musim panas gini..banyak2 bikin kerupuk..nah nanti pas musim hujan..udah punya banayk stock kerupuk dech di rumah..enak kan..yang jelas..lebih bersih..dan enak rasanya..karena kita sendiri yang buat..tahu prosesnya..bumbu2 juga bisa sesuai selera kita sendiri.

Membuat kerupuk sermier ini mudah saja kok. Pilih singkong yang bagus..kayak biasa..singkong yang kulit bagian dalamnya pink dan mempur, agak rasanya nggak pahit. Mau coba juga teman2..ayukk silahkan..jika lagi punya banyak waktu luang...daripada bete di rumah..mending bikin kerupuk..hihi..
Resep Kerupuk Sermier Pedas

Bahan :
500 gram singkong, parut
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
2 batang daun bawang, ambil daunnya, iris halus
8 buah cabe merah, potong2 serong, ulek kasar
Garam dan kaldu bubuk secukupnya jika suka.

Cara Membuat :
Haluskan bawang putih dan ketumbar, campur dengan semua bahan lain. cicipin rasanya dulu..udah pas atau belum bumbunya.Kalau nggak mau mentah ya..pas di uapin dulu baru cicipin.
Didihkan air di panci kecil yang ada tutupnya. Taruh sedikit adonan di tutup panci, ratakan hingga berbentuk bulat lalu tutupkan kembali ke panci yang sudah mendidih. Diamkan sebentar, lalu angkat dan lepaskan dengan spatula atau pisau. Lakukan hingga adonan habis, dan tata di nampan. jemur hingga kering, sehari atau 2 hari tergantung panas ya..Setelah kering.lalu goreng sebentar di minyak panas hingga matang. Simpan di toples ketika sudah dingin ya. Jika mau cepat..gunakan dua tutup panci..jadi satu di uapin..satu lagi udah siap di tutup panci lain..atau piring dari blek juga bisa. Selamat mencoba.
  • Adonan mentah
  •  Ratakan di piring atau tutup panci sampai berbentuk bulat tipis2 begini.
  •  Kerupuk yang sudah di uapin..akan menyatu jadi bentuk lempengan tipis begini.
  • Kerupuk yang sudah di jemur..sehari / dua hari kayak gini..langsung bisa di goreng, atau di simpan di wadah tertutup untuk persediaan. Goreng sewaktu2 di butuhkan.
  • Kerupuk sermiernya sudah matang..enyakk..gurih dan renyah ..empuk..^^

32 comments :

  1. Replies
    1. Iya Mba Devy..bikin sendiri ..lebih enak lho..bumbu2nya bisa di sesuaikan selera,..:)

      Delete
    2. Saya waktu SD pernah disuruh Mama buat kicimpring ini. Dan sekali-sekalinya bikin ya waktu SD itu hi hi...

      Sekarang, beli aja Mbak Di. Dua ribu dapat banyaaaaak. He he...

      Delete
    3. Iya Mak Devy,,murah..sich...cuma kok rasanya kurang pas aja gitu..kalau beli..jadi aku malah kurang suka je..hihi..tadi aja..habis liat pameran olahan keripik dari singkong macam2..duch..sayangnya..rasanya kurang menggigit gitu..hihi..

      Delete
  2. sukaaaa bangettttttttttttt..tapi namaya samiler kl di jombang mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke2..di catet Mak Hanna..hihi..biar nambah kosakata nama2 makanan nich..:)

      Delete
  3. Kalo di Palembang disebut Opak itu mbak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..tambah lagi dari Mba Rini..Opak..oke2 mksh mba..wah..ternyata emang sering nama makanan beda2 ya tiap daerah..walu sama wujudnya,.hihi

      Delete
  4. tambah lagi dari cirebon, namanya:

    ''opak capu'' atau juga ada yg bilang:
    ''kecimpring''

    Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Lina..mksh infonya..Opak Cupu ya.eh Capu..hihi..dan kecimpring..Di catetttt..^^

      Delete
  5. aku nyebut sarmier dengan romeo nih. Jaman kecil duku ibuku punya langganan pembuat romeo enak. Sayangnya setelah meninggal nggak punya penerus. Jadi aku cuma ngeces doang mengingat-ingat rasanya. Kalo beli jadi suka nggak pas rasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Rina..memang kok..yang menentukan rasa kerupuk singkong ini enak dan tidak ya..bumbunya..kmrn aja suamiku doyan..pas aku bikin sdr ya..karena pas bumbunya..kalau beli..nggakmau makan malah suamiku..hihi..ayokk..bikin sdr Mba..biar enak..^^

      Delete
  6. di tempatku namanya jg kerupuk sermier..aku & suamiku sukaaaa bgttt...sering beli di warung deket rmh..kl udh tau resepnya gini pengen nyoba bikin sendiri juga ah..tengkyu udah share ya mak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Enny..sama2 ya..wah..akhirnya ada yang kompakan namanya..hihi..sermier..iya Mak..silahkan di coba..lebih enak lho bikin sendiri..^^

      Delete
  7. mbak Diah,senengnya saya nemu resep kerupuk jadul ini. Kalau di malang dibilangnya samiler. Mbak saya pengen nyobain nih,tapi saya sedikit bingung dgn cara buatnya. Pada saat proses penguapan,posisi adonan menghadap ke air mendidih atau diatas ya,mbak ? kalau menghadap ke bawah (ke air panasnya) apa nggak tumpah tuh,mbak...hehehe...maklum ya,masih belajar nih,mbak. Makasih sebelumnya dan makasih jg buat resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak tumpah kok Mba..menghadap ke bawah..ke air mendidihnya..biar bisa cepat matang..kalau menghadap ke atas ..lama matangnya. Singkong kan mengadung pati / tapioka mba..jadi kayak perekat gt ketika terkena uap panas langsung akan menyatu..:)..slmt mencoba ya Mba..:)

      Delete
  8. Makasih,mbak u/infonya....pengen cepet bikin deh.

    ReplyDelete
  9. Hihihi suka banget2 sama kerupuk ini. Dari kecil suka ngabisin setoples!! Dan baru tau dari blog mbak Diah kalo namanya sermier. Wahhh mau coba bikin ahhh! Sekalian nostalgia :) makasih mbak udah sharing resep2 jadul yg bikin saya inget masa kecil :p mulai dari kue kacang sama kerupuk sermier. Luv u phull deh mbak hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sachi..sama2..ayuuk buat..mudah kok..:)...makanan jadul emag enak 2 ya Mba..:)

      Delete
  10. Jadi inget masa kecil nih Mba Diah, aku tinggal di papua (sekitar kls 1-2SD) jaman dulu jarang sekali ada jajanan maklum perantau masih sedikit sekitar tahun 80 awal.. kami punya halaman dan kebun yg luas sekali ditanami papa dengan singkong selain untuk sayur juga umbinya bisa dibikin panganan macam2. Mama diajari tetangga untuk bikin kerupuk ini, kami menyebutnya ya..kerupuk singkong... kalo bikin banyakkk banget. dijemur dihalaman pake segala macam.. pake tampi beras, piring2, tutup panci..baskom, kuali, bahkan diatas lembar plastik besar yg diganjal batu biar ngga terbang... seru kan..aku bagian ngambilin yg kering dan disimpan kedalam kantong kresek. Kalo sudah jadi suka dibagi2 ke tetangga (karena pada minta & doyan).. bisa jatah stok buat setahun tuh saking banyaknya... asiknya sekeluarga ikutan kerja.. ngga lama kok..soalnya cuaca di papua sangat terik sekali.. jd cepat keringnya, saya jadi pingin makan lagi nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru sekali ya Mba..bikin kerupuk singkongnya sampai bisa buat stock setahun?..Hebat sekali..dan bisa berbagi dengan para tetangga ya Mba..memang awet juga ya kerupuk ini di banding olahan singkong lain. Ayukk bikin lagi Mba..bernostalgia..:)

      Delete
  11. sama g mba... bahannya dg kerupuk yg dikasi gula merah kental

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mba..:)..Yang itu intip ya..?

      Delete
  12. Wuaaaah...enyak nich. Kalo bikin ndiri bs dikasi cabe n daun bawang sebanyak2nya nyam nyam... Tapiii hrs cari wkt yg bener2 luang :/ Thanx ya mbak ilmunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..harus telaten klu bikin ini..:)

      Delete
  13. Mbak, sori nambah lg, mau tanya, kalo dikukus aja gmn yak? Coz sy mau buat yg kecil2 ajah... tx sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..malah belum pernah coba kalau di kukus daku Mba..Di coba dikit dl aja kalau peansaran..let me know hasilnya ya..:)

      Delete
    2. Okeh...tapiii ga tau kapan mau bikin hehee.... Nunggu malesnya ilang ;) Sy pasti coba yg kecil, spy gorengnya ga makan minyak :D

      Delete
  14. Garam dan kaldu bubuknya musti brp menurut pengalaman mbak.. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kira2 aja mba..misal 1/2 sendok teh masing2..cicipin dulu..kalau kurang tambah....:)

      Delete
  15. Kalo di Bojonegoro namanya grepyek
    kangen btg

    ReplyDelete